Sponsors Link

Makanan Untuk Anakan Ular Pelangi Agar Tumbuh Dengan Baik

Perkembangan dunia hewan peliharaan sekarang ini bukan hanya jenis hewan yang lucu dan mengemaskan namun juga mulai populer hewan hewan ekositis seperti reptil dan ular yang bagi beberapa orang menakutkan. Salah satu jenis ular yang belakangan cukup populer di kalangan para pecinta hewan eksotis adalah jenis ular pelangi. Ular yang diberi nama pelangi karena lapisan sisiknya transparan dapat membiasa cahaya disekitranya menjadi pelangi. Dalam bahasa inggris, ular yang diberi naman sunbeam snake ini membutuhkan pakan tertentu terutama ketika masih dalam usia anakan. Berikut beberapa jenis makanan untuk anakan ular pelangi yang perlu diperhatikan dengan baik dalam penjelasan di bawah ini. (Baca juga : ciri ciri ular berbisa)

Tikus Sebagai Makanan Anakan Ular Yang Tepat

Seperti yang dijelaskan diatas, pemilihan jenis makanan merupakan hal yang harus diperhatikan dalam memelihara ular pelangi sejak anakan. Jenis makanan yang dirasa tepat untuk anakan ular adalah tikus kecil. Tidak semua tikus dapat digunakan sebagai makanan untuk anakan ular pelangi karena ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya seperti :

  • Ukuran dari tikus, ukuran tikus dapat dibagi dalam empat kelompok yakni pinkies yang merupakan tikus bayi seukuran jari kelingking, fuzzies untuk tikus bayi yang baru tumbuh bulu, hoppers untuk tikus yang mulai dewasa, dan tikus besar dewasa. Ukuran tikus yang dapat diberikan kepada anakan ular pelangi adalah pinkies dan fuzzies tergantung dari ukuran serta usia dari ular pelangi. (Baca juga : cara merawat landak mini yang baru lahir)
  • Kesehatan tikus, tingkat kesehatan dan kebersihan tikus serta resiko penyakit pada tubunya juga harus diperhatikan dalam memiliki tikus yang akan digunakna sebagai pakan anakan ular pelangi. Hal tersebut untuk mencegah kondisi berbahaya bagi anakan ular tersebut.
  • Kondisi tikus, kondisi tikus sebagai makanan ular perlu dipertimbangkan apakah memberikannya dalam kondisi yang hidup atau sudah dibekukan. Kedua kondisi tersebut memang boleh dan dibenarkan dalam proses perawatan ular pelangi namun sebaiknya tikus hidup menjadi prioritas agar anakan ular dapat berkembang dengan baik dan terhidar dari stres. (Baca juga : cara cepat ternak tikus putih)

Pakan Alternatif Untuk Anakan Ular Pelangi

Tikus memang masih menjadi pakan paling ideal yang cocok diberikan kepada anakan ular pelangi maupun jenis ular lainnya. Dalam kondisi tertentu dimana tikus tidak dapat menjadi pakan untuk ular pelangi maka ada beberapa pakan alternatif yang dapat diberikan kepada anakan ular tersebut diantaranya seperti :

  • Cicak, tektur dan ukuran cicak sangat cocok digunakan sebagai pakan untuk anakan ular pelangi meskipun secara kualitas dan kesukaan tidak dapat mengantikan tikus. Beberapa orang mungkin akan jijik dan sulit mendapatkan cicak dalam jumlah banyak sebagai pakan ular pelangi anakan. (Baca juga : cara memelihara kura kura kecil)
  • Ikan kecil, selain cicak ada alternatif lain yang lebih mudah diperoleh sebagai pakan untuk anakan ular pelangi yakni ikan kecil yang seukuran dengan tikus kecil atau mencit.  Pemberian makanan dengan ikan hidup dilakukan dalam bak air dan biaskan ular berenang didalamnya bersama ikan hidup tersebut. (Baca juga : penyebab ular malas makan)

Itulah beberapa penjelasan mengenai jenis makanan untuk anakan ular pelangi agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik hingga dewasa. Secara umum, tikus masih menjadi salah satu jenis makanan utama yang baik untuk ular dengan cicak dan ikan kecil sebagai alternatifnya.

 

, , ,




Post Date: Friday 05th, July 2019 / 03:31 Oleh :
Kategori : Reptilia