Sponsors Link

5 Cara Membuat Kandang Ular Yang Baik Dan Aman

Sponsors Link

Bagi para pecinta hewan, ada banyak jenis hewan yang dapat dipelihara dengan karakteristiknya sendiri sendiri. Jenis hewan peliharaan belakangan ini tidak hanya terpacu pada hewan dengan tingkah polah dan bentuk yang lucu saja namun ada beberapa pecinta hewan yang juga menyukai hewan hewan ekosits seperti reptil dan ular yang bagi sebagian orang merupakan salah satu fauna menakutkan. Berkaitan dengan hobi untuk memelihara ular maka ada satu hal yang perlu diperhatikan dengan baik yakni terkait kandang yang digunakan untuk tempat hidup ular tersebut. Berikut beberapa cara membuat kandang ular yang baik dan benar agar ular tetap dapat hidup didalamnya dalam penjelasan di bawah ini.

ads
  1. Kenali jenis ular yang akan dipelihara

Langkah pertama yang perlu diperhatikan sebelum membuat kandang untuk ular peliharaan adalah mengenali jenis ular apa yang akan dipelihara. Melalu pengenalan jenis ular tersebut maka setiap pemilik ular harusnya memahami karakteristiknya yang berbeda dengan ular lain termasuk memperhatikan apakah ular tersebut termasuk yang mudah jinak atau juga apakah memiliki bisa atau tidak. Pemahaman terkait kondisi ular ini akan sangat menentukan bagaimana kandang dibuat. (Baca juga : penyebab ular malas makan)

  1. Pemilihan bahan untuk kandang

Kandang untuk ular sebaiknya memang dibuat sesuai dengan habitat aslinya agar ular dapat hidup di dalam kandang dengan tenang. Pemilihan bahan kandang menjadi pertimbangan selanjutnya dalam cara membuat kandang ular yang baik. Bahan yang biasanya digunakan untuk membuat kandang ular adalah kaca, plastik, ataupun akrilik. Pemilihan bahan tersebut ditentukan tergantung dari jenis ular yang akan dipelihara termasuk ukurannya karena setiap bahan memiliki tingkat kekuatan yang berbeda beda. Kandang yang terbuat dari plastik dikenal lebih mahal dibadingkan kandang kaca karena tahan suhu panas dan lebih awet. (Baca juga : cara memelihara biawak di rumah)

  1. Menentukan ukuran dari kandang

Dalam cara membuat kandang ular yang baik maka penetapan ukuran kandang harus dilakukan sebelum kandang tersebut dibuat. Penetapan ukuran dari kandang ini harus memperhatikan ukuran dari ular dan seberapa besar maksimal ular tersebut dapat tumbuh agar tidak perlu menganti ganti kandang ketika ular sudah dewasa. Contoh ukuran kandang untuk ular garter sekitar 20 – 60 cm, sedangkan ulat piton sekitar 60 – 75 cm. (Baca juga : alasan ular jagung layak jadi peliharaan)

  1. Buat sketsa 

Setelah penetapan yang dijelaskan diatas sudah ditentukan terkait ukuran dari kandang dan bahan yang akan dipakai berdasar pemahaman terhadap jenis dan karakter ular yang akan dipelihara maka langkah yang harus dilakukan selanjtunya adalah membuat sketsa dari gambar kandang ular. (Baca juga : cara cepat ternak ulat kandang)

  1. Membangun kandang ular

Pembuatan kandang ular harus memperhatikan sketsa bentuk yang telah dibuat agar hasilnya sesuai dengan apa yang diharapkan. Membangun kandang ular dapat dilakukan sendiri maupu memesan pada penyedia jasanya. Segala bentuk peralatan kandang harus dipersipakan dan perlu dipastikan bahwa kandang memiliki ventilasi dan pintu yang rapat serta tidak ada bagian yang dapat melukai ular di dalam kandang. (Baca juga : cara memilih sangkar perkutut)

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara membuat kandang ular yang baik agar ular peliharaan dapat hidup dengan bebas dan berkembang di dalamnya. Sebagai hewan yang eksotis dan beberapa berbisa maka kandang harus dibuat sangat aman dan tidak mudah untuk ular keluar dari kandang tersebut secara leluasa.

Sponsors Link
, ,




Post Date: Friday 05th, July 2019 / 03:25 Oleh :
Kategori : Reptilia