Sponsors Link

12 Cara Merawat Hamster Hamil

Sponsors Link

Tahukah Sobat bahwa hewan hamster ialah hewan yang cukup aktif dan menyenangkan? Jika Sobat memelihara sepasang hewan hamster peliharaan yang sedang hamil jantan dan betina, bukan tidak mungkin, 3 minggu kemudian Sobat sudah memiliki bayi hewan hamster peliharaan yang sedang hamil tersebut.

ads

Meski tergolong mudah hamil, bukan berarti semua orang bisa mengetahui ciri ciri yang jelas ketika hewan hamster sedang hamil dan memperlakukannya sama seperti hewan hamster peliharaan yang sedang tidak hamil atau berada dalam kondisi normal.

Hal ini merupakan kesalahan fatal yang sering dilakukan para pemelihara hewan hamster peliharaan yang sedang hamil pemula. Penting untuk mengetahui ciri ciri hewan hamster peliharaan yang sedang hamil dan juga cara merawatnya. Jika Sobat seorang pemula, ada baiknya cermati cara yang akan diuraikan berikut. 12 Cara Merawat Hamster Hamil.

1. Mencermati Masa Kehamilan Hewan Hamster Peliharaan yang Sedang Hamil

Sebelum mengurai ciri dan juga cara merawat, ada baiknya Sobat memahami masa kehamilan hewan hamster peliharaan yang sedang hamil lebih dahulu. Pada prinsipnya, tiap hewan hamster yang sedang hamil memiliki siklus yang berbeda. Baik itu siklus “puber” dan juga masa kehamilan. (Baca juga mengenai ternak hamster koloni)

Pada hamster syirian misalnya, mencapai usia dewasa di usia 3 sampai 3 minggu dengan masa kehamilan antara 15 sampai dengan 18 hari. Sedangkan hewan hamster Roborovski, dewasa di umur  16 sampai dengan 24 hari. Sedangkan masa kehamilannya berkisar antara 22 hari sampai dengan 30 hari.  (Baca juga mengenai cara menghilangkan kutu pada hamster)

Lain lagi dengan hewan hamster campbell usia siap kawinnya berkisar di angka 4 sampai dengan 6 minggu dengan masa kehamilan 18 sampai dengan 23 hari. Terakhir, pada hewan hamster winter white. Usia dewasanya berkisar di angka 8 sampai 10 minggu dan masa kehamilannya sekitar 18 sampai 25 hari.  (Baca juga mengenai cara memberikan minyak ikan pada hamster)

2. Karakter Hamster yang Sedang Hamil

Saat hewan hamster peliharaan yang sedang hamil hamil, memang cukup sulit untuk medeteksinya. Bahkan ada beberapa peternak yang baru menyadari hewan hamster peliharaannya sedang hamil dua hari sebelum hewan hamster peliharaan yang sedang hamil tersebut melahirkan. Ingat, hewan hamster peliharaan yang sedang hamil rawan sterss. Jadi, dengan mengetahui kondisi hamilnya, Sobat bisa memperlakukannya lebih hati hati.  (Baca juga mengenai tips memelihara hamster)

3. Ciri Ciri Hamster Hamil

Berikut ciri ciri hamter yang sedang dalam masa kehamilan :

  • Konsumsi pakanan juga minuman meningkat jumlahnya secara drastis dibanding sebelumnya.
  • Terlihat kurang tertarik bermain roda putar seperti sebelumnya.
  • Jauh lebih agresif dan “galak” dibanding sebelumnya. Bahkan pada kondisi tertentu, sang betina jadi sering menyerang si jantan.  (Baca juga mengenai cara memandikan hamster)
  • Bentuk tubuh berubah seperti buah pear, bohlam atau buah alpukat. Perhatikan bagian belakangnya, biasanya juga ikut membuncit.
  • Puting susu terlihat lebih menonjol dari biasanya.
Sponsors Link

4. Hamster Hamil Lebih Sensitif

Jika hewan hamster peliharaan yang sedang hamil Sobat hamil, ada beberapa perlakuan khusus yang Sobat harus terapkan. Hal ini disebabkan, hewan hamster peliharaan yang sedang hamil betina yang sedang hamil sedang dalam masa “tidak normal”. Jadi, jangan mengajaknya sering bercanda atau bermain. Bisa bisa Sobat kena gigitan.

5. Perawatan Kandang

Sebaiknya Sobat mengganti kandang hewan hamster peliharaan yang sedang hamil Sobat dengan kandang dari container. Bolongi sisinya agar udara bisa masuk dengan baik. Jika Sobat enggan mengganti, pastikan Sobat membersihkan kandang hewan hamster peliharaan yang sedang hamil agar ia lebih nyaman.

6. Jauhkan dari Keramaian

Letakkan kandang hewan hamster peliharaan yang sedang hamil yang sedang hamil di tempat yang jarang dilalui orang orang. Tempat yang tidak lembab tetapi juga tidak terkena matahari langsung.

ads

7. Pisahkan dari Hamster Jantan

Pastikan Sobat memisahkan hewan hamster peliharaan yang sedang hamil jantan dari hewan hamster peliharaan yang sedang hamil betina saat ia sedang hamil. Hewan hamster peliharaan yang sedang hamil hamil galak!

8. Beri Cukup Pakan

Penuhi tempat pakanannya dengan jumlah yang kira kira cukup untuk jangka waktu yang lama. Jangan sering bolak balik menggantinya setiap minggu atau bahkan hari. Hal tersebut akan membuat hewan hamster peliharaan yang sedang hamil stress. Selain pakanan, penuhi juga air mineral di botolnya. Pastikan jumlahnya cukup di masa kehamilannya. Perhatikan juga jenis pakanan yang Sobat berikan pada si hewan hamster peliharaan yang sedang hamil hamil.

9. Singkirkan Mainan dalam Kandang

Singkirkan semua mainan di dalam kandang. Sebab, meski intensitas bermainnya berkurang, bukan berarti si hewan hamster peliharaan yang sedang hamil tidak menyentuh mainan itu sama sekali. Mainan di dalam kandang beresiko membuat hewan hamster peliharaan yang sedang hamil keguguran.

10. Siapkan Bahan untuk Membuat Sarang

Akan sangat baik lagi jika Sobat membelikannya rumah rumahan hewan hamster peliharaan yang sedang hamil agar si calon ibu bisa membangun sarang di dalamnya. Letakkan juga sobekan tissue agar si ibu bisa menggunakannya sebagai alas sarang yang nyaman.

11. Masa Melahirkan

Saat hewan hamster peliharaan yang sedang hamil telah melahirkan, jangan pernah memegang anak hewan hamster peliharaan yang sedang hamil tersebut sebab induk yang membaui aroma Sobat di badan anaknya akan menganggap dia ancaman.

Dan hewan hamster peliharaan yang sedang hamil adalah kanibal, ia bisa pakan anaknya sendiri jika dianggap mengancam dirinya. Setelah bayi hewan hamster peliharaan yang sedang hamil berumur 2 minggu, Sobat sudah bisa memperlakukannya seperti hewan hamster peliharaan yang sedang hamil normal.

12. Hal Hal Penting yang Harus Diperhatikan

  • Hewan hamster hamil butuh banyak pakanan

Hewan hamster yang sedang hamil butuh lebih banyak pakanan dan minuman daripada biasanya. Nafsunya untuk melahap pakanan akan meningkat secara signifikan. Ini bukan disebabkan karena dia berubah menjadi makhluk rakus, tapi karena dia tahu ada anakan anakan di dalam perutnya yang juga butuh asupan pakanan.  Selain itu, hewan pengerat yang imut ini juga memiliki perilaku unik pada saat mengandung.

Dia akan menjadi senang menimbun pakanan di dekat sarangnya, sebagai stok persedian pakanan bagi dirinya sendiri dan calon anak anaknya.  Jadi pada saat hewan hamster hamil, ada baiknya untuk menambah pakanan baik secara kuantitas maupun kualitas. Pakanan yang direkomendasikan adalah yang berprotein dan bernutrisi tinggi. Lebih optimal lagi jika sesekali dilengkapi suplemen vitamin yang bisa diteteskan ke dalam minumannya.

  • Hewan hamster hamil butuh suasana aman

Salah satu ciri yang menonjol pada saat hewan hamster sedang hamil adalah perilakunya yang menjadi terlalu sensitif dan protektif, bahkan bisa menjurus agresif. Segala hal yang membuatnya merasa terganggu, akan dianggapnya sebagai bentuk ancaman terhadap anakan anakan di dalam kandungannya.  Oleh karena itu,

disarankan untuk tidak menyentuhnya supaya sobat tidak digigit. Biarkan dia merasa aman dan nyaman. Terutama pada minggu ke 2 masa kehamilan, yang juga merupakan hari hari menjelang kelahiran, keagresifannya akan berada pada titik puncak.

Sponsors Link

  • Hewan hamster hamil butuh sarang yang nyaman

Perilaku agresif hewan hamster yang sedang hamil membuat kandangnya akan sulit dibersihkan. Di satu sisi sobat sebaiknya tidak menyentuhnya, namun di sisi lain kebersihan tetap perlu dijaga. Maka solusi yang pas adalah menggunakan kertas koran sebagai alas di kandangnya. Bau kotoran bisa mudah terserap oleh karbon yang terkandung pada kertas koran.

Kertas koran juga cocok dengan perilaku hewan hamster hamil yang punya kecenderungan ingin mempersiapkan sarang baru sebagai bakal tempat berlindung bagi anak anaknya. Dia bisa dengan mudah merobek robek kertas koran untuk membuat sarang yang dia mau. Sobat bisa menambahkan serbuk kayu untuk menambah kehangatan.

Selain itu, hewan hamster hamil sangat mudah merasa tidak nyaman saat dirinya merasa diawasi. Maka sebaiknya hindari memakai kandang yang transparan, lebih baik jika menempatkannya di kandang dengan dinding yang tertutup.

Nah sobat, itulah cara yang dapat dilakuakn agar kehamilan hamster berjalan dengan lancar, semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Wednesday 21st, November 2018 / 13:22 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan