Sponsors Link

Faktor Penilaian Ikan Koi Saat Lomba Yang Perlu Diperhatikan

Sponsors Link

Banyak yang sudah mengetahui bahwa ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias yang sudah sejak lama menjadi salah satu hewan peliharaan yang sangat menarik coraknya. Bukan hanya sebagai hewan peliharaan saja, ikan koi sudah sering dilombakan untuk menentukan mana ikan yang lebih bai dari jenis ikan lainnya. Sebagai pemilik ikan koi yang akan dilombakan, memahami faktor penilai ikan terbaik perlu untuk diketahui. Berikut beberapa faktor penilaian ikan koi saat lomba yang dijelaskan dalam uraian di bawah ini.

ads
  1. Bentuk tubuh

Hal pertama yang dapat menjadi faktor penilaian ikan koi saat lomba adalah  bentuk tubuh dari ikan koi. Bentuk badan dari ikan koi haruslah kekar dan terlihat seperti torpedo atau pesawat zepelin. Beberapa bagian tubuh lain juga harus mendukung seperti pangkal ekor tebal, kepala lebar, dengan keseluruhan bentuk tubuh oval proprosional. Secara normal, bentuk tubuh betina memang akan lebih baik dibandingkan dengan jantan. (Baca juga : cara agar ikan koi mau makan)

  1. Jenis kelamin

Kondisi lainnya yang juga dapat menjadi salah satu faktor primadona ikan koi dapat menang dalam kontes adalah jenis kelamin dengan bentuk yang tidak sama. Jika koi betina memang memiliki bentukan yang baik dan seringkali memenangi kontes, maka ikan koi berjenis kelamin jantan yang memiliki bentukan sempurna seperti bentuk tubuh ikan koi betina merupakan primadona dalam setiap kontes namun untuk mendapatkan jenis ikan seperti itu tentunya cukup sulit. (Baca juga : cara memilih ikan koi yang bagus)

  1. Ukuran ikan koi

Kondisi lainnya yang juga akan dinilai dan menjadi salah satu faktor ikan koi memiliki penilaian yang baik adalah ukuran dari ikan tersebut. Ukuran ikan koi yang dinilai berdasarkan pada jenisnya contohnya sumo harus memiliki bentuk dan ukuran tubuh besar. (Baca juga : cara mengatasi ikan koi yang strees)

  1. Warna

Ikan koi merupakan jenis ikan hias yang memang memiliki nilai keindahan pada warnanya. Oleh karena itu tentu warna menjadi salah satu faktor penilaian ikan koi saat lomba atau kontes. Warna pada ikan koi yang terbaik dalam setiap kontesnya akan berbeda tergantung dari jenis ikan koi tersebut. Beberapa aturan warna pada ikan koi kontes diantaranya seperti :

  • Warna ikan koi harus tua dan murni serta jernih tidak bercampur dengan warna lainnnya.
  • Warna putih harus mengarah pada warna salju dan warna merah seperti warna darah.
  • Warna hitam harus terlihat tegas dan dalam tanpa campuran warna lain.
  • Warna harus mengkilap atau berkilau.
  1. Corak

Selain warna, corak pada tubuh ikan koi juga merupakan faktor yang akan menentukan mana jenis ikan koi paling terbaik dalam kontes. Ikan koi yang baik memiliki corak warna yang unik, pattern atau pola warnanya harus cerah dan jelas, pada setiap garis tepi dari corak tersebut harus terlihat tegas, tidak ada cacat pada ikan koi atau warna warna yang dapat merusak corak ikan tersebut. (Baca juga : cara memelihara ikan koi)

Itulah beberapa penjelasan mengenai faktor penilai ikan koi saat lomba yang akan menentukan mana ikan koi yang terbaik dalam setiap kontesnya. Faktor tersebut harus diketahui dan diperhatikan oleh setiap pemilik ikan koi yang akan dilombakan. (Baca juga : cara memelihara ikan koi di dalam rumah)

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Thursday 18th, April 2019 / 07:43 Oleh :
Kategori : Ikan