Sponsors Link

10 Cara Ternak Burung Tekukur Bagi Pemula

Sponsors Link

Burung tekukur merupakan salah satu spesies burung kicau yang tak kalah jarang peminatnya. Banyak para hobi burung juga mempunyai alias memelihara burung jenis ini. Sebenarnya jika melihat dari perkembangannya, burung ini jauh lebih dulu banyak di sukai pecinta. Namun entah mengapa sekarang ini justru berbanding terbalik. Banyak pecinta burung yang merasa sulit untuk membuat tekukur sebagai ternak andalannya.

ads

Pada dasarnya burung tekukur memang baru mulai menampakkan kicauannya pada usia antara 6 bulan. Jadi memang bukan suatu masalah baru apabila pecinta burung merasa kesulitan untuk membuat tekukur gacor. Mungkin saja anda masih baru mulai beternak dalam beberapa bulan saja namun sudah ingin mendapati hasil yang baik dan menguntungkan.

Kendati demikian masih banyak orang yang banyak beternak tekukur. Karena beternak burung saat ini memang sangat menjanjikan, berpeluang besar menghasilkan keuntungan cukup besar. Panduan mengenai Cara Ternak Burung Tekukur saya sajikan untuk anda sang pemula yang ingin membidik bisnis tersebut. Berikut caranya:

Cara Ternak Burung Tekukur

  1. Menentukan Pangsa Pasar

Tentukan terlebih dahulu dimana anda akan menjual hasil ternakan nantinya. Jika anda telah menemukan satu lokasi yang sekiranya strategis dan cocok, maka adalah langkah yang tepat untuk memulai. Semakin baik lagi jika anda telah mempunyai kios sendiri untuk mendirikan budidaya ternak burung tekukur. (Baca Juga: Cara Penangkaran Jalak Kebo)

  1. Pemilihan Induk

Pemilihan induk dilakukan sebagai cara yang umum dan yang harus di lakukan. Tidak sembarangan tekukur bisa anda pilih dan dibudidayakan. Anda harus fasih dalam mengenali jenis bibit yang baik. Diantaranya adalah kondisi fisiknya yang sehat alias tidak cacat seperti bisa berjalan sempurna, berbadan gemuk dan lincah. Pastikan kesehatannya benar-benar terjaga yang bisa di kenali dengan nafsu makan normal. Karena jika burung tekukur tidak nafsu makan bisa jadi pertanda itu akibat kesehatan yang menurun.

  1. Memandikan

Sebagai seorang pecinta burung pastinya anda tahu betul perlakuan apa saja yang harus dilakukan untuk merawat dan menjaga burung anda. Rajin memandikan adalah cara yang harus di lakukan. Memandikan burung tekukur memang tak lepas dari bentuk perawatan terbaik. Selain untuk terlihat tampil segar, memandikan tekukur akan membuatnya makin jinak sehingga mudah beradaptasi.

  1. Menjemur

Setiap burung harus mendapatkan vitamin D dari paparan sinar matahari pagi. Entah setelah anda mandikan atau tidak, lakukan penjemuran setiap pagi pukul 7 sampai dengan 8. Beternak burung jenis apapun tidak lepas dari langkah ini. (Baca Juga: Cara Melestarikan Burung Cendrawasih)

  1. Menjodohkan

Tujuan utama dari beternak selain karena hobi tentu saja ada keuntungan yang ingin di capai. Nah, sama halnya dengan burung tekukur yang anda cintai. Dari harga awalnya yang anda dapat cukup murah bisa dijual kembali lebih mahal jika kualitas memuaskan. Hal itu tentu saja ada perawatan terbaik yang harus di lakukan. Tetapi yang paling penting adalah penjodohan, dimana untuk mempercepat prosesnya ada tahap-tahap yang harus di lakukan sebagai berikut:

  • Pilih burung puter pelung Betina dan Tekukur jantan yang lebih dewasa siap kawin.
  • Memandikan keduanya sampai basah
  • Satukan dalam sangkar dan biarkan mencari caranya sendiri.
    Sponsors Link

  1. Penangkaran

Lakukan penangkaran untuk burung tekukur, kandang yang di butuhkan tidak perlu bagus dan mewah atau spesifik. Hal ini karena burung tekukur merupakan hewan adaptif alias mudah beradaptasi. Pastikan lokasi penangkaran jauh dari gangguan kebisingan. Keadaan yang tenang memberikan nilai lebih untuk burung bisa hidup lebih baik tak mudah stres.

Selain itu, kandang penangkaran tidak perlu luas. Idealnya adalah berukuran antara  panjang 2 m, lebar 1 m, dan tinggi 1,8 m. Kendati demikian, pada kalanya kandang dengan ukuran 60 cm x 60 cm x 60 cm sudah mau berkembang biak. Tidak lupa serta sediakan tempat atau sarang untuk bertelur dengan baik tekukur. (Baca Juga: Cara Budidaya Burung Merpati Kipas)

  1. Pemberian Pakan

Pakan adalah sumber energi bagi burung. Memberikan pakan secara teratur akan menghasilkan kualitas burung menjadi lebih baik. Minimal berikan satu hari tiga kali untuk voer. Tetapi tekukur jangan melulu di berikan asupan voer karena bisa membuatnya bosan. Imbangi dengan asupan lain seperti jagung pecah, kacang hijau dan beras merah.

  1. Suplai Minum

Pastikan tandon air minum pada tempatnya tidak selalu habis. Kapan saja tekukur akan minum dengan sendirinya. Jadi pastikan bahwa anda selalu menyuplai dengan air bersih terhadap burung tekukur. Rajin mengganti setiap satu hari sekali, karena air yang keruh mempengaruhi kesehatannya.

Sponsors Link

Tidak hanya dibutuhkan makanan pokok saja, namun beri gizi yang memadai untuk menunjang perkembangan serta kemampuannya dalam bersuara. Vitamin atau suplemen bisa anda dapatkan dari kios pakan ternak. (Baca Juga: Cara Membuat Burung Cipoh agar Cepat Gacor)

  1. Rajin Membersihkan Kandang

Selalu bersihkan sangkar tekukur agar tidak ada kuman yang menempel. Semakin bersih akan semakin baik bagi kesehatannya.

Inilah 10 Cara Ternak Burung Tekukur yang harus anda perhatikan. Berikan perawatan baik untuk membuat tekukur bisa gacor. Semoga artikel ini dapat membantu dan selamat berusaha.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 04th, June 2018 / 04:08 Oleh :
Kategori : Burung