Sponsors Link

5 Cara Agar Anjing Tidak Berisik yang Efektif

Sponsors Link

Anjing dikenal merupakan salah satu hewan peliharaan favorit yang banyak dimiliki oleh para pecinta binatang. Salah satu permasalahan yang dapat menimbulkan gangguan disekitar dari perilaku anjinga adalah kebiasannya yang memiliki gongongan atau suara cukup kerang yang mungkin dipandang berisik bagi orang disekitar tempat hidup anjing.

ads

Bagi pemilik anjing, kondisi tersebut tentu menimbulkan keadaan sungkan pada tetangga sekitar yang mungkin terganggu dari suara berisik anjingnya tersebut.

Berikut ini beberapa cara agar anjing tidak berisik yang dapat membantu menjadikan anjing tidak menimbulkan gangguan pada lingkungan sekitarnya.

  1. Perhatikan penyebab anjing berisik

Hal pertama yang perlu dilakukan oleh pemilik anjing adalah memperhatikan dan mencari apa saja hal yang dapat menjadikan anjingnya bersikap berisik tersebut. Kondisi anjing yang berisik bisa jadi disebabkan oleh adanya rasa takut akan hal tertentu atau merasakan kondisi yang membuatnya tidak nyaman, selain itu anjing yang kelaparan juga dapat menyebabkannya berisik. (Baca juga : cara menjinakkan anak anjing)

  1. Jangan ajarkan kebiasaan buruk pada anjing

Ketika anjing mengongong atau berisik maka salah satu cara agar anjing tidak berisik adalah dengan mengajarkannya untuk tidak terbiasa mengongong tanpa alasan yang memang diperlukan. Membiasakan membalas gongongan anjing dengan kata keras dan kasar terus menerus dapat menyebabkan anjing malah memiliki kebiasaan untuk terus berisik karena memang pemiliknya mengajarkan kondisi tersebut dengan membalas gongongan anjing. Abaikan anjing yang berisik dan pastikan berada ditempat yang tidak menganggu lingkungan sekitarnya. (Baca juga : cara mengatasi anjing keracunan)

  1. Alihkan perhatian anjing

Langkah selanjutnya yang juga harus dilakukan oleh pemilik anjing ketika anjing berisik atau mengongong adalah dengan mengalihkan perhatian anjing. Pemilik anjing dapat mengalihkan perhatian dengan cara mengajak anjing bermain atau melakukan aktivitas yang memang disukai oleh anjing. Lakukan beberapa bentuk latihan agar anjing lebih memiliki perilaku baik seperti latihan klikers yang merupakan salah satu cara terbaik untuk memberikan kebiasaan baik pada anjing. (Baca juga : cara mengatasi hidung tersumbat pada anjing)

  1. Menenangkan anjing

Selain mengalihkan perhatian maka pemilik anjing juga dapat menenangkan anjingnya agar tidak berisik. Cara menenangkan anjing adalah dengan menstimulusnya melalui cara menyuapi anjing dengan makanan kesukaannya, mengelus elus kepala anjing dan menemani anjing beberapa sehingga anjing dapat memiliki perilaku yang baik. (Baca juga : cara mengatasi asam lambung pada anjing)

  1. Mengatasi penyebab anjing berisik

Anjing yang berisik bisa jadi disebabkan oleh kondisi tertentu yang sudah disebutkan diatas. Kondisi tersebut harus diatasi sehingga anjing tidak akan merasa terganggu dan harus mengeluarkan gongongannya tersebut. Mengatasi penyebab anjing yang berisik tersebut dapat dilakukan dengan cara memberikan anjing makanan ketika memang kondisi berisik disebabkan oleh kelaparan, memindahkan anjing ke tempat yang lebih nyaman ketika memang anjing merasa tidak nyaman dengan tempatnya, dan berbagai upaya lain tergantung dari penyebabnya. (Baca juga : tips memelihara anjing untuk pemula)

Itulah beberapa cara anjing tidak berisik yang dapat dilakukan oleh pemilik agar kondisi berisiknya anjing tersebut tidak menjadi kebiasaan buruk yang sering dilakukan. Melatih anjing untuk memiliki kebiasaan yang baik serta mengatasi penyebab dari munculnya sikap anjing yang berisik tersebut merupakan langkah yang tepat dalam mengatasi kebiasan anjing berisik sehingga tidak menimbulkan gangguan pada lingkungan disekitar anjing.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Sunday 07th, October 2018 / 03:17 Oleh :
Kategori : Anjing