Sponsors Link

9 Manfaat Daun Talas untuk Obat Luka Hewan Ternak

Ada beberapa hal yang menjadi resiko dari beternak. Salah satunya yakni seringnya hewan ternak anda yang mengalami penurunan gizi, sakit, mati mendadak atau terluka. Hal itu sudah lumrah terjadi dimana-mana dalam sebuah ternak. Memang untuk sebuah usaha ada resiko masing-masing, salah satunya seperti yang akan disampaikan berikut, yakni tentang manfaat Daun Talas untuk obat luka Hewan Ternak.

Ya, sepertinya memang tak banyak yang tahu akan manfaat daun talas ini. Jadi anda perlu menyimak beberapa poin penting yang termasuk manfaat dari daun talas tersebut sebagai pengobat luka sang hewan ternak. Dengan daun talas, artinya anda sudah melakukan perawatan secara alami dan aman. Untuk lebih jelasnya, berikut yang bisa anda simak.

Manfaat Daun Talas untuk Obat Luka Hewan Ternak

1. Membalut Luka

Manfaat daun talas yang pertama ini adalah untuk membalut luka. Jika hewan ternak anda mengalami luka, maka bisa memanfaatkan daun talas sebagai perbannya. Di dalam daun talas ini mengandung cairan antibiotic yang alami. Sehingga dengan membalutnya dengan daun ini maka luka pada hewan anda tidak akan parah karena semua bakteri dan virusnya sudah di berantas.

Adapun cara menggunakannya adalah dengan mencuci bersih daun talas tersebut sebelum di gunakan pada luka hewan. Namun sebelum itu sebaiknya perlu anda bersihkan luka si hewan dengan mengompres dengan menggunakan air hangat atau dingin tergantung kondisi lukanya secara perlahan. (Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Peternakan)

2. Penangkal Radikal Bebas

Fungsi lain dari daun talas untuk luka hewan adalah sebagai penangkal radikal bebas yang merusak sel. Perlu anda ketahui bahwa luka pada hewan bisa saja menimbulkan kerusakan pada suatu sel, apabila luka tersebut cukup parah. Nah, disinilah peran penting daun talas tersebut yakni untuk menangkal serangan radikal bebas. Untuk caranya sama seperti pada poin pertama, mengingat semua yang di bahas disini adalah daunt alas untuk luka.

3. Sebagai Pembersih Luka

Luka mengandung banyak bakteri yang masuk, jika tidak segera di atasi maka bakteri tersebut akan lebih mudah menularkan pada bagian yang lain atau dengan kata lain luka akan semakin parah. Cara penggunaannya adalah dengan membuatkan ramuan luar untuk luka, yakni merebus daun talas dengan jumlah lima helai dengan air setengah gelas kecil saja. Setelah itu biarkan dingin dan lumurkan pada luka hewan. (Baca Juga: Cara Mengobati Luka Pada Paruh Burung Cendet)

4. Sebagai Antiseptik

Sedangkan manfaat lain dari daun talas adalah sebagai antiseptiknya. Didalam kandungan daun talas ini terdapat zat yang disebut dengan saponin. Zat tersebutlah yang menjadikan daun ini bisa menjadi antiseptik pada luka sang hewan ternak. Selain itu, fungsinya juga untuk menyingkirkan kolestrol dan sebagai obat gatal.

Cara pemakaiannya adalah dengan menumbuk lima helai daun talas dan memupukkan pada luka hewan secara perlahan. Nantinya cairan yang keluar dari daun talas tersebutlah yang berfungsi meresapkan kandungan.

5. Sebagai Kompres Alami

Daun talas berguna sebagai kompres alami luka hewan. Anda bisa menggunakannya dengan cara merebus daun talas dan biarkan utuh, rebus jangan sampai mendidih. Kemudian biarkan dingin dan letakkan daun talas yang sudah di rebus pada lukanya. (Baca Juga: Antibiotik Untuk Kucing Luka)

6. Mematikan Bakteri

Seketika, kandungan atau zat di dalam daun talas bisa membunuh bakteri secara langsung. Sehingga penyakit atau luka pada hewan akan berangsur sembuh hanya dengan memanfaatkan daun talas ini. Untuk pembuatannya, daun talas di tumbuk dan di tambah dengan minyak zaitun. Oleskan pada luka sang hewan setidaknya dua kali dalam sehari. Maka perlahan luka akan sembuh.

7. Pengering Luka

Daun talas menjadi salah satu obat yang paling alami dan aman untuk mengeringkan luka. Jadi semakin cepat luka kering maka sudah pasti kesembuhan berhasil. Sehingga anda perlu memanfaatkan daun talas ini untuk luka hewan ternak anda.

Caranya tidak jauh-jauh dari beberapa poin yang telah disebutkan, yakni menggelintirkan setiap helai daun sehingga nantinya akan basah namun tetap utuh jadi bisa anda tempelkan pada lukanya. Setidaknya untuk poin yang ini anda harus telaten mengganti setiap dua jam sekali. (Baca Juga: Cara Mengobati Luka Memar Pada Ayam Bangkok)

8. Anti Inflamasi

Tak kalah penting lain, daun talas berkhasiat sebagai anti inflamasi. Sifatnya mampu menekan rasa nyeri yang terjadi pada luka hewan. Adapun senyawa yang terkandung adalah tanin yang menunjang penyembuhan suatu luka melalui peran fungsinya sebagai adstringen.

9. Anti Pendarahan

Manfaat Daun Talas selanjutnya yang bisa digunakan sebagai obat Luka Hewan Ternak adalah sebagai anti pendarahan. Adapun hal itu karena adanya senyawa tanin sebagaimana yang sudah di sebutkan. Tanin yang menunjang pula kesembuhan mempunyai fungsi adstringen yang akan menyebabkan pori-pori menciut sehingga hal itu akan meminimalisir pendarahan. (Baca Juga: Cara Mengobati Luka Pada Sapi)

Itulah beberapa manfaat Daun Talas untuk obat luka Hewan Ternak yang bisa anda ketahui. Melakukan perawatan yang tepat dan aman adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Semoga artikel ini bermanfaat, selamat mencoba.

, , , , , , ,
Post Date: Monday 29th, April 2019 / 22:25 Oleh :
Kategori : Hewan Ternak