Sponsors Link

15 Tips Memelihara Anjing Untuk Pemula

Sponsors Link

Bagi anda yang ingin membawa seekor anjing untuk pertama kalinya ke rumah dan merawat anjing tersebut, maka tentunya ada begitu banyak hal yang harus dipersiapkan dari mulai tempat tinggal, makanan dan tentunya waktu untuk merawat anjing tersebut.

ads

Anjing merupakan teman setia yang sangat menyenangkan namun juga membutuhkan perawatan terbaik agar bisa tetap bahagia dan tumbuh dengan sehat.

Sebelum anda memutuskan untuk memelihara seekor anjing sebagai teman anda, sebaiknya baca terlebih dahulu beberapa tips memelihara anjing untuk pemula agar bisa menciptakan lingkungan yang ramah untuk anjing, mengajari perilaku baik untuk anjing sekaligus merawat anjing tersebut.

  1. Tentukan Area Makan, Tidur dan Bermain

Sebelum anda membawa seekor anjing ke ruman, sebaiknya tentukan terlebih dahulu area rumah mana saja yang boleh dimasuki. Jika ada beberapa rea yang tidak boleh dimasuki oleh anjing, maka tentukan dari awal. Seekor anjing membutuhkan ruang untuk makan, tidur dan juga area luas yang akan digunakan untuk bermain sekaligus olahraga termasuk cara memelihara anjing di apartemen.

  • Siapkan mangkuk makanan dan minuman di dapur atau area lain yang mudah dibersihkan dan atur peralatan agar anjing dengan mudah bisa mencarinya.
  • Tentukan lokasi anjing tidur sebab sebagian orang senang tidur bersama anjing mereka di tempat tidur dan sebagian lagi menginginkan anjing tidur di area terpisah.
  • Apabila halaman tidak dilengkapi pagar, maka pastikan ada area di dalam rumah yang luas sebagai tempat bermain dan berolahraga bagi anjing anda.
  1. Pastikan Rumah Aman Untuk Anjing

Singkirkan juga semua benda atau mainan dari lantai tempat anjing akan menghabiskan waktu. Jika anda ingin membatasi ruangan pada rumah anda, maka beli pagar pembatas yang biasa digunakan untuk bayi atau tutup pintu ruangan tersebut. Jauhkan juga segala pembersih rumah serta bahan yang bisa berbahaya bagi anjing.

  1. Beri Makanan Sesering Mungkin

Jenis anjing yang berbeda juga membutuhkan makanan yang berbeda beda. Jika anjing berusia di bawah 1 tahun, maka membutuhkan makanan beberapa kali dalam sehari. Namun jika berumur di atas 1 tahun, maka bisa diberi makan 1 hingga 2 kali sehari.

  • Pastikan memberi makanan berkualitas baik atau bisa membuatnya sendiri di rumah.
  • Jangan berikan makanan mengandung banyak gula, gorengan atau makanan manusia terutama coklat yang merupakan racun bagi anjing.
  • Perhatikan tanda anjing alergi makanan dan hindari memberikan beberapa jenis makanan tersebut kembali.
  • Berikan makanan setiap hari dengan jadwal yang sama sebab anjing menyukai rutinitas yang konsisten.
  1. Sediakan Minuman Setiap Saat

Hal penting lain yang harus anda ketahui adalah pastikan untuk menyediakan air segar setiap saat. Anjing sangat membutuhkan minum sebanyak mungkin khususnya ketika sedang haus. Anda juga bisa menambahkan es batu pada air agar tetap segar dan dingin ketika cuaca sedang panas.

Sponsors Link

  1. Berikan Anjing Olahraga

Anjing membutuhkan aktivitas seperti berlari secara teratur agar selalu sehat dan bahagia sekaligus sebagai cara mengatasi anjing susah makan. Ajak anjing anda untuk jalan jalan 1 kali sehari dan jika memungkinan, cari juga area yang memperbolehkan anjing bisa berlari dengan bebas tanpa rantai. Sediakan juga banyak mainan di rumah supaya tetap terstimulasi dengan baik.

  • Ajak main tarik tambang untuk bersosialisasi sekaligus berolahraga.
  • Bawang anjing keluar rumah untuk buang air bukanlah olahraga sehingga pastikan anjing melakukan olahraga yang sedikit melelahkan setiap hari.
  • Berikan pelukan ketika bermain untuk membangun ikatan dengan anjing anda.
    ads
  1. Latih Untuk Buang Air

Anjing harus dilatih agar bisa buang air di luar rumah. Cara termudah yang bisa anda lakukan adalah ketika masih kecil. Namun jika anjing sudah besar, maka membutuhkan penanganan terbaik seperti beberapa cara berikut ini.

  • Bawa anjing keluar rumah beberapa kali sehari dan tetap temani ketika buang air lalu berikan pujian dan imbalan berupa makanan ketika ia bisa buang air diluar.
  • Saat anjing melakukan gerakan ingin buang air di dalam rumah, maka tunjuk ke arah pintu sambil mengatakan keluar atau angkat anjing anda dan segera bawa keluar.
  • Lakukan setiap hari sampai ia bisa buang air sendiri serta pastikan untuk selalu memberi pujian dan imbalan setiap kali berperilaku baik.
  • Hindari memukul pantat atau memarahi anjing ketika buang air di dalam karena hanya membuatnya merasa takut pada anda dan menyebabkan tanda depresi pada anjing.
  1. Ajak Bermain Dengan Rutin

Anjing memiliki sifat umum yang baik serta bisa bermain bersama anak anak. Akan tetapi untuk beberapa jenis anjing juga senang menggigit atau mencakar kuat ketika bermain sehingga penting untuk melatih anjing agar bisa bermain dengan baik seperti cara membuat anjing berhenti menggigit. Berikan imbalan saat anjing anda bisa bermain dengan baik dan abaikan ketika anjing mulai menggigit. Nantinya ia akan belajar jika berperilaku baik adalah hal yang menyenangkan.

  1. Ajari Agar Tidak Sering Menggonggong

Banyak pemilik anjing yang sering bermasalah dengan anjing yag terlalu sering menggonggong dan bisa menjadi gangguan sehingga harus dihentikan ketika semakin tidak terkendali sehingga cara membuat anjing berhenti menggongong harus segera dilakukan.

  • Hindari berteriak pada anjing saat ia menggonggong sebab ia akan berpikir jika anda sedang menggonggong bersamanya.
  • Singkirkan barang atau sesuatu yang menyebabkan anjing sering menggonggong dan tutup tirai jika ia melihat sesuatu di luar.
  • Berikan imbalan setiap kali ia bisa berhenti untuk menggonggong.
  1. Ajari Perintah dan Trik

Beberapa perintah dasar berguna agar anjing bisa mengetahui keamanan sehingga tidak sampai hilang terlalu jauh pada saat rantainya terlepas. Ucapkan perintah dengan cara menyenangkan. Beberapa perintah yang bisa anda ajari diantaranya adalah:

  • Ajari untuk duduk
  • Ajari untuk diam
  • Ajari untuk berbaring
  • Ajari untuk menghampiri
  • Ajari untuk berguling.
  1. Bersihkan dan Sisir Bulu Anjing

Secara umum, anjing harus disisir sekitar 1 kali seminggu untuk membantunya berganti bulu. Anjing dengan bulu panjang juga harus dipotong sebab beberapa jenis anjing akan merasa lebih nyaman ketika bulunya dipotong saat musim panas yang juga sangat baik untuk bulu serta membasmi kutu sekaligus cara mengatasi anjing depresi.

  • Periksa kutu atau caplak ketika anda sedang menyisir bulu anjing dan pakai sisr khususnya jika memang terlihat kutu atau caplak.
  • Menyisir bulu anjing dengan rutin berguna juga untuk melihat apakah ada luka atau benjolan pada tubuh anjing yang membutuhkan penanganan dokter hewan.
  1. Mandikan Sesekali

Tidak seperti manusia, anjing hanya perlu mandi sesekali seperti saat bau, terkena kotoran dan sebagainya. Pastikan untuk memakai shampo bebas bahan kimia yang bisa mengiritasi kulit tubuh anjing dan lebih baik gunakan shampo khusus anjing untuk cara grooming anjing sendiri.

  • Buat aktivitas mandi serasa nyaman dengan memakai air hangat.
  • Anjing sangat senang berlari sesudah mandi sehingga tentukan waktu terbaik untuk mandi agar anjing anda bisa berlari leluasa.
  1. Lakukan Vaksin Dengan Teratur

Anjing sangat membutuhkan vaksinasi supaya tidak terkena rabies dan infeksi serta bakteri. Pastikan anda membawa anjing ke dokter hewan untuk memperoleh vaksinasi terbaik. Vaksinasi sangat penting untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya pada anjing yang menjadi salah satu penyebab anjing tidak mau makan.

  • Umur 6 minggung: Parvo
  • Umur 9 minggu: Parvo, distemper, hepapitis, parainfluenza, leptospira.
  • Umur 12 minggu: Parvo, distemper, parainfluenza, hepapitis, rabies, leptospira.
  • Umur 1 tahun: Parvo, distemper, parainfluenza, hepapitis, leptospira, rabies, bordetella.
  1. Pertimbangkan Untuk Steril Anjing

Pertimbangkan juga untuk mensterilkan atau kebiri anjing anda. Ini menjadi sangat penting dikakukan ketika anjing sudah berusia 6 bulan sebagai cara mengatasi anjing jantan birahi. Bawa juga anjing anda ke dokter hewan untuk memastikan apakah anjing peliharaan anda membutuhkan kebiri atau disterilkan.

  1. Pasang Microchip

Microchip merupakan sebuah benda kecil yang akan dimasukkan dokter hewan di bawah kulit anjing yang berguna untuk menyimpan data dan informasi tentang kepemilikan anjing seperti nomor telepon dan alamat. Hal ini menjadi sangat penting jika anda kehilangan anjing sehingga akan mudah untuk ditemukkan. Dalam proses penanaman microchip ini tidak akan menyakitkan dan menimbulkan luka pada tubuh anjing sebab hanya terasa seperti menggelitik saja.

  1. Perhatikan Makanan yang Dilarang Untuk Anjing

Tidak semua jenis makanan bisa dikonsumsi oleh anjing sebab ada beberapa makanan yang bisa bersifat racun ketika dikonsumsi sehingga harus dihindari.

  • Coklat: Dalam coklat mengandung jenis kafein yang bisa membuat detak jantung anjing berdetak semakin cepat, sakit perut, agitasi kronis, tremor otot, suhu tubuh meningkat, kejang dan kematian.
  • Anggur: Anggur sebaiknya tidak diberikan pada anjing karena bisa merusak ginjal anjing anda.
  • Bawang: Mengandung senyawa berbahaya yang bisa merusak sel darah merah sehingga membutuhkan transfusi darah.
  • Bagian tengah apel: Bisa menyebabkan anjing pusing, susah bernafas, pingsan, hiperventilasi, shock dan koma.

Demikian penjelasan terkait tips memelihara anjing untuk pemula. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 09th, July 2018 / 04:54 Oleh :
Kategori : Anjing