Sponsors Link

13 Panduan Perawatan Kucing Setelah Dikebiri Mudah

Sponsors Link

Kucing merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang sangat menggemaskan. Mulai dari kecil hingga besar tetap saja kucing memiliki rasa manja yang membuat pemiliknya ini memperlakukannya dengan kasih sayang lebih. Pada saat kucing mulai dewasa pun kucing bisa dikawinkan dengan lawan jenisnya sehingga menghasilkan anak – anak kucing yang lucu. Namun, kucing dewasa yang sudah berumur terkadang tidak mampu lagi untuk melahirkan sehingga sebaiknya kucing dikebiri atau disterilkan. Berikut tindakan – tindakan perawatan yang perlu Anda lakukan setelah kucing dikebiri :

ads

1. Memberikan Tempat Yang Aman

Proses kebiri ini bisa membuat kucing bisa merasa kebingungan dan merasa mual.  Kucing bisa merasa tidak aman dari hewan – hewan peliharaan lain yang ada di rumah Anda. Maka dari itu, Anda perlu membuat tempat yang aman dari jangkauan hewan lain maupun anak – anak. Karena kucing juga memerlukan istirahat dan memerlukan pemulihan di masa ini. Proses pengebirian ini juga merupakan cara mencegah kucing hamil yang bisa Anda rencanakan apabila kucing Anda sudah terlalu lemah untuk hamil dan melahirkan.

2.  Membuat Nyaman

Pada masa ini kucing juga memerlukan tempat yang nyaman untuk beristirahat. Karena kucing Anda setelah dikebiri bisa merasa lemas. Apabila Anda tidak memiliki kandang khusus untuk kucing Anda bisa meletakkan bantal atau selimut untuk tempat kucing beristirahat. Kalau bisa, letakkan bantal ini di atas lantai yang beralas ubin ataupun kayu. Karena di atas lantai ini kucing bisa meregangkan tubuhnya dan kucing suka pada lantai yang dingin saat melakukan perenggangan ini.

3. Meletakkan Di Pencahayaan Yang Remang – Remang

Kucing yang sedang dalam pengaruh obat bius ini akan merasa sensitif terhadap cahaya. Maka dari itu, kurangilah pencahayaan yang terang di sekitar kucing. Atau Anda bisa menggunakan penutup untuk membuat kucing terhindar dari pencahayaan yang terang. Untuk bisa mengetahui ciri – ciri kucing stres, Anda bisa melihat dari perilakunya yang tidak biasa.

4. Menyediakan Yang Dibutuhkan Kucing Anda

Kucing peliharaan tiak terlepas dari kebutuhan sehari – harinya yaitu makan dan minum, istirahat dan juga buang air. Maka dari itu, supaya memudahkan segala kegiatan kucing Anda setelah dikebiri, Anda bisa meletakkan kotak atau tempat yang berisi makanan dan minuman, juga termasuk kotak untuk buang kotoran. Kotak – kotak ini diletakkan di dekat kucing Anda supaya mudah dijangkau olehnya. Untuk kotak kotoran sebaiknya tidak menggunakan kotak yang biasanya untuk kotoran. Sebagai alternatif sementara, Anda bisa menggunakan kertas atau koran yang sudah dihancurkan untuk diletakkan di dalam kotak.

5. Tidak Membawa Kucing Ke Luar Rumah

Perawatan pasca kebiri yang harus Anda lakukan adalah tetap meletakkannya di dalam rumah. Jangan meletakkannya di luar rumah karena kucing ini sedang mengalami masa pemulihan. Hal ini dilakukan dalam upaya menjaga hasil jahitan setelah operasi supaya tetap bersih, kering dan terbebas dari infeksi. Membiarkan kucing di dalam rumah ini juga bisa menjadi cara menjinakkan anak kucing liar yang bisa ditemukan di mana saja.

6. Memeriksa Bagian Irisan Setelah Operasi

Bagian kucing yang mengalami irisan perlu Anda periksa. Mulai dari pasca operasi kebiri dan pada saat masa pemulihan. Untuk bisa memantaunya dengan baik, Anda juga bisa memfoto bagian yang telah diiris oleh dokter hewan pada saat melakukan operasi. Apabila Anda tidak tahu, Anda bisa bertanya pada dokter ada di sebelah mana irisan tersebut. Pada saat masa awal pemulihan ini merupakan salah satu cara mengobati kucing sakit tanpa ke dokter yang bisa Anda lakukan.

7. Menggunakan Kalung Protektif

Hal ini mungkin terlihat kasihan bagi kucing yang memakainya. Namun, hal ini bisa menjadi salah satu cara yang efektif dalam menghindari kucing tersebut membuat bekas irisannya yang bisa berpotensi semakin parah apabila dirusak oleh kucing Anda.

Sponsors Link

8. Menawarkan Makanan Dan Minuman

Sesampainya di rumah setelah pasca operasi, Anda perlu menawarkan kucing Anda makanan atau minuman. Berilah jarak 2 – 3 jam setelah sampai di rumah. Berilah makanan pada tempat makan atau wadah yang ceper dengan memberikan 1/4 dari porsi makanannya. Jika kucing memang tidak mampu makan jangan dipaksa untuk makan.

9. Membiarkan Kucing Beristirahat

Dalam kondisi seperti ini, biarkan kucing Anda beristirahat dari kegiatan – kegiatannya pada umumnya. Walaupun kelihatannya kucing Anda sudah bisa diajak main, namun biarkanlah dia beristirahat selama beberapa minggu pasca pemulihan ini.

10. Tidak Menggendong Kucing

Walaupun Anda sayang dengan kucing Anda usahakan untuk tidak menggendongnya kecuali dalam keadaaan khusus. Karena hal ini bisa membuat jahitannya terbuka lagi. Sehingga, Anda sangat perlu berhati – hatil dalam keadaan ini.

11. Membatasi Gerakan Kucing

Dalam kondisi ini, jauhkan kucing Anda dari tempat di mana dia bisa bermain, melompat dan melakukan aktivitas atau gerakan yang membahayakan bagi bekas irisannya.

Sponsors Link

12. Tidak Memandikan Kucing

Dalam waktu kurang lebih 2 minggu setelah operasi Anda tidak perlu memandikan kucing Anda. Apabila kucing Anda ingin dibersihkan, maka bersihkanlah dengan kain yang lembab tanpa menggunakan sabun. Yang penting adalah tidak membasahi bagian yang terkena irisan.

13. Berikan Obat Penghilang Rasa Sakit Sesuai Anjuran

Apabila dokter hewan Anda memberikan resep untuk kucing Anda, maka sebaiknya Anda ikuti anjuran tersebut. Walaupun Anda tidak melihat kucing Anda mersakan sakit. Karena perawatan kucing setelah kebiri ini berbeda dengan  cara perawatan kucing setelah vaksin.

Berikut ini terdapat informasi bagaimana pentingnya kebiri bagi kucing kesayangan anda.

Demikian penjelasan terkait beberapa perawatan kucing setelah dikebiri baik secara mental ataupun secara fisik kucing yang umumnya menjadi lebih sensitif.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Thursday 30th, November 2017 / 07:46 Oleh :
Kategori : Kucing