Sponsors Link

7 Cara Mengobati Luka Pada Paruh Burung Cendet

Sponsors Link

Salam pecinta burung sejati, mempunyai peliharaan di rumah memang menjadi kesenangan tersendiri. Salah satu yang umum di pelihara adalah burung dengan berbagai jenis, seperti kenari, beo, jalak, nuri, lovebird sampai dengan cendet. Nah, untuk burung yang mempunyai harga terjangkau namun bisa di latih hingga suara gacoran merdu adalah cendet. Pastinya anda pernah dan sering mendengar atau melihat burung cendet ini. Untuk aktivitas dan hobi, burung cendet cukup cantik di pelihara.

ads

Tetapi dalam masa peliharaannya, anda tentu akan mendapati hambatan mulai dari burung sakit, mati, stres, gestang, atau masalah yang lainnya. Tidak perlu susah dan ragu untuk memelihara karena semuanya pasti akan mendapati permasalahan dalam beternak, tak terkecuali burung. Salah satu misalnya, burung cendet bisa saja mengalami masalah pada paruhnya. Kalau sudah seperti ini, menjadi tugas anda untuk mencari Cara Mengobati Luka Pada Paruh Burung Cendet.

Namun sebelumnya, perlu di simak ulang tentang jenis burung yang satu ini mengapa begitu banyak di sukai oleh orang. Cendet di kenal juga dengan burung bentet kelabu atau dalam bahasa Latin adalah Lanius schach, merupakan spesies burung dari keluarga Laniidae, dari genus Lanius. Burung ini merupakan juga jenis burung yang pemakan belalang, kumbang, tonggeret, serangga desa serta mempunyai habitat di daerah terbuka, padang rumput, perkebunan, dan tegalan. (Baca Juga: Cara Mengatasi Burung Cendet Miyik)

Adapun ciri-ciri burung cendet adalah sebagai berikut:

  • Tubuh Lebih Besar

Burung cendet mempunyai tubuh berukuran agak besar yakni 25 cm. Sedangkan untuk warnanya adalah hitam, coklat, dan putih.

  • Ekor Panjang

Mempunyai ekor yang cukup panjang. Selain itu untuk dewasa: Dahi, topeng, ekor berwarna hitam. Sementara sayapnya berwarna hitam berbintik putih.

  • Mahkota dan Tengkuk Abu-Abu

Untuk mahkota, dan juga tengkuk berwarna ke abu-abuan. Sementara itu punggung, tunggir, sisi tubuh akan berwarna coklat kemerahan. Lalu untuk dagu, tenggorokan, dada, perut tengah adalah putih.

Masih dengan seputar burung cendet dan tentang bagaimana cara melakukan pengobatan terhadap luka di Paruh Burung Cendet. Burung cendet adalah jenis burung kicau yang umumnya mempunyai suara cukup lantang dan juga cukup bervariasi. Namun burung cendet juga sering menunjukkan perilaku yang dapat menjadikan pemiliknya menjadi gelisah dan khawatir. (Baca Juga: Cara Mengobati Flu Pada Burung Dara)

Terlebih lagi jika burung cendet tersebut masih cukup muda maupun bakalan. Ciri burung ini adalah memiliki kepala besar, bulu ekor yang tampak ramping. Selain itu untuk bentuk paruhnya yang berkait menjadikan penampilan sang cendet semakin garang dari pada beberapa jenis burung kicauan yang lain.

Nah, karena paruh adalah kesan cantik utama sang burung maka anda juga akan menjaga betul. Akan tetapi sesuatu hal terjadi tidak selalu di ketahui pemiliknya. Banyak sekali cendet mengalami masalah pada paruh, misalnya terluka karena berbagai alasan. Jika sudah seperti ini, lantas bagaimana cara mengobati luka yang terjadi pada Paruh Burung Cendet yang anda pelihara? Tidak perlu khawatir, karena tidak selalu luka itu akan langsung menyebabkan kematian pada burung. Simak beberapa tips berikut ini:

7 Cara Mengobati Luka Pada Paruh Burung Cendet

  1. Jangan Sering di Gedhong

Kondisi yang stres tidak akan menyembuhkan paruh burung yang luka. Jadi ketika mengalami kondisi ini, sebaiknya jangan terlalu sering menggedong sangkar burung cendet. Seringnya di gedong akan membuatnya risih dan tidak tenang. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kegemukan Pada Burung Lovebird)

  1. Hiburlah dengan Melatih di Luar Sangkar

Mengalami luka pada paruhnya pasti cukup membosankan bagi sang burung sendiri. Cobalah untuk membantunya sedikit terhibur, yakni dengan melatih di luar sangkar. Udara segar dan bebas di luar sangkar sedikit membantu mencuci fikiran burung yang sedang sakit sehingga lebih fresh.

Sponsors Link

  1. Berikan Pakan Kesukaan

Apa jenis pakan kesukaannya? Pastinya anda lebih tahu, jadi berilah jenis pakan yang di sukai si burung cendet. Saat paruhnya mengalami luka, maka menjadi masalah ketika makan. Jadi jika anda memberikan pakan pokok akan membuatnya makin malas makan. Sebaiknya berikan jenis pakan yang biasa di sukainya. Sehingga dalam keadaan luka rasa ingin makan sang burung tetap terkendali. (Baca Juga: Manfaat Pengembunan Pada Burung Kenari)

  1. Berikan Ramuan Binahong

Obat adalah tips yang tepat untuk mengobati luka yang terjadi pada paruh burung cendet. Nah, salah satu obat alami itu adalah dengan daun binahong. Ramuan ini di buat mudah yakni dengan merebus 10 helai daun binahong sampai lumat, kemudian di biarkan dingin dan di minumkan pada burung.

  1. Memakai Pupuhan Daun Binahong

Selain di jadikan ramuan, binahong juga bisa di jadikan pupuhan luar, caranya dengan menumbuk lima helai daun hingga lembut dan di letakkan pada paruhnya atau bagian tubuh lainnya yang mengalami luka. Memang akan terasa sedikit sakit, namun ini merupakan langkah tradisional paling efektif untuk mengobati luka luar Burung. (Baca Juga: Cara Mengobati Burung Stres)

  1. Berikan Pakan Binahong

Daun binahong sangat boleh untuk di konsumsi bagi burung. Cara ini memang lebih cepat mengobati. Untuk itu, tumbuklah lima helai daun dan taruhlah di tempat pakan dengan campuran madu untuk merangsang cendek mau memakannya.

  1. Mengolesi dengan Madu

Olesi paruh burung cendet dengan madu, cara ini harus dengan bantuan anda dan perlahan sekali agar burung tidak kesakitan. Madu mempunyai banyak khasiat untuk menyembuhkan luka, jadi bisa di coba. (Baca Juga: Cara Memelihara Burung Pentet Agar Gacor)

Demikian yang bisa di sampaikan mengenai beberapa cara mengobati luka pada paruh Burung Cendet. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Sponsors Link
, , , , , , , ,
Post Date: Saturday 08th, December 2018 / 10:47 Oleh :
Kategori : Burung