Sponsors Link

3 Penyebab Kucing Mati Mendadak Yang Perlu Dihindari

Kucing menjadi salah satu jenis hewan jinak yang paling mudah ditemui dilingkungan masyarakat baik yang hidup secara liar ataupun yang merupakan hewan peliharaan. Kucing masih merupakan salah satu favorit hewan peliharaan karena bentuk dan fisiknya yang lucu dipadu tingkah polah yang mengemaskan. Kondisi kematian mendadak pada kucing peliharaan maupun kucing liar disekitar lingkungan rumah dapat dengan sering kita jumpai. Bagi pemilik kucing, kematian kucing secara mendadak tentu harus dihindari dan diperhatikan. Berikut penjelasan mengenai penyebab kucing mati mendadak dalam ulasan dibawah ini.

  1. Kecelakaan

Kematian mendadak pada kucing dapat disebabkan oleh kondisi tertentu seperti halnya kematian mendadak pada makhluk hidup lainnya. Salah satu penyebab kucing mati mendadak adalah karena kecelakaan yang menyebakan kucing kehilangan banyak darah atau terjadi kerusakan pada organ vital secara langsung seperti pada otak dan jantung. Kecelakaan yang dapat terjadi seperti kucing terjatuh dari tempat yang tinggi atau tertabrak kendaraan dan terlindas secara langsung. Untuk mencegah kondisi tersebut maka perhatikan kucing ketika berada di luar lingkungan rumah atau jangan membiasakan kucing hidup liar dilingkungan karena peluang terjadinya kecelakaan lebih besar dibandingkan ketika kucing berada di dalam rumah. (Baca juga : jenis penyakit mulut pada kucing)

  1. Keracunan

Penyebab kucing mati mendadak lainnya adalah karena kondisi keracunan makanan yang dikonsumsinya. Keracunan dapat menyebabkan organ organ tubuh menjadi rusak dan memicu pendarahan di dalam tubuh kucing yang menyebabkannya dapat mati secara mendadak. Ciri kucing yang mati mendadak karena keracunan diantaranya seperti warna kulit yang mulai berubah menjadi pucat, muntah, lemas, air liur yang mengering. Ketika kondisi gejala tersebut terjadi maka segera bawa ke dokter hewan untuk mengatasinya. (Baca juga : Penyakit kulit pada kucing)

Keracunan dapat terjadi karena kucing mengkonsumsi tikus yang sudah mengandung racun tikus di dalam tubuhnya, mengkonsumsi shampoo secara tidak langsung, dan beberapa makanan berbahaya bagi kucing seperti coklat, alpukat, dan kopi. Selalu perhatikan makanan yang dikonsumsi oleh kucing dan penuhi jumlah konsumsi nutrisinya agar kucing tidak makan secara sembarangan selain makanan diluar yang biasa diberikannya. (Baca juga : penyakit pada kucing yang menular ke manusia)

  1. Sakit parah

Penyebab kucing mati mendadak selanjutnya adalah karena kondisi sakit parah yang dialami oleh kucing. Beberapa kondisi sakit parah yang dapat menyebabkan kucing mati mendadak diantaranya seperti :

  • Sakit jantung, kondisi sakit jantung menjadi salah satu permasalahan yang dapat menyebabkan mati mendadak akibat kinerja jantung sebagai organ penting tubuh yang tidak berfungsi secara normal. Gejala awal kucing mengalami sakit jantung seperti kondisi lemah dan lesu, mobilitas kucing berkurang, nafsu makan yang hilang. (Baca juga : jenis virus pada kucing)
  • Flu kucing, penyakit lainnya yang juga dapat menyebabkan kucing mati mendadak adalah penyakit flu kucing. Flu kucing disebabkan oleh virus yang dapat menyebabkan rongga pernafasan terhambat sehingga menyebabkan terjadinya kematian mendadak akibat tubuh kucing yang tidak mendapatkan asupan oksigen cukup. (Baca juga : penyakit kucing pada musim hujan)

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab kucing mati mendadak yang perlu diperhatikan dengan baik, Selalu memperhatikan kondisi kesehatan kucing dan menjaga asupan nutrisinya menjadikan salah satu upaya mencegah kematian mendadak pada kucing termasuk menjaganya dari resiko kecelakaan. 

, , ,
Post Date: Thursday 23rd, May 2019 / 05:54 Oleh :
Kategori : Kucing