Sponsors Link

Manfaat Kucing Untuk Lingkungan

Sponsors Link

Kucing merupakan  hewan lucu yang banyak disukai oleh kebanyakan orang. Banyak yang menjadikan kucing sebagai binatang peliharaan mereka. Terlebih lagi kucing ada banyak sekali jenisnya. Mulai dari kucing kampung biasa, hingga kucing ras mahal. Tahukah kamu bahwa kucingpun punya manfaat untuk lingkungan. Beberapa manfaat kucing untuk lingkungan ialah :

ads

1.Memelihara Kucing Lebih Ramah Lingkungan

Bagi Anda yang sangat peduli dengan keamanan dan juga kebersihan lingkungan khususnya yang ada disekitar kita, memelihara kucing ternyata bisa menjadi jawaban yang tepat dan pas sekali. Memelihara kucing dikatakan lebih eco-friendly dibandingkan ketika memelihara anjing.

Adapun di dalam rumah sendiri memelihara kucing dapat membuat rumah bersih dari tikus dalam artian tikus takut kucing, dan lagi pemilik rumah pun akan serasa ada teman ketika punya kucing di rumah. (Baca juga manfaat steril pada kucing betina)

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2009 menemukan jika sumber daya yang dibutuhkan untuk memberi Kucing dan ajing ternyata berbeda jauh dan yang lebih hebatnya lagi, untuk sumber daya yang dibutuhkan kucing ternyata lebih ramah lingkungan.

Dikatakan sumber daya (makanan kucing) lebih sedikit kandungan daging dan meninggalkan jejak karbon yang lebih pendek, dibandingkan dengan makanan anjing yang selama hidupnya menghasilkan jejak karbon berbahaya sama seperti sebuah mobil land cruiser.

2. Menjadi Sumber Pendapatan

Memiliki hobi memelihara kucing juga menjadi salah satu kemungkinan penghasilan anda dapat bertambah. Memelihara kucing dapat anda jadikan sebagai sebuah bisnis karena beberapa ras kucing banyak digemari orang untuk dipelihara dan memiliki harga yang lumayan tinggi. Jika anda memiliki banyak kenalan dengan pemelihara kucing maka anda bisa menjalani bisnis jual beli kucing hias. (Baca juga tips memelihara kucing di kosan)

3. Menumbuhkan Rasa Peduli

Rasa peduli terhadap sesama dapat tumbuh dengan memelihara kucing. Ini karena dengan andanya kucing maka kita akan memiliki rasa peduli untuk merawatnya dengan baik. (Baca juga tips memelihara anak kucing)

4. Membantu Memburu Tikus

Memelihara kucing dapat menjadikan rumah anda aman dari tikus – tikus yang ingin masuk dan merusak rumah anda. Kucing kesayangan anda akan sangat peka dan waspada terhadap gerakan, bau dan juga suara tikus. (Baca juga cara mengobati burung di gigit kucing)

5. Mendeteksi Orang Asing

Saat anda tidur pulas dan tidak terjaga, kucing biasanya akan memberikan sinyal dengan suara mengeong secara berulang – ulang dan keras jika ada orang asing yang masuk di sekitar rumah. Suara kucing yang mengeong sangat keras di malam hari yang sunyi dan sepi bisa mengarah pada kedatangan orang asing di sekitar rumah anda.

Sponsors Link

6. Hewan Pemburu Serangga yang Baik

Selain memburu tikus, kucing juga sangat lincah memburu serangga yang mungkintanpa sengaja masuk ke dalam rumah anda. Kucing mampu menangkap serangga yang berterbangan di dalam rumah.

7. Menjalin Hubungan Baik dengan Banyak Orang

Persaudaraan dapat terjalin antara sesama pemilik kucing dapat terjalin dengan baik karena memiliki hobi yang sama. Misalnya saja bagi pemilik kucing yang gemar membawa kucingnya dalam kontes kucing, maka mereka akan saling bertemu dengan pemilik kucing lain dan bertukar pengalaman tentang pemeliharaan kucing.

ads

Selain bermanfaat untuk lingkungan, memelihara kucingpun punya beberapa manfaat bagi kesehatan, yaitu :

8. Memelihara Kucing Untuk Turunkan Resiko Terserang Penyakit

Apakah kucing bisa dijadikan penangkal penyakit? Jawabannya bisa ia bisa pula tidak tergantung kucingnya saja dan bagaimana majikan memeliharanya, toh kucing yang asal-asalan di pelihara dan tak pernah dimanja atau di bersihkan bisa jadi kucing tersebut akan jadi tempat timbulnya sebuah penyakit. Adalah sebuah penelitian kesehatan yang mengatakan jika resiko Anda untuk terserang penyakit akan berkurang sampai 30% ketika Anda memelihara kucing.

Kucing yang terawat dan juga lingkungannya yang bersih bisa menurunkan resiko Anda terkena penyakit karduivakular sampai 25% saat Anda bermain-main dengan kucing. Ketika Anda bermain dengan kucing peliharaan, baik kucing kampung atau kucing kota Anda selalu measa tenang yang berdampak positif dengan menurunnya tekanan darah. Bahkan karena kucing dikatakan stres atau depresi pun bisa di cegah sejak dini.

9. Menurunkan Kadar Stres dan Tekanan Darah

Dilansir dari Health Fitness, sebuah penelitian yang dilakukan di University of Minnesota’s Stroke Institute Minneapolis melaporkan bahwa memelihara kucing dapat meredam potensi kenaikan tekanan darah sampai 30-40%. Interaksi antara pemilik dengan kucingnya menimbulkan rasa tenang dan bahagia, sehingga kadar stres dapat diredam. Dengan terjaganya tekanan darah dan kadar stres, si pemilik akan jauh dari potensi penyakit jantung dan stroke.

Kolaborasi antara rasa tenang, bahagia, dan gemas pada tingkah laku si kucing, merangsang pengeluaran hormon oksitosin dalam tubuh manusia. Hormon ini juga diproduksi oleh tubuh ibu hamil yang sedang menjalani proses persalinan sehingga tidak terlalu merasakan sakit.

10. Dengkuran Kucing Baik untuk Terapi Penyembuhan Tulang dan Otot

Pernahkah mendengar kucing mengeluarkan suara seperti mendengkur padahal ia tidak sedang tidur? Suara dengkuran kucing ini ternyata bermanfaat sebagai penyembuhan therapeutic pada tulang dan otot manusia.

Dilansir dari Sindo, frekuensi getaran yang dihasilkan dengkuran kucing berada pada 20-140 Hz yang berdasarkan penelitian para ahli mampu menstimulus sendi dan otot yang tegang agar rileks kembali. Selain itu, kucing hanya akan mengeluarkan suara dengkuran pada manusia yang sudah membuatnya nyaman. Jadi berbahagialah kamu jika kucing peliharaanmu mengeluarkan suara dengkuran. Itu tandanya ia sudah merasa nyaman denganmu dan ingin membantumu merelaksasi tubuh yang lelah.

11. Kucing Dapat Membantu Meringankan Depresi

Ketika sedang sakit hati baik karena cinta atau karena kehilangan orang yang kita sayang kerap kali membuat hati dan badan ini depresi dan kadang sulit untuk diatasi. Apalagi jika di rumah tersebut tidak ada orang lagi dan hanya ada kita beserta beberapa orang lainnya yang tidak bisa mencairkan suasana.

Namun jika Anda punya kucing di rumah, apalagi kucing itu dari ras yang sangat terkenal (rumahan) tentu suasana akan menjadi berbeda. Memelihara kucing ternyata bermanfaat untuk menghilangkan depersi.

Sponsors Link

Dari beberapa penelitian yang sudah dilakukan memelihara kucing sebagai teman atau support animal terbukti dapat membandtu penderita depresi mengatasi masalah mentalnya dengan cepat. Dengan tingkah lakunya yang menggemaskan apalagi kucing persia atau dari bangsanya yang lain, kerap kali membuat pemiliknya tak bisa untuk tidak tertawa. Jadi, memelihara kucing yang energik dan juga menggemaskan ternyata sangat baik untuk kenyamanan Anda di rumah.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 09th, January 2019 / 07:00 Oleh :
Kategori : Kucing