Sponsors Link

15 Cara Menghilangkan Kutil Pada Sapi

Sponsors Link

Penyakit pada hewan ternak seperti domba, kambing dan budidaya sapi potong memang menjadi permasalahan bagi para peternak baik itu penyakit biasa atau ganas. Salah satu jenis penyakit yang biasa terjadi diantaranya adalah kutil. Kutil atau Cutaneous papillomatosis merupakan tumor kulit dengan bentuk seperti bunga kol disebabkan karena Bovine Papilomavirus [BPV] tipe 1, BPV tipe 2 dan BPV tipe 5. Pada hewan ternak seperti kuda, sapi, domba dan kambing, kutil ini biasanya bisa terlihat di sekitar area leher dan bahkan bisa menyebar ke seluruh permukaan kulit.

ads

Jika jumlah kutil semakin banyak, maka nantinya infeksi bakteri juga akan menurunkan daya tahan tubuh hewan ternak dan berujung pada kematian. Kutil bisa menular lewat kontak langsung dari pakan, penggunaan jarum suntik berulang dan juga peralatan kandang yang sudah terkontaminasi dengan ternak yang terkena kutil. Hewan ternak yang terkena kutil ini bisa terlihat jelas dari permukaan kutil yang kasar namun tidak menyebabkan rasa nyeri. Bagi anda yang kebetulan memiliki hewan ternak sapi yang terkena kutil, berikut kami punya beberapa cara menghilangkan kutil pada sapi yang bisa anda praktekkan.

  1. Pembedahan

Cara menyembuhkan kutil sapi dengan cara pembedahan menjadi salah satu cara yang efektif sekaligus cepat. Namun pembedahan hanya bisa dilakukan untuk kutil sapi yang berjumlah tidak terlalu banyak dan bersifat tunggal.

  1. Pengikatan

Menghilangkan kutil ternak seperti pada sapi juga bisa dilakukan dengan teknik pengikatan termasuk pada cara ternak sapi skala rumahan. Pangkal kutil nantinya akan diikat dengan erat sehingga bisa memutus aliran darah dalam waktu yang lama ke area kutil tersebut sehingga nantinya bisa terlepas dan mengelupas dengan sendirinya. Akan tetapi, banyak orang yang beranggapan jika metode ini kurang efektif digunakan untuk menghilangkan kutil pada ternak sapi sebab bisa menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman pada sapi.

  1. Autovaksin

Tidak hanya bisa diatasi dengan teknik pembedahan dan pengikatan, namun kutil pada sapi juga bisa diatasi dengan membuat autovaksin yang akan disuntikan secara subcutaneous di area sekitar kutil. Kutil nantinya akan mulai terlihat berkurang sekitar tiga minggu sesudah vaksin dilakukan dan dalam waktu enam minggu, maka kutil akan hilang seluruhnya bahkan tidak akan tumbuh kembali dengan menggunakan autovaksin tersebut. Berikut adalah cara untuk membuat autovaksin selengkapnya.

  • Jaringan kutil akan diambil kemudian dihancurkan.
  • Aquades akan ditambahkan lalu dibuat suspensi dan penyaringan.
  • Kemudian 0.5 formalin akan ditambahkan sebanyak 10% bersama dengan antibiotik sebanyak 2 mg/ml dan vaksin siap disuntikan dimana 1 ml untuk setiap 20 kg berat badan sapi.
  1. Vaksinasi

Selai autovaksin, vaksinasi juga efektif digunakan untuk mengatasi kutil pada sapi sekaligus menghambat penyakit kutil tersebut yang juga menjadi tips memulai ternak kambing yang penting untuk diketahui. Vaksinasi ini sudah banyak dikembangkan di beberapa negara maju. Akan tetapi untuk wilayah Indonesia, vaksinasi untuk kutil sapi ini masih belum diaplikasikan karena menurut kabar, vaksinasi untuk penyakit kutil sapi terbilang kurang efektif dipakai sebab tidak mengandung semua jenis strain BPV.

Sponsors Link

  1. Thuja

Thuja merupakan perawatan holistik yang terbuat dari sejenis pohon dan aman digunakan untuk hewan ternak seperti kambing, sapi kuda dan domba yang bahkan juga aman digunakan untuk hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. Obat thuja ini tersedia dalam bentuk cair atau tablet dan harus diminumkan pada sapi.

  • Berikan dosis thuja yang sesuai untuk sapi dan jika tidak terlihat perbaikan sesudah dua minggu pertama, maka dosis kedua bisa diberikan.
  • Perlu diketahui jika thuja bisa menyebabkan aborsi sehingga tidak disarankan untuk digunakan sebagai pengobatan kutil pada sapi yang sedang mengandung.
  1. Berikan Tambahan Vitamin

Tambahan vitamin sangat penting diberikan agar daya tahan tubuh sapi bisa meningkat. Kutil mungkin juga menjadi gejala jika daya tahan tubuh sapi sedang menurun sehingga bisa dihilangkan dengan mengatasi masalah sistem imun tersebut seperti dalam teknik dasar ternak kambing. Suplemen immunosupport yang mengandung beberapa bahan bisa digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh sapi seperti jamur shitake, lutein dan juga arabinogalaktan.

  1. Gunakan Kapsul Vitamin E Biasa

Kapsul vitamin E yang bisa dikonsumsi juga bisa digunakan untuk mengatasi kutil pada sapi. Cara menggunakannya juga sangat mudah yakni dengan membuka kapsul vitamin E kemudian aplikasikan minyak tersebut langsung ke permukaan kulit sapi yang terkena kutil. Ulangi cara ini sebanyak tiga hingga empat kali sehari selama 2 hingga 3 minggu sampai terlihat perbaikan.

  1. Minyak Jarak

Selain minyak vitamin E, minyak jarak juga efektif digunakan untuk mengatasi kutil pada sapi yang juga bisa digunakan pada budidaya kambing biri biri. Minyak jarak biasanya bisa dibeli di apotek yang berguna untuk melunakkan kutil pada sapi sekaligus meredakan iritasi yang terjadi. Aplikasikan langsung minyak jarak ke permukaan kulit sapi yang dilakukan 1 hingga 2 kali sehari atau sesuai kebutuhan untuk mengurangi iritasi hingga kutil bisa menghilang.

Sponsors Link

  1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel bisa digunakan untuk mengatasi kutil pada sapi yang pada awalnya tidak akan menimbulkan rasa sakit. Namun ketika tengah pemakaian, kemungkinan rasa sedikit perih dan pedih bisa terjadi karena kandungan asam dalam cuka apel sudah menekan pertumbuhan kutil. Untuk menggunakan cuka sari apel ini tidak boleh dipakai untuk menghilangkan kutil di sekitar mata atau organ kelamin sapi. Berikut adalah cara menggunakannya.

  • Tuang cuka apel dalam cangkir dan aplikasikan terlebih dahulu petroleum jelly ke area sekitar kutil di permukaan kulit yang sehat.
  • Teteskan cuka apel ke permukaan kulit dan biarkan hingga meresap lalu bersihkan cuka apel yang mengalir.
  • Seiring dengan perawatan, kutil mungkin akan terasa perih karena sedang mengelupas dan teruskan perawatan 3 sampai 4 kali sehari sampai akarnya.
  • Kutil nantinya akan mengering dan terlepas dari tubuh sapi.

Sesudah kutil mengering, maka di permukaan kulit sapi akan terlihat lingkaran memerah atau melepuh sehingga harus dibersihkan dengan hati hati memakai air hangat dan lap lalu lanjutkan dengan mengaplikasikan minyak kelapa satu kali sehari hingga luka tersebut pulih. Minyak kelapa memiliki khasiat anti jamur sekaligus mempercepat penyembuhan dan meregenerasi sel kulit yang sehat.

  1. Azitromisin

Azitromisin adalah obat jenis antibiotik yang biasa digunakan untuk mengatasi kutil pada manusia dan sudah terbukti efektif untuk menghilangkan kutil pada hewan seperti sapi, kuda, cara beternak kambing etawa dan anjing. Obat yang harus dibeli dengan resep dokter ini bisa diminumkan pada sapi 1 kali sehari maksimal selama 10 hari dalam dosis yang sudah dihitung berdasarkan dengan berat badan sapi.

  1. Perawatan Interferon Subuktan

Perawatan interferon subuktan bisa digunakan untuk mengatasi kutil sapi yang disebabkan karena infeksi virus. Perawatan antiviral ini bisa diresepkan dokter hewan dan biasa digunakan untuk mengatasi kutil yang tidak respon dengan perawatan lainnya atau kutil sudah tergolong parah. Dokter hewan nantinya akan menyuntikkan interferon pada sapi beberapa kali dalam seminggu atau mengajarkan caranya pada peternak supaya bisa dilakukan oleh peternak.

  • Perawatan ini umumnya dilakukan paling lama selama 8 minggu.
  • Perawatan ini tetap bisa menyebabkan efek samping seperti demam dan nafsu makan yang menurun pada sapi.
  1. Electrocautery

Untuk mengatasi kutil pada sapi atau cara ternak domba jantan juga bisa dilakukan dengan cara tindakan electrocautery. Selama tindakan yang dinamakan dengan electrosurgery ini, dokter hewan akan memakai peralatan kecil sehingga arus listrik kecil bisa difokuskan pada kutil. Arus listrik tersebut nantinya akan membakar jaringan yang sudah terkontaminasi untuk menghilangkan kutil. Untuk operasi ini, dokter umumnya akan memakai anestesi lokal sehingga menjadi pilihan terbaik untuk meminimalisir risiko anestesi umum pada sapi.

  1. Cryosurgery

Cryosurgery juga bisa dilakukan dokter hewan untuk menghilangkan kutil pada hewan seperti hewan peliharaan anjing dan kucing serta juga bisa dilakukan untuk hewan ternak seperti domba, sapi, kambing dan juga kuda. Dokter nantinya akan memakai alat khusus untuk membekukan kutil dimana proses ini akan menghancurkan jaringan yang sakit, memperkecil ukuran dari kutil dan juga dalam beberapa kasus bisa menghilangkan kutil secara menyeluruh. Sama seperti electrocautery, cryosurgery juga akan dilakukan dengan anestesi lokal sehingga sapi tidak benar benar tidur sepenuhnya.

  1. Eksisi

Eksisi merupakan tindakan tradisional untuk mengatasi kutil yang juga bisa digunakan dalam cara ternak domba modern. Dokter hewan biasanya akan melakukan anestesi umum untuk eksisi. Selama tindakan dilakukan, dokter hewan akan menyayat kutil beserta dengan jaringan yang sudah terkontaminasi memakai pisau bedah. Dokter hewan juga mungkin akan menunda tindakan sampai sapi siap untuk anestesi umum dan juga sebab lainnya. Memberikan anestesi umum pada sapi hanya dilakukan untuk mengangkat kutil yang sudah sangat kronis.

  1. Ablasi Laser

Ablasi laser bisa digunakan untuk kutil pada sapi yang tidak hilang dan tidak bisa merespon dengan perawatan lainnya. Nantinya sapi harus diberikan anestesi umum namun tindakan ini bisa menargetkan kutil sampai ke bagian akar sehingga menjadi pilihan tepat untuk mengatasi kutil kambuhan atau kutil yang tidak membaik meski sudah diberikan pengobatan.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Saturday 15th, September 2018 / 07:27 Oleh :
Kategori : Sapi