Sponsors Link

8 Cara Lovebird Bertelur Banyak dan Menguntungkan

Sponsors Link

Burung saat ini menjadi peliharaan sebagian besar orang di negeri ini. Mereka pecinta burung biasanya di kenal dengan Kicau Mania. Apakah anda juga termasuk salah satu kicau mania tersebut? Luangkan sedikit waktu untuk menyimak artikel tentang cara Lovebird bertelur banyak disini.

ads

Lovebird merupakan salah satu jenis burung yang umum diketahui, alias tidak asing. Bagi anda yang mungkin masih awam mengenalnya, burung ini adalah burung cinta yang pengambilan namanya dari karakter si burung itu sendiri. Ya, lantaran burung lovebird mempunyai kesetiaan pada pasangan serta karakternya yang suka berdampingan satu sama lain membuatnya di kenal dengan nama burung cinta atau lovebird.

Apabila dijual, burung ini akan laku besar / mahal jika perawatannya telah di lakukan dengan benar. Maksudnya yakni burung lovebird yang mendapat perawatan baik akan mempunyai kualitas memuaskan mulai dari segi suara alias gacor yang keren dan fasih sampai dengan bulu burungnya. Mengingat saat ini banyak yang mengesampingkan semuanya demi burung yang mempunyai gacoran mumpuni. (Baca Juga: Vitamin Herbal Untuk Lovebird)

Sedangkan untuk berbisnis, tentunya lovebird yang semakin banyak akan menguntungkan sekali. Jadi, jika anda ingin menjalankan bisnis kicau lovebird perbanyak terlebih dahulu ternakan anda. Lantas bagaimana cara agar Lovebird bisa bertelur banyak? Untuk mengetahuinya, anda bisa menyimaknya dari daftar poin berikut:

Cara Lovebird Bertelur Banyak

1. Jangan Sering Perlihatkan Lalu Lalang Manusia

Untuk cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk menghasilkan telur banyak dari burung Lovebird ini adalah dengan tidak terlalu sering memperlihatkan lalu lalang manusia dengan burung cinta tersebut. Secara tidak langsung hal ini sangat berpengaruh pada potensi hasil telur sang burung. Sebagaimana yang anda ketahui jika seekor burung terlalu sering melihat aktivitas manusia akan memengaruhi spikisnya yang berujung stres. (Baca Juga: Manfaat Terapi Mandi Es Untuk Lovebird)

2. Jauhkan Dari Kebisingan

Langkah selanjutnya yang termasuk cara lovebird bisa bertelur banyak yakni dengan menjauhkan dari kebisingan. Misalnya adalah dengan menempatkan sangkar atau kandang lovebird di pekarangan rumah atau belakang rumah. Karena cara ini lah yang cukup efektif membuat sang burung tidak begitu mendengar suara atau celoteh di luaran sana, termasuk motor. Efeknya tidak jauh-jauh seperti poin pertama yakni akan stress jika terlalu sering di hadapkan dengan kebisingan.

3. Berikan Asupan Nutrisi Lebih

Dengan memberikan asupan nutrisi lebih pada lovebird, maka hal itu bisa membantu produksinya. Adapun yang bisa anda berikan adalah seperti kangkung dan jagung muda (kalau bisa 50% yang dimakan setiap harinya adalah jagung dan kangkung) untuk hasil terbaik. (Baca Juga: Jenis Lovebird yang Banyak Diminati)

4. Pembuatan Sangkar Tertutup

Usahakan untuk membuat sangkar burung cinta tertutup, hal ini bertujuan agar antara lovebird satu dengan yang lainnya tidak saling melihat satu sama lainnya. Intinya seperti ini adalah untuk mencari fokus setiap burung agar bisa bertelur banyak.

Sponsors Link

5. Pembuatan Sarang Tertentu

Jika kebanyakan sarang burung yang anda ketahui adalah dari jerami, maka kali ini agar burung lovebird mampu bertelur banyak adalah dengan membuatkan sarang dari serutan kayu. Tujuan ini yakni untuk membuat lebih aman dan mudah saat masa pengeraman si burung nantinya. Hal ini harus anda fikirkan jika ingin mendapatkan anakan lovebird lebih besar. (Baca Juga: Jenis Makanan Peningkat Birahi Lovebird)

6. Pastikan Mendapat Udara Alami

Lovebird harus di pastikan dapat menghirup udara atau angin yang paling alami, bukan di ruang tertutup. Hal ini bisa anda siasati dengan meletakkan sangkar burung di luar dari pagi sampai dengan jam 8 malam. Barulah untuk di atas jam 8 bisa di masukkan kerumah, atau tetap di luar namun dengan catatan benar-benar aman dan dalam posisi di kerodong. Udara yang lebih alami membuat lovebird merasa berada di alam bebas sehingga jauh dan lupa dari stress.

7. Vitamin Perangsang

Berikan obat atau vitamin perangsang untuk lovebird, tujuannya agar mudah dan cepat untuk birahi. Karena ini adalah salah satu faktor pendukung dominan burung lovebird bertelur banyak.

8. Berikan Pakan Tambahan

Salah satu cara yang juga tidak lupa untuk dilakukan yakni memberikan pakan tambahan seperti buah-buahan, pepaya, pisang, tomat dan beberapa jenis lainnya. Mengapa harus di berikan? Karena sumber nutrisi bukan saja dari vitamin seperti obat-obatan, melainkan dari buah-buahan lantaran lebih alami. Dengan tersuplainya vitamin dengan baik maka kondisi burung akan sehat dan mampu menghasilkan telur lebih banyak. (Baca Juga: Tips Memilih Sangkar Lovebird)

Dari 8 cara di atas mungkin ada yang kurang anda lakukan sehingga kualitas bertelur lovebird tidak cukup memuaskan. Dalam perawatan burung memang tidaklah mudah, harus dilakukan dengan telaten dan benar-benar tepat. Oleh karena itu sebelum melakukan bisnis ternak lovebird maka pelajari tata cara yang sebenarnya agar bisa mendapatkan burung dengan jumlah telur lebih banyak.

Dari sini apakah ada pertanyaan? Sepertinya sudah cukup jelas, 8 cara Lovebird bertelur banyak. Demikianlah artikel yang bisa di sampaikan mengenai budidaya burung cinta, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , , ,
Post Date: Monday 03rd, June 2019 / 03:34 Oleh :
Kategori : Burung