Sponsors Link

8 Tips Memilih Sapi untuk Kurban yang Baik dan Sesuai Syariat Islam

Berkurban sudah menjadi sunnah bagi seluruh umat islam, bagi yang tidak melaksanakan ibadah haji maka di lakukan hari raya idul adha yang terjadi setiap tanggal 10 Dzul Hijjah. Oleh karena itu, di dalam islam di sunnahkan melakukan kurban, meskipun tidak semuanya.

Hal ini di sarankan bagi golongan yang mampu, dengan tujuan sebagai salah satu bentuk rasa syukur terhadap Allah SWT atas limpahan rizki. Selain itu, berkurban juga menenangkan hati, karena bisa berbagi dengan sesama yang lebih membutuhkan. Oleh karenanya hal ini harus di lakukan dengan hati yang bersih alias ikhlas, dan tidak setengah-setengah niatnya.

Dari beberapa hewwan besar yang ada, beberapa yang bisa dijadikan sebagai kurban adalah kambing, sapi, unta dan kerbau. Akan tetapi umumnya yang di temui di dalam kehidupan sehari-hari di Indonesia yakni sapi dan kambing yang mendominasi. Lantaran kali ini akan di sampaikan mengenai beberapa tips memilih sapi untuk kurban yang benar dan tepat, untuk itu lupakan sejenak mengenai kambing. (Baca Juga: Perawatan Sapi Wagyu Jepang)

Sapi adalah salah satu hewan ternak yang sering dijumpai, dan banyak juga untuk kurban. Seringnya anda menjumpai daging sapi di kurbankan, dan mungkin saat ini sedang memikirkan untuk berkurban. Nah, di dalam bab kurban ini tidak bisa di lakukan secara sembarangan. Ada tata cara yang harus di perhatikan, termasuk tips pemilihan Sapi yang baik dan sesuai syariat islam. Berikut yang bisa anda simak:

Tips Memilih Sapi untuk Kurban

1. Terpercaya

Salah satu tips yang paling penting adalah, anda harus mencari peternak atau penjual terpercaya. Hanya dari sinilah awal anda bisa mendapatkan sapi yang bagus, mulai dari fisik atau psikis. Terkadang banyak orang yang hanya berusaha melihat sapi dari luarnya saja, dan menemukan peternak yang kurang menyampaikan lebih detail kondisi sang hewan. (Baca Juga: Cara Mengatasi Sapi Stres)

2. Gemuk

Pilihlah sapi yang terlihat besar, gemuk, mengapa? Karena setiap orang pasti menginginkan sapi yang besar ketimbang kurus. Lagipula untuk kurban sebaiknya memang harus menggunakan sapi dengan bobot lebih besar dibandingkan yang kurus.

3. Tidak Sakit

Tips pemilihan untuk Sapi Kurban yang ketiga ini adalah tidak sakit. Di maksudkan adalah jika sapi tidak sedang diare, cacingan atau segala bentuk penyakit yang lain. Karena syarat hewan yang bisa di kurbankan haruslah sehat. Sakit yang di maksud bukan saja kondisi dalam, namun juga luarnya seperti kaki sedang terluka atau borokan.

4. Tidak Cacat

Kondisi fisik sapi juga harus sehat, yakni tidak cacat. Sekecil apapun cedera yang di alami si sapi, anda tetap harus memilih sapi yang sehat dan sama sekali tidak ada kecacatan sekecil apapun. Mungkin yang di maksud seperti bibir sumbing, mata rabun, kaki terbata-bata, atau semua fisiknya yang tidak normal. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Lalat Pada Sapi)

5. Nafsu Makan Baik

Tips berikutnya adalah memilih sapi yang mempunyai nafsu makan baik, yakni antusias sekali. Selain bagus untuk kelangsungan mendekati masa dimana akan di kurbankan juga sekaligus sebagai tanda bahwa sapi yang anda pilih cukup sehat. Jadi, pilihlah sapi yang terlihat lahap dengan makanan.

6. Lincah

Kelincahan sapi juga termasuk sebagai salah satu tips memilih yang benar, jangan sampai anda memilih atau mendapatkan sapi yang lemah dan lesu. Biasanya sapi yang kurang lincah akan mudah terserang sakit, dan ujung-ujungnya tidak bisa di jadikan untuk kurban.

7. Usia Sudah Memenuhi

Tips memilih sapi ketujuh adalah dengan memastikan bahwa usianya sudah layak dan sesuai dengan ketentuan kurban yang berlaku. Tidak sembarangan usia sapi bisa anda kurbankan, karena sama saja dengan melanggar ketentuan. Pastikan bahwa usia sapi sudah matang dan layak untuk di kurbankan. (Baca Juga: Cara Mengatasi Sapi yang Susah Minum)

8. Bukan Hasil Pemberian

Sapi yang akan anda jadikan kurban harus benar-benar dari anda sendiri, baik hasil ternakan atau membeli. Jangan sampai anda memberikan sapi untuk kurban dari hasil pemberian orang lain ataupun saudara, itu tidak boleh. Berkurban harus benar-benar dari anda sendiri dan milik anda, oleh karena itu di butuhkan keikhlasan besar karena ini untuk kebaikan dunia dan akhirat.

Setelah di sampaikan mengenai 8 tips memilih Sapi untuk Kurban di atas, pastinya anda kini semakin tahu beberapa larangan untuk kurban dan beberapa hal yang menjadi syarat atau ketentuan berkurban. Kesimpulannya, berkurban tidak bisa sembarang sapi, serta harus jelas keberadaan sapi tersebut darimana. Pastikan sapi tersebut juga hasil ternak, bukan di temukan liar.

Keindahan di dalam melaksanakan kurban, hati senantiasa damai dan merasa bahagia atas segala nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Selain itu, orang-orang juga merasa bahagia atas pembagian daging kurban tersebut, yang penting hal ini harus di lakukan dengan ikhlas dan sepenuh hati, tanpa paksaan atau hanya sekedar ingin mendapat pujian. Demikian yang bisa di sampaikan, semoga bermanfaat.

, , , , , ,
Post Date: Monday 15th, July 2019 / 05:50 Oleh :
Kategori : Sapi