Sponsors Link

5 Penyebab Ular Malas Makan Yang Perlu Diperhatikan

Sponsors Link

Di era modern sekarang ini, ada beberapa bentuk perubahan perilaku ke arah yang tidak wajah termasuk dalam hal hobi untuk memelihara hewan. Salah satu bentuk ketidakwajaran tersebut terletak pada jenis hewan yang dipeliharan tidak hanya melulu, anjing, kelinci, ataupun kucing. Salah satu hewan unik yang juga memiliki banyak peminat tersebut adalah ular. Sama halnya dengan ketika memelihara hewan peliharaan lainnya, permasalahan hewan yang malas makan dapat menyebabkan terjadinya masalah serius terhadap kesehatan. Berikut penyebab ular malas makan yang perlu diperhatikan sebagai salah satu faktor untuk dapat menentukan cara mengatasinya dalam penjelasan di bawah ini.

ads
  1. Proses ganti kulit

Dalam siklus hidup ular, proses ganti kulit menjadi salah satu aktivitas yang akan dijalani oleh ular dan merupakan hal yang normal bahkan baik untuk kesehatannya. Pergantian kulti tersebut menjadi salah satu penyebab ular malas makan yang pertama untuk perlu diperhatikan oleh setiap pemilik ular. Selepas proses pergantian kulit tersebut, nafsu makan ular seharusnya dapat kembali lagi dan jika kondisi nafsu makannya tetap kurang maka pasti ada permasalahan lain yang menjadi penyebabnya. (Baca juga : cara mengenali ular yang tidak berbisa)

  1. Kondisi kandang yang tidak sesuai habitat

Salah satu penyebab ular malas makan lainnya adalah karena kondisi kandang yang tidak sesuai habitat. Kondisi kandan yang tidak sesuai habitat tersebut menjadi salah satu permasalahan banyak reptil dan ular yang mengalami kondisi nafsu makan kurang. Contohnya ketika ular kobra tidak dipelihara pada kandang dengan alas tanahmaka kondisi tersebut tidak sesuai dengan habitat dan beresiko tinggi menyebabkan nafsu makan berkurang. (Baca juga : alasan ular jagung layak jadi peliharaan)

  1. Ular mengalami sakit pilek

Sakit pilek ternyata bukan hanya dapat terjadi pada manusia saja melainkan ular sebagai hewan peliharaan juga dapat terjangkit salah satu pernyakit yang sangat umum tersebut. Kondisi pilek dapat menyebabkan ular mengalami masalah nafsu makan yang berkurang. Untuk mengatasi kondisi ular yang mengalami pilek dapat dilakukan dengan cara menaruh irisan bawang di dalam kandang dan menjemur ular pada sinar matahari langsung. (Baca juga : cara merawat bunglon chameleon)

  1. Adanya kutu pada ular

Penyebab lainnya yang dapat menjadikan ular mengalami kondisi nafsu makan yang menurun adalah karena adanya kutu yang terlalu banyak pada kulit ular. Kutu tersebut dapat diatasi dengan cara melumuri seluruh bagian tubuh ular dengan kapur yang telah dihaluskan. Pelumuran tersebut harus dilakukan secara bertahap dan terus menerus hingga kutu benar benar hilang. (Baca juga : cara memelihara biawak di rumah)

  1. Kandang yang kotor

Selain kondisi kandang yang kurang sesuai dengan habitat asli dari ular, kondisi kandang yang kotor juga dapat menyebabkan ular mengalami masalah nafsu makan yang menurun. Penurunan nafsu makan akibat kondisi kandang yang kotor karena kandang kotor tersebut dapat memicu terjadinya berbagai penyakit pada ular seperti pilek dan munculnya kutu pada ular. (Baca juga : cara beternak kadal duri)

Itulah penjelasan mengenai penyebab ular malas makan yang perlu diperhatikan dengan baik oleh setiap pemilik hewan eksotis tersebut. Permasalahan nafsu makan pada ular tidak boleh dianggap menjadi keadaan yang sepele karena dapat memberikan dampak yang lebih besar ketika keadaan tersebut tidak kunjung diatasi secepat mungkin.

Sponsors Link
, ,




Post Date: Wednesday 10th, April 2019 / 06:15 Oleh :
Kategori : Reptilia