Sponsors Link

8 Tanda Lovebird Sedang Mengeram

Banyak pembudidaya burung sejauh ini yang menjadikan sebagai salah satu hobi, kegiatan di waktu luang, sampai dengan sebagai langkah bisnis. Lalu bagaimana dengan anda sendiri? Tidak melulu ataupun tidak identik dengan pecinta burung, asalkan setiap orang mempunyai tujuan pasti bisa menjalankan ternak burung lovebird.

Misalkan saja jika anda ingin berbisnis lovebird, tentu saja tidak harus mempunyai jiwa fanatik cinta terhadap burung. Asalkan anda serius dalam merawat dan telaten dalam semua hal mengenai ternak burung lovebird, tentu saja bisnis ini akan mudah di jalankan.

Salah satu komponen ilmu yang harus anda ketahui di dalam budidaya burung cinta ini adalah dengan mengetahui tanda Lovebird sedang mengeram. Penting sekali untuk anda ketahui, karena bagian ini membutuhkan perhatian agar sang burung benar-benar mampu menetaskan telurnya tersebut. (Baca Juga: Tanda Telur Lovebird Tidak Menetas)

Hal ini akan mengarah pada kualitas budidaya lovebird nantinya. Sebelum melangkah pada kajian tanda – tanda burung Lovebird sedang mengeram, perlu anda ketahui akan hal-hal apa saja yang perlu di siapkan ketika melihat sang burung terlihat mengeram.

  • Menyediakan tempat yang nyaman
  • Memastikan lokasi telah aman
  • Tidak berisik suara manusia atau kebisingan apapun
  • Pemberisn cukup nutrisi
  • Tidak terlalu sibuk menganggu burung yang sudah akan mulai mengeram

Nah, selanjutnya anda harus mengetahui akan ciri-ciri dari burung cinta yang sedang mengeram. Berikut ini bisa anda simak:

Tanda Lovebird Sedang Mengeram

1. Klabakan

Untuk tanda yang pertama dimana dapat diketahui dengan mudah yakni Anda dapat memperhatikan tingkah lakunya. Dimana sikap burung tidak seperti biasanya, karena ada beberapa faktor yang membuat sikapnya berbeda. Sebut saja klabakan, hal ini terjadi antara burung melihat predator, di dekati ular atau memang sebuah tanda bahwa lovebird sedang akan mengeram. Jika anda tidak melihat adanya predator atau pengganggu, bisa di mungkinkan ini gejala bahwa burung akan mengeram.(Baca Juga: Vitamin Herbal Untuk Lovebird)

2. Memandikan Tubuhnya Sendiri

Tanda bahwa burung lovebird akan mengeram dapat anda lihat dari caaranya yang memandikan tubuhnya sendiri di tempat minumnya. Beberapa orang banyak yang berpengalaman disini, yakni mendapati burungnya memandikan tubuhnya di tempat minum dan keluar dari glodok sembari beberapa saat kemudian mengeram.

3. Burung Jantan Sering Masuk Keluar Glodok

Memang hanya betina yang bisa bertelur dan mengeram, namun tanda-tandanya bisa anda kenali pula dari sikap si indukan jantan. Apabila terlihat si indukan lovebird jantan sedang masuk keluar glodok, bisa di artikan kemungkinan besar sang betina sedang akan mengeram. (Baca Juga: Manfaat Pakan Perkutut Untuk Lovebird)

4. Betina dan Jantan Meloloh Anaknya

Kedua indukan lovebird yakni jantan ataupun betina, keduanya akan terlihat meloloh anaknya sebagai salah satu tanda bahwa akan mengeram. Tidak jauh-jauh seperti kucing yang mana ketika akan melahirkan seekor anakan kucing maka beberapa hari sebelum melahirkan akan menciumi anaknya yang sudah terlebih dulu ada. Inilah tanda yang sama pada burung lovebird, yakni meloloh anaknya makanan sebagai suatu tanda akan mengeram.

5. Gacor Beberapa Hari Sebelum Mengeram

Untuk tanda Burung Lovebird yang sedeang mengeram dapat diketahui dua hari sebelumnya yang lebih gacor. Artinya jarak antara dua sampai dengan tiga hari kemudian burung akan mengeram. (Baca Juga: Cara Mengatasi Gestang Pada Burung Lovebird)

6. Lebih Diam

Selanjutnya tanda bahwa burung sudah benar-benar mengeram dapat anda ketahui dari sikapnya yang mulai tenang dari beberapa hari sebelumnya. Ketika sang burung sudah mulai mengeram maka tidak akan terdengar celoteh lagi, karena lovebird sudah mulai fokus pada eramannya.

7. Lebih Agresif

Burung cinta yang sedang mengeram akan mempunyai sifat lebih agresif. Artinya tak jauh-jauh seperti ayam yang sedang mengerami telurnya, jika terganggu oleh manusia akan marah. Demikian juga burung cinta tersebut yang akan menampakkan kemarahannya jika sedikit saja merasa terganggu oleh manusia disaat sedang mengeram. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kegemukan Pada Burung Lovebird)

8. Merontokkan Bulu

Proses merontoknya bulu burung akan di sebut dengan istilah mabung, yang terjadi karena sesuatu hal atau memang sudah waktunya mabung. Namun tanda bahwa burung cinta sedang mengeram yakni dapat di lihat dari bulunya yang mulai rontok.

Sejauh ini memang banyak yang mempunyai burung dirumah untuk di pelihara, namun yang sengaja untuk berbisnis masih cukup kecil. Jadi persaingan bisnis burung di luar sana masih sangat minim. Bukanlah ini menjadi peluang bagus untuk anda yang ingin memanfaatkan waktu luang? Apalagi bisnis lovebird saat ini cukup menguntungkan sekali, mengingat banyak peminatnya di luaran sana.

Perlu untuk diketahui bahwa dalam beternak burung harus mempunyai jiwa penuh kasih dan sayang agar memberikan perawatan terbaik. Selain itu melakukan semua ini memang harus penuh dengan ketlatenan. Berikut yang harus anda lakukan untuk sang burung:

  • Rajin memandikan
  • Rajin menjemur untuk mendapatkan vitamin D
  • Memberikan extra food atau makanan tambahan
  • Memberikan vitamin tambahan
  • Memberikan buah-buahan segar

Demikianlah tanda Lovebird sedang mengeram yang harus anda ketahui, semoga artikel ini bermanfaat.

, , , , ,
Post Date: Friday 07th, June 2019 / 07:52 Oleh :
Kategori : Burung