Sponsors Link

8 Tanda Lovebird Sudah Jodoh yang Terlihat Jelas

Memelihara burung mempunyai tujuan masing-masing yang setiap orang berbeda. Ada kalanya memelihara untuk menunjukkan hobinya sebagai pecinta alias kicau mania, dan sebagian banyak dijadikan sebagai kesempatan berbisnis. Jika anda salah satu pecinta burung, alangkah baik tidak hanya mengoleksi sebagai hobi saja, namun mengatur bagaimana agar hobi tersebut menghasilkan uang dan menguntungkan. Jawabannya hanya satu, yakni berbisnis dengan ternak burung cinta atau lovebird.

Keberhasilan awal oleh pemula dalam mengembangbiakkan lovebird adalah dengan memastikan pasangan- pasangan burung tersebut benar- benar telah berjodoh. Lalu untuk mengetahui ciri atau tanda lovebird berjodoh, tentunya akan mengalami banyak kesulitan yang akan di jumpai nantinya. Beberapa pemula membeli pasangan jadi dan telah siap berproduksi tanpa pusing memikirkan bagaimana cara untuk menjodohkan. Ini merupakan sebuah cara yang paling mudah dan hanya dapat dilakukan jika memiliki modal yang besar. Akan tetapi, bagi anda yang memiliki modal terbatas disarankan agar membeli anakan saja dan kemudian dipelihara hingga dewasa.

Serta disamping itu, dengan memelihara sampai dewasa juga mengenali Tanda Lovebird Sudah Berjodoh agar mudah untuk memijahkan dan menghasilkan anakan. Namun janganlah anda terburu- buru untuk menggunakan kandang tunggal. Apabila anda belum secara yakin mengetahui ciri- ciri lovebird jantan dan betina, sebaiknya jangan gunakan kandang tunggal. Penggunaan kandang koloni yang diisi dengan beberapa anakan lovebird-lah yang bisa menjadi salah satu solusi terbaik. (Baca Juga: Cara Mengetahui Umur Lovebird)

Menggunakan kandang koloni akan lebih mempermudah anda di dalam perawatan hingga lovebird benar- benar siap untuk dijodohkan. Sedangkan yang perlu dilakukan yakni dengan mengamati perkembangan perilaku tiap- tiap individu lovebird. Untuk sistem perjodohan di dalam kandang koloni akan terjadi secara alami, lovebird jantan akan mendekati lovebird betina dengan menunjukkan dominasinya terhadap pejantan yang lain. Kemudian ketertarikan ini biasanya akan berlanjut. Seperti apa tanda Lovebird sudah jodoh, simak berikut ini:

Tanda Lovebird Sudah Jodoh

1. Si Jantan Mengepakkan Sayap

Salah satu tanda yang dapat Anda ketahui yakni dapat diketahui dari tingkah laku si burung cinta jantan bilamana terlihat tidak tenang. Salah satu hal yang akan di lakukan yakni dengan mengepakkan sayapnya.

2. Si Jantan Memberi Makan Betina

Tanda yang kedua ini dapat anda ketahui ketika si lovebird jantan terlihat sedang memberi makan sang burung betina. Akan tetapi jika di amati lebih jauh, terlihat bahwa keduanya sedang bercumbu. (Baca Juga: Tanda Lovebird Sedang Mengeram)

3. Tidur Berdampingan

Terlihat jika kedua burung lovebird baik jantan atau betina akan tidur berdampingan, ini menjadi tanda bahwa keduanya sudah jodoh. Karena sangat jarang sekali apabila kedua jenis kelamin berbeda dari burung cinta jika di satukan mampu berdampingan. Hanya pasangan yang sudah jodoh yang akan seperti ini. Tentunya tidak sulit untuk membedakan ciri ini.

4. Saling Meloloh

Terlihat jika keduanya juga akan saling menyuap makanan, kalau istilah ternak burung disebut dengan meloloh. Nah, keduanya akan saling loloh yang artinya sudah berjodoh. Kemudian lovebird jantan akan terlihat manggut-manggut.

5. Tidur Dalam Satu Glodok

Jika sebuah kandang sudah di pasang dengan glodok, maka tanda yang akan muncul ketika sudah berjodoh lainnya yakni dapat terlihat apabila keduanya berduaan di glodok. (Baca Juga: Tanda Telur Lovebird Tidak Menetas)

6. Sering Nongkrong Bareng

Adapun ciri-ciri lainnya dari indukan yang sudah siap kawin maka jika kondisinya berada di kandang koloni sepasang indukan itu akan sering nongkrong bareng di tenggeran. Jadi perlu sesekali anda perhatikan yang mungkin saja diantara lovebird anda yang di kandang ada yang sedang PDKT. Apabila sudah di temukan seperti ini, yang perlu anda lakukan agar lebih inten adalah dengan memisahkan keduanya biar berlanjut ke jenjang berikutnya.

7. Lovebird Betina Terbang Kesana Kemari

Sama halnya dengan sang jantan jika sudah siap kawin akan mengepakkan sayapnya, tetapi kebanyakan tetap pada posisinya. Sedangkan untuk betina, umumnya akan cenderung terbang kesana kemari sekalipun di dalam sangkar, seolah tidak tenang. Demikian adalah maksud jika keduanya sudah berjodoh dan siap untuk dipijahkan.

8. Si Jantan Menaiki Betina

Untuk tanda yang terakhir ini, akan semakin jelas jika kedua pasangan lovebird telah berjodoh dan siap untuk di pijahkan. Tanda-tandanya adalah, indukan betina akan membuka sayapnya dan si jantan akan berada di atas punggungnya. Nah, jika sudah terjadi seperti ini anda tidak perlu khawatir karena dipastikan burung lovebird betina akan bertelur. (Baca Juga: Vitamin Herbal Untuk Lovebird)

Harus di perlukan ketlatenan dalam beternak burung apalagi untuk bisnis. Lovebird adalah jenis burung yang sudah tidak asing lagi, akan tetapi apabila anda mempunyainya dengan kualitas baik bisa di lirik orang dengan harga mahal. Salah satu yang pasti mengapa lovebird begitu banyak peminatnya lantaran mempunyai bulu bagus dengan corak yang bervariatif. Belum lagi jika burung ini pastinya bisa gacor, jika di latih maka akan semakin bagus celotehnya. Demikian tanda lovebird sudah jodoh yang dapat Anda ketahui sehingga tidak perlu repot mencarikan pasangannya lagi, semoga bermanfaat.

, , , , , , , ,
Post Date: Sunday 09th, June 2019 / 16:13 Oleh :
Kategori : Burung