Sponsors Link

8 Cara Mengetahui Umur Lovebird

Sponsors Link

Meskipun burung cinta atau lovebird sudah menjadi salah satu jenis burung yang terkenal, namun masih saja ada pecinta burung yang masih awam seperti halnya membedakan jantan atau betina dan juga cara mengetahui umur Lovebird.

ads

Disamping itu, sebenarnya masih cukup banyak problematika para pecinta lovebird untuk mengetahui karakter setiap burung lovebird yang pada dasarnya memang sangat gampang gampang susah.

Terkadang memang banyak pecinta burung cinta yang sudah berpengalaman, akan tetapi masih saja keblinger apabila tidak fokus. Salah satu misalnya adalah dalam membedakan membedakan lovebird jantan dengan betina lantaran masih banyak pecinta burung yang belum bisa memahami ciri ciri lovebird jantan dengan betina. Selain itu juga masih banyak yang kurang paham tentang trik untuk mengetahui umur Lovebird seperti yang di sampaikan di atas.

Padahal cukup penting sekali mengetahui umur burung cinta, apalagi anda sebagai peternaknya. Karena burung lovebird membawa harga masing-masing untuk setiap usianya. Berikut ini adalah cara untuk mengetahui usia si burung cinta tersebut:

Cara Mengetahui Umur Lovebird

1. Warna Paruh

Salah satu cara yang paling dominan di lakukan untuk mengetahui usianya adalah dengan melihat warna paruh burung lovebird. Apabila umur burung lovebird masih muda dapat terlihat pada warna paruh, yakni mempunyai warna lebih muda dan tidak full. Bisa di katakan jika ciri seperti ini adalah lovebird dengan usia 2 – 4 bulan. (Baca Juga: Tanda Lovebird Sedang Mengeram)

2. Warna Kaki

Cara yang bisa Anda lakukan berikutnya yakni dengan melihat warna kaki burung cinta. Terkadang lovebird yang masih anakan warna pada kaki berbeda dengan lovebird yang sudah dewasa, yakni jika lovebird anakan pada kaki nya terdapat warna bercak hitam. Sedangkan jika sudah menginjak dewasa maka warnanya akan memutih dengan sendirinya.

 3. Garis Mata

Selain dari dua cara di atas yang sudah disebutkan, masih banyak cara lain untuk mengetahui berapa umur lovebird. Salah satu yang lainnya yakni dari garis matanya. Mungkin jika anda menemui lovebird memiliki garis tipis pada sekitar mata burung lovebird atau dalam kata lain kacamata burung lovebird, maka bisa di katakan usianya tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Namun garis yang ada di sekitar mata tersebut akan menebal seiring bertambahnya usia lovebird. (Baca Juga: Tanda Telur Lovebird Tidak Menetas)

4. Warna Kuku

Bisa juga anda menandai usia lovebird dari warna kukunya, misalnya jika usia dua minggu dapat di katakan bahwa lovebird sudah mampu membuka matanya. Disamping itu pula akan di sertai warna hitam yang menipis pada pangkal kuku. Pada saat hari pertama penetasan, kuku tersebut juga masih berwarna putih bersih.

Kemudian untuk menandai lovebird pada usia 3 minggu adalah terdapat warna hitam yang ada pada pangkal kuku yang akan semakin meluas. Kemudian untuk warnanya menjadi lebih pekat. Cara untuk mengetahui usia lovebird dari kakinya bisa anda lihat pada lebar warna hitam di kuku yang tidak akan berubah sama sekali.

Sponsors Link

Lovebird dengan usia antara 4 – 6 bulan, warna hitam di kuku menjadi semakin turun ke bawah sampai pada ujungnya. Sesudah itu, warna hitam ini akan hilang sepenuhnya di usia 4,5 sampai dengan 5 bulan kedepan. Kemudian jika usianya telah memasuki 6 bulan, mengetahui usia lovebird dari kakinya bisa melihat warna kuku lovebird yang sudah memutih sepenuhnya walau pun masih terdapat bayangan hitam yang tersisa.

Sedangkan untuk lovebird yang berusia 8 bulan ke atas penampakan kuku lovebird bisa terlihat lebih putih bersih sepenuhnya. Nah, untuk yang satu ini sudah menandakan jika burung lovebird telah siap di ternakan.

5.  Kondisi atau Warna Mata

Cara mengetahui berapa umur lovebird yang keempatini dapat dikenali lewat mata. Untuk lovebird anakan, matanya akan terlihat lebih jernih, bening dan menonjol dengan besar. Selain itu, klepnya masih tampak begitu segar. Meskipun demikian, ada beberapa lovebird anakan yang tidak memiliki mata menonjol dan bukan berarti ini mempengaruhi usianya. (Baca Juga: Vitamin Herbal Untuk Lovebird)

6. Suara

Cara untuk mengetahui umur lovebird yang kelima ini dapat dikenali melalui suara. Untuk lovebird anakan, suara yang dihasilkan akan terdengar samar-samar. Bahkan beberapa suaranya justru hampir mirip dengan burung emprit. Apabila suaranya sudah mirip dengan burung emprit, artinya burung lovebird tersebut masih berumur di bawah dua bulan. Meskipun demikian, ada beberapa lovebird anakan yang sudah bersuara lebih lantang.

7. Durasi Ngekek

Selanjutnya mengenai tata cara untuk mengetahui umur lovebird yang keenam yakni dapat dikenali lewat durasi ngekek. Untuk lovebird anakan, durasi ngekek yang dihasilkan tentu saja  berbeda-beda, yang paling mencapai 30 detik. (Baca Juga: Manfaat Terapi Mandi Es Untuk Lovebird)

8. Kelincahan

Dapat pula anda melihat dari sikap atau ke aktifan si burung. Jika anda melihat lovebird dalam keadaan lincah maka bisa di pastikan usianya masih sangat fresh, tidak muda dan belum tua. Akan tetapi jika anda melihat burung lemah, letih lesu tetapi kesehatannya baik maka dapat di artikan bahwa usianya sudah cukup tua.

Demikian cara mengetahui umur Lovebird yang dapat Anda pelajari dan terapkan untuk mengetahui berapakah umur burung kesayangan Anda sekarang ini. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , , ,
Post Date: Saturday 08th, June 2019 / 14:16 Oleh :
Kategori : Burung