Sponsors Link

7 Cara Merawat Kacer Rumahan Agar Rajin Bunyi

Banyak sekali jenis burung yang telah di budidayakan, salah satunya yakni kacer yang sudah tidak asing lagi di dengar. Burung kacer merupakan salah satu jenis burung yang suka berkicau, dan mempunyai postur tubuh cukup kecil. Kacer sendiri mempunyai nama lain yaitu kucica atau dalam bahasa latinnya adalah copsychus sularis. Kacer tergolong jenis burung keluarga murai, dengan ciri fisiknya adalah hitam dan putih mempunyai ekor yang cukup panjang.

Burung kacer sendiri termasuk jenis burung yang aktif dalam bergerak untuk mencari makanan sendiri. Umumnya sang kacer akan mencari makanan di pohon kelapa, pohon randu, pohon pisang, sampai dengan ranting pohon kering. Jenis burung kacer ini banyak di temukan di daerah Asia Selatan dan Asia Tenggara. Burung kacer juga merupakan salah satu jenis burung yang langka lantaran penangkapannya berlebihan untuk dipelihara.

Secara garis besar burung ini sangat indah, dan mampu berkicau merdu nantinya. Jadi bukan suatu kesalahan jika anda ingin memeliharanya. Karena burung kacer bisa di jual dengan harga yang lumayan mahal apabila kualitas dari hasil perawatan yang anda berikan bagus. Nah, untuk itu jika anda ingin sekali memelihara burung ini maka lakukan dan berikan perawatan yang terbaik, baik untuk membuat bulu indahnya tumbuh lebat maupun agar sang burung mampu gacor lantang. (Baca Juga: Tanda Indukan Kacer Betina Bertelur)

Oleh karena itu pada kesempatan ini akan di sampaikan mengenai bab cara merawat Kacer rumahan agar rajin Bunyi. Berikut bisa anda simak:

Cara Merawat Kacer Rumahan Agar Rajin Bunyi

1. Pemberian Pakan dan Minum Burung Kacer

Pemberian pakan dan minum sudah menjadi kewajiban dan yang harus di lakukan setiap hari. Ini merupakan salah satu langkah penting sebagai cara merawat burung kacer itu sendiri. Ada dua jenis makanan yang bisa diberikan untuk burung kacer yaitu pakan alami dan pakan buatan. Pakan alami yang bisa anda berikan yakni cukup beragam, seperti jangkrik, belalang, orong-orong, kroto, ulat bambu, ulat Hong Kong, dan cacing tanah. Sementara untuk jenis pakan buatan burung kacer adalah racikan voer dan semacamnya.

2. Memandikan dan Menjemur Burung Kacer

Selain memberikan pakan dan minum, perawatan kacer selanjutnya juga termasuk memandikan dan menjemurnya. Memandikan burung kacer juga akan membuatnya lebih berkicau dengan lantang serta merdu. Namun untuk cara memandikannya harus di perhatikan, meskipun terbilang cukup mudah yaitu disemprot air menggunakan sprayer dengan menseting sprayer mengeluarkan air yang lembut.

Semprotkan secara perlahan dan merata ke seluruh tubuh burung kacer. Sedangkan untuk waktu yang tepat memandikan burung kacer adalah diantara pukul 8 pagi sampai dengan 10 pagi. (Baca Juga: Cara Menjinakkan Burung Kacer Liar)

3. Pemberian Vitamin Tambahan

Berikan vitamin tambahan untuk sang burung, karena guna menutrisi serta membuatnya rajin gacor juga memerlukan vitamin tambahan. Bisa anda beli di kios pakan burung, atau dengan rutin memberikannya buah-buahan segar sebagai selingan pakan sehari-hari. Adapun beberapa jenis buah yang bisa diberikan yakni seperti pisang, pepaya, apel, sampai dengan tomat.

4. Pembersihan Kandang

Selain faktor kebersihan tubuh kacer itu sendiri, cara merawat burung kacer selanjutnya yang patut juga untuk diperhatikan adalah kebersihan lingkungan tempat kacer itu tinggal atau kandangnya. Kandang yang bersih akan menghindarkan burung kacer dari berbagai serangan penyakit yang berasal dari jamur serta bakteri.

Kacer yang sehat akan memperlihatkan gerakan yang gesit, lincah, dan aktif dalam berkicau dan nafsu makan yang baik. Apabila burung kacer berperilaku seperti ini, bisa jadi juga menandakan bahwa kacer tidak stress dan merasa nyaman tinggal di kandangnya. Oleh karena itu menjaga kebersihan kandang adalah tips yang sangat penting tidak bisa di abaikan. (Baca Juga: Manfaat Mandi Air Garam Untuk Kacer)

5. Penempatan Kandang yang Kondusif

Kacer adalah salah satu jenis burung yang mudah sekali mengalami stres jika diletakan di tempat yang ramai. Jika stres terjadi maka ia tidak akan berkicau dan tidak bergerak secara aktif, bahkan parahnya lagi akan mudah terserang penyakit. Burung kacer memang jenis burung yang menyukai tempat yang tenang dan jauh dari keramaian, ini perlu anda cermati betul jika memeliharanya.

Akan tetapi perlu anda garis bawahi juga, apabila ingin menggunakan burung kacer Anda sebagai lomba berkicau, maka anda pun juga harus melatih mentalnya agar bisa disandingkan dengan burung-burung yang lain dalam kompetisi.

6. Pemasteran Burung Kacer

Untuk cara merawat yang keenam ini adalah dengan rajin melakukan pemasteran. Apabila burung kacer sudah terbiasa dengan lingkungannya, cobalah untuk memasterkan kicauan burung kacer yang anda miliki. Caranya yaitu dengan mendekatkan atau meletakkan burung kacer berdampingan dengan burung lain yang memiliki kicauan yang lebih merdu, atau yang lebih berkicau agar mudah dan cepat tersugesti untuk ikut berkicau. Cara ini dapat anda coba di saat sore hari, karena suhu udara pada jam ini sangat pas dan tidak terlalu panas ataupun dingin. (Baca Juga: Manfaat Daun Binahong Untuk Burung Kacer)

7. Rajin Menggantang

Setiap pagi rajinlah untuk menggantang sangkar burung kacer di atas, yakni setiap pagi jam 6 sampai dengan jam 7 sebelum di mandikan.

Demikianlah 7 cara merawat Kacer rumahan agar rajin bunyi yang telah di sampaikan. Selamat mencoba dan semoga berhasil untuk membuat Burung Kacer Anda menjadi lebih terlatih dan pandai.

, , , , ,
Post Date: Tuesday 16th, July 2019 / 05:25 Oleh :
Kategori : Burung