Sponsors Link

Manfaat Vitamin B Untuk Anjing Yang Baik Untuk Kesehatannya

Sponsors Link

Vitamin merupakan suplemen tambahan yang hanya dapat diperoleh dari luar tubuh karena tidak diproduksi oleh metabolisme organ tubuh apapun. Vitamin sebenarnya dapat diperoleh melalui makanan yang dikonsumsi dan dapat memberikan manfaat tertentu dalam tubuh. Selain bagi manusia, vitamin ternyata juga bermanfaat baik untu hewan peliharaan seperti anjing. Salah satu vitamin yang memiliki peran dan fungsi baik bagi kesehatan anjing adalah vitamin B. Berikut ini beberapa manfaat vitamin B untuk anjing yang dapat diberikan dalam proses perawatan anjing.

ads
  1. Membantu proses metabolisme karbohidrat di dalam tubuh

Vitamin menjadi salah satu nutrisi penting tubuh yang tidak dapat diproduksi sendiri termasuk vitamin B. Salah satu fungsi vitamin B untuk anjing adalah membantu proses metabolisme karbohidrat di dalam tubuh anjing. Proses metabolisme karbohidrat ini sangat penting bagi keberlangsungan hidup anjing terutama dalam memproduksi energi. Vitamin B yang berfungsi dalam hal tersebut adalah vitamin B1 atau nama lainnya thiamine. Defisiensi vitamin B1 dapat menyebabkan terjadinya penyakit beri beri. (Baca juga : tips memelihara anjing untuk pemula)

  1. Memelihara selaput lendir dan epitel

Manfaat lain yang dapat diperoleh dari vitamin b adalah memelihara selaput lendir dan epitel serta membantu pembentukan enzym metabolisme karbohidrat. Vitamin B kompleks yang bertanggung jawab dalam manfaat tersebut adalah vitamin B2 atau yang memiliki nama lain riboflavin. Konidsi defisiensi vitamin tersebut dapat menyebabkan kelainan pada mata atau yang disebut sebagai fotofobia.  (Baca juga : gejala distemper pada anjing)

  1. Memeliharan jaringan kulit pada anjing

Fungsi lain yang juga dimiliki oleh vitmain B kompleks adalah dapat menjaga dan memelihara jaringan kulit pada anjing sehingga berbagai macam kondisi permasalahan di daerah kulit dapat dicegah. Vitamin B3 yang bertanggung jawab dalam memelihara jaringan kulit ini. Kekurangan vitamin B3 dapat menyebabkan terjadinya kondisi dermatitis dan kehilangan warna bulu pada anjing. (Baca juga : cara mengatasi hidung tersumbat pada anjing)

  1. Bertindak sebagai koenzym

Vitamin B atau lebih tepatnya vitamin B 6 dapat memberikan manfaat sebagai koenzym dalam proses metabolisme protein, lemak, dan lain sebagainya di dalam tubuh. Vitamin B6 atau yang juga dikenal dengan nama piridoksin ini juga diyakini dapat membantu pembentukan imunitas dalam tubuh anjing. Kekurangan vitamin B6 memicu terjadinya neuritis perifer.

  1. Membantu proses metabolisme energi di dalam tubuh

Manfaat lainnya yang juga dimiliki oleh vitamin B tepatnya vitamin B12 adalah perannya dalam membantu proses metabolisme protein agar berlangsung dengan baik. Vitamin B12 atau nama lainya sianokobalamin tersebut juga memeliki beberapa manfaat lain seperti membantu proses pembentukan RNA dan DNA, mempengaruhi kelancaran kerja usus, pemeliharaan kesehatan sel syaraf, dan beberapa lainya. (Baca juga : cara menjinakkan anak anjing)

  1. Beberapa manfaat lainnya

Selain manfaat yang disebutkan diatas, ada beberapa manfaat lain seperti vitamin B5 atau asam pantotenat memiliki manfaat yang banyak terlibat dalam berbagai macam reaksi enzimatik di dalam tubuh, dan beberapa manfaat lainya. (Baca juga : cara mengatasi anjing keracunan)

Itulah beberapa manfaat vitamin B untuk anjing yang sangat membantu dalam proses metabolisme di dalam tubuh serta berguna dalam aktivitai tumbuh kembang anjing. Vitamin B dapat diperoleh melalui asupan multivitamin secara langsung maupun melalui berbagai jenis makanan yang dikonsumsinya.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Monday 22nd, October 2018 / 00:33 Oleh :
Kategori : Anjing