Sponsors Link

Manfaat Steril Pada Anjing Jantan

Sponsors Link

Mensterilkan anjing jantan juga disebut pengebirian. Testis dan skrotum diangkat. Mensterilkan anjing betina juga disebut memandulkan. Rahim dan indung telur diangkat. Dalam kedua kasus, anjing-anjing tersebut disterilkan yang berarti mereka tidak dapat lagi beranak. (Baca juga cara mengobati dermatitis pada anjing)

ads

Ada mitos yang mengatakan bahwa mensterilkan anjing membuat mereka gemuk. Faktanya adalah bahwa anjing Anda akan menjadi gemuk jika Anda memberinya makan terlalu banyak. Namun, anjing Anda akan menggunakan lebih sedikit energi setelah dikebiri, jadi Anda harus mengurangi jumlah yang Anda berikan kepadanya. Ini berlaku untuk betina maupun jantan.

Ada beberapa orang, terutama pria, yang tidak ingin mensterilkan anjing mereka karena mereka memikirkan bagaimana perasaan mereka dalam situasi yang sama. Tetapi anjing tidak berpikir seperti manusia. Perkawinan benar-benar naluriah bagi mereka. Ini dilakukan semata-mata untuk prokreasi. (Baca juga cara mengobati patah tulang pada anjing)

Melakukan steril tergantung pada pemilik anjing apakah anjing itu harus disterilkan atau tidak. Namun, memahami tujuan di balik memandulkan atau mensterilkan  anjing, kita harus melakukannya karena populasi yang berlebihan telah menjadi salah satu perhatian utama saat ini.

Tidak hanya itu masalah berbahaya tetapi juga menimbulkan sejumlah besar uang. Kecuali hewan peliharaan yang dimiliki, yang lain tidak mendapatkan kehidupan yang lebih baik hanya karena kenaikan jumlahnya. (Baca juga cara mengobati cacing pita pada anjing)

Waktu terbaik untuk melakukan steril pada anjing Anda adalah tepat sebelum memasuki masa pubertas. Setelah semua vaksinasi selesai, ia dapat dikebiri dan dimandikan secara berurutan. Pada dasarnya, operasi bedah dilakukan untuk mengeluarkan organ reproduksi. Jadi, itu bisa dilakukan kapan saja. Namun, Anda harus menjadwalkan janji dengan dokter hewan terlebih dahulu untuk menghindari kerepotan yang tidak perlu.

Satu hal yang sering diabaikan sebagai cara yang layak untuk membantu anjing Anda menjalani kehidupan yang lebih bahagia adalah dengan membuatnya dikebiri. Faktanya adalah bahwa anjing biasanya memiliki banyak masalah kesehatan ketika mereka belum dikebiri.

Ini bisa apa saja mulai dari masalah prostat sampai kanker. Untuk memberi anjing Anda kehidupan terbaik, Anda harus memeriksa anjing jantan yang sudah dikebiri. (Baca juga cara mengobati bisul pada anjing)

Ada banyak fasilitas dan rumah sakit hewan yang berspesialisasi dalam pekerjaan semacam ini. Anjing jantan yang dikebiri tidak harus menjalani proses yang sangat menyakitkan dan mahal. Dengan dokter hewan yang tepat, anjing Anda dapat menjalani prosedur dengan cepat dan kembali menjalani kehidupannya yang bahagia setiap hari dalam waktu singkat.

Satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa anjing jantan yang dikebiri seharusnya dilakukan ketika anjing itu baru berumur beberapa bulan untuk memastikan bahwa ia tumbuh lebih sehat. Tetapi bahkan jika Anda belum melakukannya pada usia ini, Anda bisa menyelesaikannya di kemudian hari agar tidak ada masalah kesehatan lagi.

Sponsors Link

Jika anak anjing jantan Anda berusia antara 3 dan 10 bulan, ia dapat dikebiri dengan suntikan larutan sterilisasi, Neutersol. Neutersol disuntikkan langsung ke testis saat anjing Anda masih terjaga. Prosedur ini tidak seharusnya menyakitkan bagi anak anjing / anjing Anda tetapi dapat menyebabkan muntah dan diare.

Steril pada anjing dan kucing betina mengacu pada pengangkatan organ reproduksi (ovarium, saluran telur, rahim), sementara steril pada hewan jantan berarti mengangkat testisnya. Sterilisasi mencegah hewan berkembang biak (sehingga mengurangi over populasi hewan peliharaan). Sterilisasi juga memberikan banyak manfaat kesehatan untuk hewan peliharaan dan juga mengurangi masalah perilaku tertentu yang tidak diinginkan.

ads

Tidak diragukan lagi, mensterilkan anjing Anda adalah keputusan yang ideal. Namun, selalu disarankan untuk melakukan sedikit riset tentang operasi dan dokter hewan terlebih dahulu sehingga Anda tidak harus berurusan dengan kerepotan pada akhirnya. Internet dibanjiri dengan informasi, jadi luangkan waktu untuk meneliti web dan temukan dokter hewan terbaik di wilayah Anda. Pertimbangkan semua faktor sebelum membuat keputusan akhir.

Beberapa efek sampingnya adalah sebagai berikut:

  • Sakit

Sakit tentu sudah pasti akan di rasakan bagi sang anjing setelah di lakukan sterilisasi. Sakit yang di rasakan khususnya pada bagian organ reproduksi yang telah di angkat baik pada anjing jantan maupun betina.

  • Nyeri

Selain sakit, nyeri akan timbul beberapa waktu pada masa setelah operasi. Berbeda dengan sakit yang terjadi ketika baru saja usai di operasi karena rasa nyeri ini akan di rasakan oleh anjing untuk keesokan harinya sampai keadaan benar-benar kering.

  • Panas

Panas juga menjadi salah satu dampak yang akan timbul ketika Anjing di sterilkan yang akan di rasakan pada bagian organ reproduksi. Hanya saja panas yang di rasakan tidak amat sangat, hanya sekedarnya saja.

  • Dehidrasi

Setelah mengalami masa sterilisasi, anjing akan sering merasa haus. Akan tetapi tetap batasi dalam pemberian minum. Maksudnya bukan berarti anda memberikan sedikit air, akan tetapi pastikan tidak sangat banyak air yang di minum anjing setelah masa sterilisasi. Karena agar bekas pengangkatan (operasi) tersebut tidak terus basah.

  • Lebih Tenang

Tenang sudah pasti akan terjadi, maksudnya yakni para anjing tersebut tidak akan agresif lagi terhadap lawan jenis. Karena seperti yang telah di ketahui bahwa proses sterilisasi juga bisa untuk mengurangi birahinya.

  • Nafsu Makan Normal

Untuk nafsu makannya tidak ada masalah, efek samping dari hasil sterilisasi pada anjing tidak pengaruh pada nafsu makan mereka. Umumnya beberapa perawatan akan memberikan dampak pada nafsu makan entah bertambah atau berkurang. Tetapi jika untuk pengangkatan organ reproduksi ini nafsu makan anjing tetap normal. Kalaupun nafsu makan si anjing berkurang, mungkin saja ada faktor lain yang memicu.

  • Mudah Tidur

Mudah tidur akan sangat baik bagi anjing karena kurangnya aktifitas yang akan membuatnya lelah. Efek samping lainnya yakni membuat si anjing mudah tidur, meskipun tidak semuanya sama. Biar bagaimanapun masing-masing anjing akan mempunyai efek samping berbeda-beda.

  • Mata Sayu

Mata yang satu adalah efek dari setelah mengalami masa operasi. Adalah hal yang wajar mengingat si anjing sendiri baru saja mengalami masa-masa yang bisa di katakan sakit. Pandangan anjing tidak fokus dan seperti sedang mengantuk namun anda tidak perlu khawatir.

Sponsors Link

Bagaimanapun, hewan peliharaan Anda adalah bagian penting dari keluarga Anda dan Anda tidak akan pernah ingin dia dalam masalah. Jadi, buat keputusan dengan bijak.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 09th, January 2019 / 04:29 Oleh :
Kategori : Anjing