Sponsors Link

4 Penyebab Ekor Kucing Bengkok Dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Kucing merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara oleh manusia karena bentuknya yang lucu serta pola tingkahnya yang mengemaskan. Diantaranya beberapa jenis hewan peliharaan lainnnya, kucing menjadi salah satu yang populer dengan beraneka ragam pilihan jenis yang dapat dipelihara. Dalam proses memelihara kucing, pemilik kucing tentu harus memperhatikan beberapa kondisi yang dapat terjadi pada kucingnya yang salah satunya adalah keadaan dimana ekor kucing menjadi bengkok. Berikut ini penjelasan mengenai penyebab ekor kucing bengkok dan cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

ads
  1. Faktor genetik

Penyebab pertama yang dapat menjadikan kucing memiliki ekor yang bengkok adalah karena faktor keturunan atau genetik. Kondisi tersebut menjadikan ekor yang bengkok bukan merupakan masalah dan merupakan keadaan yang normal pada kucing tertentu. Ekor bengkok secara genetik tersebut terjadi akibat mutasi random. Faktor genetik yang dimaksud adalah kucing secara alami mewarisi bentuk ekor yang dimiliki indukannya. Kondisi faktor genetik ini tidak dapat diatasi dan tidak juga akan menyebabkan timbulnya kondidsi berbahaya bagi kucing. (Baca juga : penyakit kucing pada musim hujan)

  1. Respon psikis kucing

Penyebab ekor kucing bengkok lainnya adalah karena adanya respon psikis yang ditunjukan oleh kucing melalui perilaku fisik akibat adanya kondisi tertentu yang dirasakan oleh kucing. Beberapa bentuk respon psikis kucing yang menjadikannya memiliki bentuk ekor bengkok sesaat adalah karena :

  • Kucing ingin berteman, penyebab pertama ekor kucing bengkok sesaat adalah karena keinginan kucing untuk berteman dengan manusia maupun dengan kucing lainnya. Kondisi ini hanya akan terjadi sesaat dan kembali normal secara alami. (Baca juga : jenis virus pada kucing)
  • Kucing merasa terintimidasi, penyebab lainnya secara psikis yang menjadikan kucing memiliki bentuk ekor bengkok sesaat adalah karena adanya intimidasi yang diterima oleh kucing. Untuk dapat mengatasi kondisi tersebut maka sebaiknya tenangkan kucing dan pindahkan pada tempat yang memang tidak ada intimidasi sekitarnya.
  • Kucing dalam kondisi cemas, keadaan psikis lainnya yang juga dapat menyebabkan kucing menunjukan ekornya yang bengkok adalah karena kucing dalam kondisi cemas. Ekor kucing yang bengkok ke arah badannya merupakan bentuk ekspresi kucing yang mengalami kondisi cemas. Untuk mengatasinya maka sebaiknya berilah ketenangan pada kucing dengan cara mengelusnya. (Baca juga : penyakit pada kucing yang menular ke manusia)
  1. Penyakit kucing

Jika kondisi yang disebutkan diatas sebagai penyebab ekor kucing bengkok merupakan keadaan yang sebenarnya normal dan bukan bentuk kecacatan pada kucing, penyebab selanjutnya ini merupakan kondisi ekor bengkok yang merupakan kelainan pada kucing. Ekor bengkok akibat kondisi penyakit atau kelainan tersebut terjadi akibat adanya sumbatan aliran darah yang menyebabkan bagian ekor menjadi tidak teraliri oksigen sehingga selnya akan mati sebagian dan menyebabkan ekor menjadi bengkok hingga patah. Untuk mencegah penyakit yang dapat menyebabkan ekor kucing bengkok ini maka dapat dilakukan dengan imunisasi pada anakan kucing.  (Baca juga : Penyakit kulit pada kucing)

  1. Ekor kucing patah

Penyebab lainnya yang menjadikan kucing memiliki ekor yang bengkok adalah karena patahnya ekor tersebut. Ekor yang patah dapat disebabkan oleh pengaruh fisik tertentu seperti akibat bertarung dengan kucing lain atau karena terlindas roda kendaraan. Pemilik kucing perlu memastikan tidak ada luka dalam dan infeksi pada kondisi ekor yang patah tersebut.  (Baca juga : jenis penyakit mulut pada kucing)

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab ekor kucing patah yang perlu diperhatikan dengan baik. Ekor yang patah pada kucing lebih mudah terjadi pada jenis kucing yang memiliki bentuk ekor panjang.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Tuesday 21st, May 2019 / 01:40 Oleh :
Kategori : Kucing