Sponsors Link

15 Cara Perawatan Cucak Ijo Biar Gacor dan Jinak

Sponsors Link

Cucak ijo adalah burung yang tidak bisa di pandang remeh untuk sekarang ini, burung yang memang memiliki dominan warna hijau muda ini atau warna hijau daun ini memang sedang menjadi salah satu burung yang selalu menang di arena kicauan. Burung ini merupakan sebuah burung yang sangat populer di atara beberapa jenis burung kicauan yang sering dicari para pecinta burung.

ads

Pasalnya, selain memiliki suara kicau yang menjanjikan, burung hijau satu ini juga memiliki bentuk fisik atau perawakan yang sangat bagus dan gagah. Kemampuan dari cucak ijo ini sendiri bisa di lihat berdasarkan dari keanekaragaman variasi yang mereka miliki. berhubung burung cucak ijo termasuk varian yang sangat di gemari bagi para pecinta burung kicauan, berikut beberapa jenis ocehan yang biasa mereka lontarkan yaitu : nyrecet, ngerol, nembak, ngebren dan lain sebagainya.

Karena burung cucak ijo ini memiliki berbagai varian suara kiacauan, maka tak lagi hal yang aneh jika para pecinta burung telah banyak yang berinovasi agar bisa memodifikasi dan sedikit memoles suara kicauannya agar bisa menjadi lebih beragam dan bervariasi. Sementara itu suara kicauan yang kian marak di pakai para pencita burung yang telah memelihara burung cucak ijo ini biasanya marak menggunakan suara pemasteran yang berasal dari burung jenis lain. Ini di gunakan agar terciptanya beragam isian yang mungkin bisa di hasilkan oleh seekor cucak ijo, ragam isian pemasteran tersebut biasanya berasal dari jenis burung ciblek, murai, lovebird, cucak jenggot, kenari, tengkek buto cililin dan jenis burung kicauan terbaik lainnya. Hanya saja untuk dapat bisa secara optimal dalam menirukan latihan dari pemasterannya, bukanlah sebuah perkara yang mudah bagi pemilik cucak ijo ini.

Karena bagi burung cucak ijo yang pada umumnya berukuran sekitar 22 cm ini ada beberapa faktor penentu keberhasilan dalam proses pemasteran, seperti pada cara memelihara burung perkutut agar cepat ngacor. Tentu ada beberapa faktor pendukung selain hanya proses pemasteran seperti : pakan berkualiats dan juga pola perawatan sangatlah menjadi penentu potensi burung cucak ijo akan berhasil ngacor dengan baik kedepannya.

Walaupun perkara perawatan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pola cara merawat lovebird agar ngekek panjang, hanya di perlukan sedikit kesabaran dan ketelitian tentunya. Karena para pemilik burung cucak ijo yang selalu meraih gelar juara sebenarnya juga memakai pola perawatan yang sama dan pola perawatan umumnya. Misalnya saja dengan selalu rutin memandikannya, melakukan prosesi penjemuran, menjaga sanitasi atau kebersihan dari kandang burung cucak ijo dan juga rutin dalam pemberian pakan harian. Sedangkan pakan yang ampuh agar bisa memicu cucak ijo supaya bisa ngacor jitu juga tidaklah perkara yang terlalu sulit untuk dilakukan. Namun mungkin bagi para pemula, masih sedikit ragu dalam memulai cara perawatannya, berikut 15 cara merawat burung cucak ijo yang telah kami rangkum di bawah ini :

  1. Menentukan Jenis Kelamin Cucak Ijo

Bagi sebagian pemilik cucak ijo, ini kadang menjadi poin yang suka di abaikan, namun sebenarnya ada baiknya jika dari awal anda memastikan jenis kelamin dari cucak ijo yang akan di pelihara. Selain untuk memudahkan dalam merawat secara massal (jika anda berniat memelihara lebih dari satu ekor) juga lebih mudah dalam penentuan kualitas. Sebab, para burung cucak ijo jantan biasanya memiliki suara kiacauan yang lebih bagus di bandingkan dengan yang betina. Inilah mengapa anda perlu mengetahui terlebih dahulu jenis kelamin cucak ijo yang akan anda pelihara.

  1. Persiapan Kandang

Tentunya ada banyak pilian variasi dari kandang cucak ijo yang bisa anda pilih dan temukan dengan mudah di pasaran. Anda bisa saja membeli kandang yang berjenis satuan atau sebuah kandang persegi yang lumayan besar untuk memelihara lebih dari satu ekor jenis cucak ijo. Tentunya kandang tersebut juga harus di lengkapi dengan berbagai aksesoris seperti tempat makan, tempat minum, tempat tenggeran burung dan juga alas kandang bila diperlukan.

Sponsors Link

  1. Proses Adaptasi dan Mandi harian

Biarkan burung cucak ijo anda agar bisa lebih terbiasa dengan kondisi kandang atau habitat barunya. Untuk proses mandi hariannya, biasanya akan di mandikan dua kali per hari yaitu pada pagi dan juga pada sore hari. Sebelum di mandikan biasanya burung cucak ijo akan di angin – anginkan terlebih dahulu. Anda bisa melakukan proses ini dengan memindahkannya ke teras rumah dan biarkan selama kurang lebih 30 menitan dan di lanjutkan dengan proses pemandian yang bisa saja dengan metode semprot maupun dengan menggunakan karamba mandinya.

  1. Proses Pemberian Pakan

Ada banyak jenis pakan yang di sajikan dan di olah untuk para burung kicauan seperti jenis cucak ijo. Cucak ijo juga sebenarnya memerlukan pemberian pakan yang bervariasi sama halnya dengan pemberian pakan pada burung peliharaan lainnya. Hingga kebutuhan nutrisi, mineral dan vitaminnya akan tercukupi. Pakan yang tergolong bagus dan efektif dalam pola perawatan dari cucak ijo adalah pakan yang juga di lengkapai berbagai jenis vitamin seperti vitamin D3, A, B1, B2, C, K3, dan E juga tentunya telah di lengkapi dengan nutrisi seperti protein dan karbohidtrat.

Kecukupan dari mineral juga perlu sangat di perhatikan dalam perawatan cucak ijo. Karena mineral sangat di perlukan dalam pembentukan tulang maupun komponen darah, membantu fungsi dari jantung dan membantu dalam pengelolaan keseimbangan cairan tubuh dari cucak ijo. Pemberian Voer, sebaiknya anda pilih voer yang di lengkapi dengan kadar protein berjumlah sedang antara 12 hingga 18 persen, karena voer yang berharga lebih mahal belum tentu akan bagus dan cocok untuk kebutuhan cucak ijo anda. Voer sendiri biasanya di pakai sebagai salah satu syarat kelengkapan gizi. Normalnya, voer bisa anda ganti setiap 2 hari sekali.

baca juga:

  1. Pemberian Buah – Buahan

Selain pemberian pakan organik maupun jenis pakan bergizi lainnya, tidak ada salahnya anda juga menyelingi dengan memberikan buah – buahan.  Karena para burung, terutama cucak ijo ini sebenarnya sangat menyukai buah segar, seperti buah pisang kepok putih, tomat, pepaya, apel maupun pir. Tentu saja anda tetap bisa memberikan berbagai macam jenis buah – buahan segar lainnya.  Berikanlah sejenis buah – buahan segar yang mengandung vitamin C agar bisa membantu mereka dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya. Di samping itu, pemberian buah secaya rutin juga akan meningkatkan metabolisme dan membantu proses pencernaaan dari burung cucak ijo anda.

  1. Memberikan Ekstra Fooding

Ekstra fooding atau EF adalah salah satu faktor yang harus anda pertimbangkan dalam perawatan dari cucak ijo ini. beberapa EF yang sering di pakai dan sangat baik untuk nutrisi cucak ijo adalah sebagai berikut : kroto, ulat hongkong, kelabang , belalang, ulat bambu, jangkrik maupun orong – orong. Pastikan pemberian EF sangat di gemari oleh para cucak ijo anda karena sebagian burung terkadang tidak menyukai beberapa EF berjenis tertentu. Perhatikan saja pola makannya dan berikan EF  bergizi agar pertumbuhannya lebih optimal.

  1. Rutin Membersihkan Kandang

Tidak ada burung yang akan bertahan dengan kondisi kandang yang jelek. Anda tentunya harus berhati – hati dan tetap menjaga kebersihan dari kandang mereka. jagalah selalu sanitasi kandang agar tidak terjadi hal – hal yang merugikan seperti terjangkit penyakit maupun mengalami stress hingga adanya proses kerontokan bulu atau biasa dikenal dengan proses mabung. Tentunya tidak ada yang akan menginginkan hal ini terjadi bukan. Makanya anda harus selalu berupaya agar kandang cucak ijo selalu bersih dan bebas dari penyakit.

8. penjemuran

Lakukanlah proses penjemuran secara rutin pada burung cucak ijo anda. Paling tidak berdurasi hingga 30 menit setiap harinya. Ini akan membuat burung anda lebih bugar dan sehat. Sinar matahari akan lebih sehat untuk burung cucak ijo anda dan juga bisa mengeringkan mereka setelah melakukan mandi rutin.

9. Jauhkan Dari Para Penggangu

Tidak hanya para manusia yang suka usil, para binatang pun sering menggangu binatang yang lainnya. Jadi sebaiknya jauhkanlah burung cucak ijo yang anda pelihara dari berbagai binatang penggangu lainnya. Atau bahkan binatang yang bisa mengancam dan menjadi bahaya bagi cucak ijo anda.

10. Berikanlah Suplemen Tambahan

Ada berbagai jenis vitamin tambahan yang di sediakan di pasaran. Namun hal yang harus anda ketahui adalah ada beberapa kombinasi vitamin yang tidak akan efektif jika di berikan secara bersamaan. Mereka bahkan akan saling melemahkan. walaupun mungkin semuanya sangat di butuhkan oleh burung cucak ijo anda. Dan beberapa yang di perlukan oleh burung cucak ijo adalah berupa vitamin dan mineral dan bisa di komposisikan dengan volume dan pencampuran tertentu.

11. Ajak Bermain Cucak Ijo Anda

Ajaklah burung cucak ijo peliharaan anda untuk bermain sesekali. Tidak perlu melakukan hal yang rumit, cukup dengan berusaha menggodanya saja. Misalnya saja menggoda cucak ijo anda ketika saat memberinya makan. Cobalah untuk menarik ulur makanan yang anda pegang dari luar kandang. Maka lama kelamaan ia akan memahami bahwa anda sedang mengajaknya untuk bermain. Hal ini tentunya akan membuat sebuah keakraban tersendiri antara anda sang pemilik dengan cucak ijo,peliharaan anda tersebut.

12. Lakukanlah Latihan Pemasteran

Tentunya anda sebagai sang pemilik menginginkan peliharaan yang terbaik bukan? Maka latihlah cucak ijo anda dengan melakukan pemasteran. Pemasteran yang baik tentunya akan menghasilkan kualitas yang baik juga bagi cucak ijo anda. Latihanlah yang rutin dengan melakukan pemasteran atau mendengarkan suara – suara dari burung lain agar cucak ijo anda bisa ngacor dengan bagus.

13. Bawa ia Ke Perlombaan

Tentunya anda ingin mendapatkan cucak ijo yang bisa menjuarai di setiap perlombaan. Maka cobalah bawa ia ke berbagai perlombaan, walaupun pastinya mendapatkan gelar juara masih jauh untuk di gapai, namun cucak ijo anda akan termotifasi dan merasa bersaing jika anda selalu menunjukan arena perlombaan kepadanya.

14. Pertemukan dengan Teman Sejenis

Ini akan lebih mudah di lakukan jika anda memelihara cucak ijo lainnya, namun jika tidak tentunya anda bisa mengajaknya agar bertemu dengan temannya yang di pelihara oleh teman anda. Melakukan pertemuan sesekali akan memacu mereka untuk melakukan latihan kicauan karena terpacu oleh kawan sejenis atau yang dia anggap saingan.

15. Pemeriksaan Kesehatan

Tidak perlu selalu rutin pergi ke dokter hewan memang. Tapi anda di tuntut untuk peka akan perubahan fisik maupun tingkah laku yang mengisyaratkan bahwa ada hal yang tidak beres yang terjadi pada cucak ijo anda. Misalnya saja terlihat lebih pasif, jarang ngacor atau adanya kerontokan bulu. Jika anda menemukan beberapa tanda tersebut maka anda harus segera melakukan penanganan yang tepat dan memeriksakan cucak ijo anda jika memang perlu.

Selain beberapa informasi diatas, berikut ini terdapat informasi dalam bentuk visual yang memudahkan anda untuk merawat cucak ijo anda agar cepat gacor dan lebih berkualitas.

Demikian penjelasan lengkap bagaimana cara perawatan cucak ijo mudah dan praktis agar cepat gacor baik dari segi pemberian makanan hingga vitamin yang harus diberikan. semoga bermanfaat bagi para pencinta hewan peliharaaan khususnya pencinta burung cucak ijo

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 09th, October 2017 / 08:25 Oleh :
Kategori : Burung