Sponsors Link

Proses Perawatan Sapi Wagyu Jepang Yang Terkenal Berkualitas

Sapi wagyu menjadi salah satu jenis sapi yang sangat dikenal dan poluler dari negara Jepang karena kualitas premium dari daging sapinya yang berbeda dibandingkan dengan kebanyakan daging sapi konsumsi lainnya. Untuk menghasilkan sapi yang memiliki kualitas daging premium dan berbeda dibandingkan sapi sapi biasanya tentu perlu proses perawatan yang harus dilakukan sejak sapi kecil. Perawatan yang rumit dalam menghasilkan sapi wagyu menjadikannya memiliki nilai harga jual yang jauh lebih mahal dibandingkan sapi pada umumnya. Berikut penjelasan mengenai beberapa proses perawatan sapi wagyu yang dapat diketahui dalam ulasan di bawah ini.

  1. Lokasi peternakan

Perawatan sapi Jepang yang dikenal dengan nama wagyu sangat eksklusif dalam memperhatikan segala hal yang berkaitan dengan kualitas sapi nantinya. Salah satu hal yang perlu diketahui dalam perawatan sapi wagyu Jepang adalah lokasi dari tempat peternakannya. Lokasi peternakan sapi wagyu berada di daerah pedesaan jepang yang jauh dari keramainan dan suasana kebisingan. Daerah kumamoto di kepulauan Kyushu wilayah negara Jepang merupakan salah satu lokasi peternakan sapi wagyu yang ideal. (Baca juga : cara ternak sapi sukses)

  1. Pengaturan kandang 

Dalam proses perawatan sapi wagyu jepang, pengaturan kondisi kandang sangat diperhatikan berkaitan dengan upaya untuk menjaga agar sapi selalu dalam kondisi yang nyaman saat berada di kandang. Suhu yang terdapat di dalam kandang harus diperhatikan dan dikontrol dengan benar agar sapi tetap merasakan kondisi yang nyaman sehingga tidak akan mengalami kedinginan maupun kepanasan. Aktivitas membersihkan kandang juga menjadi poin penting untuk selalu dilakukan secara rutin. (Baca juga : cara menghilangkan kutil pada sapi)

  1. Pakan dan minuman untuk sapi wagyu

Selain fakor luas seperti kandang dan lokasinya yang perlu diperhatikan dengan baik dalam proses perawatan sapi Jepang Wagyu, pakan dan minuman yang diberikan juga sangat menentukan bagaimana hasil dari daging sapi tersebut sebagai faktor dari dalam. Pakan dan air minum yang diberikan kepada sapi wagyu adalah yang memiliki kualitas paling tinggi dengan kontrol ketat sebelum dikonsumsi oleh hewan ternak tersebut. (Baca juga : cara mengatasi sapi susah buang air besar)

  1. Pengantian tanah kandang

Selain pengaturan suhu kandang yang disebutkan sebelumnya, tanah di dalam kandang harus diganti dengan tanah baru yang belum tercemar kotoran sapi setiap dua bulan sekali. Pergantian tanah kandang baru tersebut ditujukan untuk menjaga sirkulasi udara yang ada di dalam kandang selalu dalam kondisi yang baik. Udara segar yang selalu dihirup oleh sapi dapat menjadikan dagingnya berkualitas baik. (Baca juga : cara menggemukan sapi)

  1. Pemijatan dan perawatan lainnya

Bentuk perawatan sapi sapi wagyu dijepang yang sangat berbeda dengan sapi pada umumnya adalah adanya proses pemijatan pada tubuh sapi. Pemijatan yang dilakukan bertujuan untuk melemaskan otot pada tubuh sapi yang memang jarang bergerak dan menjadikan daging lebih berkualitas. Selain dipijat sapi wagyu juga diberi minum sake atau arak Jepang. Pemberian sake pada sapi yang memiliki sertifikat Halal tidak dilakukan. (Baca juga : cara memilih sapi betina yang baik)

Itulah beberapa penjelasan mengenai perawatan perawatan sapi wagyu jepang yang perlu diperhatikan dengan baik sehingga dapat menjadikan daging dari sapi wagyu memiliki kualitas yang tinggi dibandingkan daging sapi pada umumnya. Kualitas daging sapi wagyu yang tinggi dihasilkan dari proses perawatan yang rumit dan secara prinsip memperlakukan sapi wagyu bak seorang raja.

, ,




Post Date: Friday 05th, July 2019 / 03:38 Oleh :
Kategori : Sapi