Sponsors Link

8 Tanda Telur Lovebird Tidak Menetas

Lovebird atau burung cinta merupakan salah satu jenis burung yang banyak di temui, banyak anda ketahui baik secara langsung ataupun hanya sebatas sebutan. Tetapi pada faktanya burung ini memang cukup banyak di pelihara dan dijadikan ternakan di rumah, tidak jarang ada yang di jalankan sebagai bisnis. Bagaimana dengan anda sendiri?

Tentunya menjalankan sebuah bisnis itu menyenangkan, apalagi dibidang kicau seperti ini. Mengingat bahwa sekarang ini banyak yang memelihara burung sebagai ternakan. Orang yang menyukai dunia burung seperti ini di sebut dengan Kicau Mania, dan mungkin anda salah satu termasuknya.

Menjalankan ternak burung cinta ini harus di dasari dengan sikap penuh kasih sayang dan telaten. Dengan begitu maka hasil atau kualitas burung juga semakin memuaskan. Salah satu hal terpenting dalam budidaya atau bisnis ternak burung cinta ini adalah dengan memperbanyak jumlah hasil dari indukan lovebird. Bagaimana caranya? Tentu saja banyak langkah-langkah yang bisa membantu anda supaya burung cinta tersebut mampu menetaskan banyak telurnya. (Baca Juga: Vitamin Herbal Untuk Lovebird)

Sayangnya sejauh ini masih banyak yang di keluhkan dengan masalah pada telunya, misalnya yakni tidak menetas. Ketahuilah tanda telur Lovebird tidak menetas berikut ini:

Tanda Telur Lovebird Tidak Menetas

1. Telah di Erami Selama 25 Hari

Untuk tanda pertama yang dapat Anda ketahui adalah dengan lamanya di erami namun tak kunjung menetas. Ini menjadi salah satu tanda yang dominan dan harus anda ketahui. Hal yang paling umum jika sudah lama bertelur tetapi tidak kunjung menampakkan tanda-tanda menetas.

Biasanya waktu yang sudah menunjukkan bahwa lovebird tidak menetaskan telurnya yakni lamanya di erami 25 hari. Jadi, anda sudah tidak perlu menunggu lama lagi jika ternyata pada 25 hari telur sang burung tak kunjung menetas.

2. Telur Terasa Ringan

Tanda yang kedua jika telur lovebird tidak menetas adalah ringan. Ya, telur burung cinta yang tidak menetas dapat diketahui bahwa beratnya tidak seperti pada umumnya atau sangat ringan sekali. Artinya di dalam telur tidak ada isinya, alias kopong.

Selain itu, telur yang ringan ketika dibawa mengindikasikan bahwa cairan dalam telur tersebut menyusut lantaran suhu terlalu panas, sehingga cairan kuning dan putih dalam telur menguap, dan pada akhirnya telur akan terasa ringan bila dipegang. (Baca Juga: Manfaat Terapi Mandi Es Untuk Lovebird)

3. Tidak Ada Bayangan Kuning

Telur burung lovebird yang tidak menetas dapat diketahui dari cara menerawang, yakni apabila di teropong terlihat polos dan tidak ada bayangan kuning / gelap di dalamnya. Bisa anda lihat dari semua telur-telur unggas yang mana jika berisi maka akan terlihat adanya bayangan. Akan tetapi dalam melakukan cara berikut Anda membutuhkan pencahayaan yang cukup, agar bisa terlihat dengan jelas.

4. Telur Terlihat Retak

Tanda berikutnya yakni akan menampakkan sebuah keretakan. Telur akan menunjukkan sebuah retak-retak yang artinya tidak akan mampu menetas. Namun tidak semua jika telur burung meretak artinya tidak mampu menetas, terkadang ada faktor lain yang memengaruhinya. Misalnya yakni ketika akan menetas tersandung sesuatu atau terbanting atau tersenggol anda sendiri yang membuat telurnya menjadi retak.

5. Telur Tertimbun Induk

Jika telur burung lovebird terlihat tertimbun oleh induknya sendiri, bisa jadi dan kemungkinan besar tidak akan menetas. Hal ini harus anda kenali lebih awal, sehingga bisa mengantisipasi berikutnya. Tidak menetas bukan berarti tidak berisi, mungkin saja di dalamnya ada isinya tetapi memang sudah tidak bisa menetas alias rusak. (Baca Juga: Jenis Lovebird yang Banyak Diminati)

6. Telur Dimakan Induknya Sendiri

Telur di makan induknya sendiri maka sulit atau bahkan tidak bisa menetas. Hal ini sudah biasa terjadi pada beberapa unggas, bahkan ayam pun bisa memakan telurnya sendiri. Salah satu alasannya yakni bisa jadi burung tersebut mengalami stress sehingga membuatnya mampu memakan telurnya sendiri.

7. Telur Membusuk

Tanda selanjutnya bahwa telur burung cinta tidak menetas yakni kondisinya yang sudah membusuk. Ciri ini dapat anda ketahui dari aromanya, jika tercium bau menyengat atau tidak enak artinya ada masalah pada telurnya dan mungkin saja tidak menetas.

8. Warna Telur Pucat Atau Membiru

Apabila telur burung lovebird anda di temukan dalam keadaan membiru atau tidak seperti biasanya (pucat) kemungkinan besar yang terjadi adalah tidak menetas. Sejauh ini banyaknya kasus persoalan telur yang tidak menetas dapat diketahui dari warnanya yang berbeda dari biasanya. (Baca Juga: Cara Lovebird Bertelur Banyak)

Sebagai pembudidaya, tentunya kasus seperti ini memang harus anda ketahui lantaran cukup penting. Karena setiap poin yang di sebutkan di atas tentu saja ada penyebabnya masing-masing, jika tidak di tangani maka akan berdampak buruk pada kualitas hasil anakan burung lovebird nantinya.

Inilah alasan mengapa di sebutkan bahwa pentingnya peternak burung harus mempunyai jiwa kasih sayang dan telaten. Karena jika tidak bersungguh-sungguh akan membuang waktu dan tenaga serta uang saja. Demikian tanda telur Lovebird tidak menetas yang telah di sampaikan, semoga bermanfaat.

, , , , , , ,
Post Date: Wednesday 05th, June 2019 / 07:26 Oleh :
Kategori : Burung