Sponsors Link

10 Jenis Makanan Peningkat Birahi Lovebird

Sponsors Link

Birahi adalah kondisi burung yang siap kawin, seperti halnya binatang lain yang perlu untuk berkembangbiak. Birahi pada lovebird biasanya ditandai dengan sikap agresif burung dalam kandang. Sebagai pecinta lovebird yang baik, kita perlu mengetahui bagaimana ciri-ciri burung yang siap kawin. Kewajiban kita sebagai pemelihara burung adalah menyediakan pasangan yang tepat bagi hewan peliharaan kita.

ads

Baik dalam penangkaran ataupun hanya dalam kandang, kita perlu memperhatikan kebutuhan biologis hewan peliharaan kita slaah satunya dengan memberikan makanan yag terbaik agar cepat birahi. Berikut 10 Jenis Makanan Peningkat Birahi Lovebird. (Baca juga : cara mengobati suara serak pada burung)

1. Biji bijian

Bili bijian sering disebut sebagai sumber protein dan sumber birahi yang merupakan salah satu komponen dari makanan penguat burung lovebird. Apa lagi kulitnya sangat baik untuk membantu burung lovebird dalam mencerna makanannya. Beberapa biji bijian yang disukai burung lovebird antara lain jagung, pedi, kacang tanah, kacang hijau, dan jawawut. (Baca juga : cara burung walet cepat menginap)

Alangkah baiknya apabila sebelum diberikan burung lovebird, biji bijian dicuci agar semua kotoran serta biji hampa dapat terbuang. Pada saat direndam dalam air biji hampa akun mengambang di atas permukaan sedangkan biji yang baik akan tenggelam. Setelah itu biji dijemur sampai kiring, kemudian ditampi untuk membuang dan kulit biji yang masih tersisa. Akhirnya biji yang sudah bersih dapat diberikan kepada burung lovebird. (Baca juga : jenis hama yang sering menyerang kambing etawa)

2. Jagung

Bagi para pencinta burung lovebird, pakan jagung dalam bentuk tongkol maupun pipilan mudah diperoleh di mana mana, dari pasar burung lovebird sampai pasar tradisional biasa karena mampu meningkatkan birahi. (Baca juga : macam penyakit mata pada burung)

Tongkol jagung muda sangat disukai oleh burung lovebird berparuh bengkok seperti kakatua, nuri, parkit, dan bayan. Walaupun demikian, barung burung lovebird tersebut hanya memakan sebagian kecil dari biji, sisanya dibuang. Sebaliknya, merpati. perkutat. dan kenari lebih menyuki jagung bentuk pipilan yang sudah dipecah ditumbuk kasar. (Baca juga : cara memberantas hama pada tambak ikan bandeng)

3. Padi

Padi Oryza sativa tentu sudah tidak asing dalam kehidupan sehari hari. Sudah sejak zaman dahulu padi diadakan sebagai makanan burung lovebird untuk meningkatkan birahi. Padi dibedakan menjadi tiga macam, yaitu gabah, beras, dan menir.

4. Gabah

Secara umum butir butir padi yang masih ditutupi dan dilindungi oleh sekam kita sebut sebagai gabah. Gabah sering djadikan sebagai pakan burung lovebird pipit, gelatik, kenari, merpati, puter dan perkutut untuk meningkatkan birahi. Di kalangan penggemar burung lovebird sudah sejak lama dikenal gabah jenis lain, yaitu gabah lampung. Gabah lampung berbentuk kecil dan agak bulat dengan kulit berwarna kuning agak helus. Dalam hal kualitas gabah yang baik adalah yang berisi, jika ditekan terasa padat dan tidak keropos.

5. Beras

Apabila gabah digiling dan ditumbuk tampaklah bagian dalam  nya yang disebut beras. Permukaan beras ditutupi oleh selaput tipis yang dapat menentukan warna dari bulir beras. Selaput ini mengandung protein, vitamin, karbohidrat, mineral, dan lemak untuk meningkatkan birahi.

Sponsors Link

Berdasarkan warna selaputnya, beras dibagi menjadi tiga macam, yaitu beras putih, beras merah, dan beras ketan hitam walaupun warna bagian luarnya berlainan, tetapi ketiga jenis beras tersebut dibelah bagian dalamnya terlihat berwarna putih bersih. Beras pada umum bertentuk lonjing agak mengilap dan publis dalam keadaan kering sukar dipatahkan oleh jari karena liat.

6. Menir

Menir merupakan hasil penggilingan beras yang berbentuk pecahan beras berukuran kecil untuk meningkatkan birahi. Menir dapat berasal dari beras putih beras merah, dan beras ketan hitam. Pecahan beras ber ukuran kecil ini sering diberikan pada burung lovebird parkit merpati. gelatik dan perkutut. Di pasar burung lovebird atau kios pakan menir dijual dalam suatu kemasan dengnn harga yang relatif lebih murah dibandingkan beras.

7. Kedelai

Biji kedelai (Glycine max) sudah dikenal secara luas sebagai salah satu makanan manusia. Namun, kadang kala biji kedelai diberikan sebagai makanan burung lovebird merpati, perkutut, dan kenari untuk meningkatkan birahi.

ads

Biji kadelai juga digunakan sebagai salah satu komponen pakan campuran yang dimasak menjadi bubur bersama biji – bijian yang lain. Karena ukuran kedelai relatif besa sebelum diberikan kepada burung lovebird, kita tumbuk kasar agar burung lovebird bisa dengan mudah memakannya.

8. Kacang hijau

Seperti namanya biji kacang ini pun berwarna hijau kusam hingga hijau mengilap. Namun, ada pula yang berwarna kuning, kecoklatan dan hitam. Kacang hijau (Phaseolus vulgaris) selain dikonsumsi manusia. juga biasa digunakan sebagai pakan burung lovebird merpati, puter. kenari. dan tekukur untuk meningkatkan birahi. Biji ini merupakan sumber vitamin B dengan sedikit kandungan vitamin A, C dan D.

9. Kacang tanah

Di antara jenis kacang kacangan, kacang tanah (Arachis hypogaea) mengandung kadar lemak paling tinggi untuk meningkatkan birahi. Karena itu penggunaannya sebagai pakan harus secara hati hati, jangan terlampau banyak diberikan pada burung lovebird.

10. Sorgum dan Jewawut

Biji sorgum (Sorghum vulgare) sering digunakan sebagai campuran pakan burung lovebird merpati dan dapat menggantikan jagung dan padi untuk meningkatkan birahi. Walaupun demikian, biji sorgum agak sulit ditemui di pasaran karena penanamannya masih terbatas, tidak seperti halnya jagung dan padi.

Biji sorgum berukuran 0,8 3,5 mm dengan bentuk yang berpariasi dari bulat, bulat lonjong, hingga bulat pipih. Jika biji di tekan akan terasa keras, namun ada juga yang lembek dan tidak terlalu tebal, dalam keadaan tertutup rapat seluruh permukaannya tertutup sebagian atau bahkami tidak sama sekali.

Jewawut (Panicum italia) mudah dijumpai di kios maupun di pasar burung lovebird untuk meningkatkan birahi. Pakan ini sering diberikan pada burung lovebird dalam bentuk malai atau pipilen. Beberapa burung lovebird seperti puter, pipit, gelatik, perkutut, parkit, merpati, dan kenari sangat lahap bila makan bii ini.

Malai jewawut berbentuk seperti silinder, padat, tebal, dan berbulu. Biji yang terdapat dalam malai mempunyai bermacam – macam warna putih, putih pucat, kuning, kuning terang, kuning kemerahan, hijau, ungu tua, warna campuran.

Nah, selamat beternak ya, jangan lupa berikan makanan bergizi dan sehat agar burung lovebird anda cepat birahi sehingga cepat menghasilkan telur dan memberikan keuntungan maksimal, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Friday 12th, April 2019 / 01:47 Oleh :
Kategori : Burung