Sponsors Link

7 Tips Sebelum Memelihara Biawak yang Harus Dilakukan

Memelihara Biawak

Biawak adalah salah satu binatang yang cukup mengerikan, dan merupakan sebangsa kadal berukuran menengah serta besar yang tersebar di daerah beriklim panas dan tropis Afrika, Asia, dan Australia. Biawak sendiri tergolong reptil yang bisa di kenal buas. Namun semua tetap tergantung kondisi dan situasi. Katakan saja biawak yang terbiasa liar di hutan, sudah pasti buas dan bisa memangsa hewan lain, dan bahkan bisa melukai manusia ketika marah. Rasanya cukup lumrah semua itu mengingat saja namanya hewan, tentu identik dengan bahaya.

Namun sejatinya tidak selalu bahwa biawak terkesan buas dan liar. Secara tampilan memang seperti komodo yang menakutkan. Akan tetapi saat ini telah banyak yang memeliharanya lantaran sebagai salah satu cara menyalurkan kebiasaan akan fauna. Bagaimana dan seperti apa Tips Sebelum Memelihara Biawak jika anda sendiri sudah mulai krasan dengan penayangan artikel kali ini. Ya, memelihara biawak dirumah mungkin akan menjadi hal yang anti mainstream bukan?

Akan tetapi anda harus mengetahui bagaimana tips yang harus diterapkan sebelum pemeliharaan Biawak dirumah agar tidak terjadi sesuatu hal yang tak di inginkan. Solusi terbaik untuk tips tersebut bisa anda temukan disini. (Baca Juga: Cara Memelihara Biawak di Rumah)

Tips Sebelum Memelihara Biawak

1. Pemantapan Niat

Karena salah satu yang merupakan tips sebelum memulai untuk memelihara biawak adalah niat. Memantapkan hati dan pikiran sangatlah penting, jadi anda harus benar-benar memikirkannya. Hewan reptile seperti biawak tidak bisa sembarangan untuk di pelihara tanpa ada telad kuat dan niat yang bulat.

Hal ini untuk memastikan bahwa anda telah siap dengan resiko kedepan yang terjadi meskipun semuanya tentu berharap yang baik-baik saja. Misalnya, anda tidak akan pernah tahu apakah biawak peliharaan anda nantinya akan jinak dengan siapapun tanpa harus melukai. Karena pada kenyatannya insting hewan tidak bisa di tebak oleh pikiran manusia.

2. Mempelajari Ilmu Pengetahuan Perawatan

Sebelum anda memelihara biawak, jangan lupa untuk mempelajari dasar-dasar dalam memelihara hewan tersebut. Sehingga andah pun mengerti bagaimana harus memperlakukan hewan yang satu ini. Dengan adanya ilmu yang di pelajari, maka anda mempunyai pedoman yang baik dalam pemeliharaan hewan reptile ini. (Baca Juga: Cara Mengenali Ular yang Tidak Berbisa)

3. Persiapan Lahan

Tidak lupa serta bahwa tips sebelum pemeliharaan Biawak yang lainnya yakni dengan menyiapkan lahan. Lokasi menjadi salah satu hal yang dominan di perhitungkan dalam pemeliharaan hewan apapun. Tidak mungkin anda menyatukan hewan serumah dengan anda dan keluarga, selain kotor juga cukup bahaya baik secara sadar atau tidak. Sehingga, sebelum memelihara biawak pastikan bahwa lokasi yang anda punyai cukup lenggang dalam hal ini. Kendati tidak terlalu luas, setidaknya masih ada sisa-sisa pekarangan yang bisa di pakai.

Untuk kandang biawak ini, buatlah sepetak tempat yang cukup untuknya atau lebih lebar dan luas untuk kenyamanan. Buat langsung dalam bentuk sekat dari batu bata yang di lengkapi dengan jeruji besi atau dari kawat agar tidak kabur kemana-mana. Namun tidak lupa untuk memberikan penutup seperti atap, mencegah dari panas atau hujan.

4. Cari Biawak yang Sudah Jinak

Carilah penjual biawak yang terpercaya, dalam hal ini bukan saja nilai yang murah atau mahalnya. Melainkan adalah produsen biawak yang benar-benar memberikan jenis terbaik seperti sehat, tidak cacat, lincah serta nafsu makan membaik. Satu lagi bahwa yang anda dapatkan adalah biawak yang jinak dan telah di taklukkan. Pemula semua untuk memelihara biawak mungkin butuh keberanian, tidak bisa langsung mencari dari hutan namun harus di dapatkan yang sudah jinak. (Baca Juga: Budidaya Ikan Patin di Kolam Tembok)

5. Persiapan Pakan

Apa yang menjadi makanan biawak? Banyak yang tidak tahu, apa sebenarnya jenis pakan sang biawak. Oleh karena itu anda harus mengerti apa saja makanan biawak, sehingga ketika anda sudah benar-benar memelihara biawak tidak kaget dan klabakan sendiri. Pakan yang terbaik untuk biawak adalah yang mengandung banyak gizi, dan pastikan kenyang.

6. Membeli Biawak Kecil

Alasan mengapa anda harus mencari jenis biawak yang masih kecil adalah untuk menjinakkannya terlebih dahulu. Biawak yang dewasa sudah tercuci dengan hal-hal yang kemungkinan menjadikannya buas. Oleh karena itu anda bisa membeli biawak yang masih kecil, dimana anda baru memulai untuk melatih dan merangsang pikirannya untuk tidak buas dengan manusia. (Baca Juga: Alasan Ular Jagung Layak Jadi Peliharaan)

7. Penggunaan Nutrisi

Persiapkan berbagai nutrisi kebutuhan sang biawak, hal ini untuk membuat biawak agar terhindar dari serangan atau ancaman penyakit. Untuk pecinta reptil semua, dengan memelihara biawak artinya telah memantapkan niat untuk merawat dengan sepenuh hati.

Jadi, anda harus memberikan nutrisi yang pas untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan biawak. Sehingga menyiapkan nutrisi apa saja yang perlu di berikan sebelum memelihara biawak sangat baik sekali.

Demikianlah tentang tips sebelum memelihara Biawak yang telah di sampaikan dan bisa Anda terapkan agar ketika pemeliharaan dimulai, semuanya sudah siap. Semoga bermanfaat dan membantu.

, , , , , ,
Post Date: Monday 20th, May 2019 / 21:12 Oleh :
Kategori : Reptilia