Sponsors Link

8 Tips Merawat Burung Merpati Aduan

Sponsors Link

Burung merpati merupakan salah satu jenis unggas yang sudah lama dekat dengan manusia baik terutama untuk dirawat yang bertujuan untuk digunakan dalam perlombaan aduan.

ads

Burung merpati dikenal sebagai salah satu burung yang setia dan dapat mengenali pasangannya sehingga dalam aduan tersebut, burung akan diadu untuk cepat cepat menuju pasangannya yang memiliki jarak tempuh tertentu.

Bagi para pecinta burung merpati aduan. demi mendapatkan hasil yang baik maka berikut ini beberapa tips merawat burung merpati aduan setelah melakukan beberapa cara memilih burung merpati balap yang tepat untuk menentukan merpati yang akan digunakan. .

  1. Perhatikan jenis makanan dan kebutuhan nutrisi burung

Setiap makhluk hidup tentu membutuhkan nutrisi dan makanan yang tepat yang berguna bagi proses kehidupannya. Kebutuhan jenis makanan dan nutrisi yang tepat bagi burung merapi merupakan hal yang perlu dilakukan dalam proses perawatannya. Dalam komposisi makanan yang diberikan selalu perhatikan kecukupan protein, karbohidrat, vitamin, mineral, serta jenis nutrisi tambahan lainnya.

  1. Berikan makanan yang bervariasi

Sama halnya dengan manusia, pemberian makanan yang monoton dan tidak bervariasi dapat menimbulkan kebosanan serta kemalasan atau penurunan nafsu makan yang tentu berpengaruh pada berabgai macam kondisi fisik maupun mental burung.

Untuk dapat mengatasi kondisi tersebut maka sebaiknya selalu berikan makanan yang bervariasi sesuai dengan kondisi burung merpati aduan tersebut seperti jagung, kacang hijau, kacang tanah, kedelai, beras merah, beras putih, dan gabah.

  1. Pemberian vitamin secara teratur dapat dilakukan

Beberapa jenis vitamin dapat diberikan kepada burung merpati aduan agar dapat memiliki tingkat kesehatan yang baik serta kemampuan terbang dan stamina yang mumpuni. Obat atau vitamin yang bisa diberikan kepada burung tersebut diperoleh dari beberapa jenis vitamin yang digunakan oleh manusia diantaranya seperti sakatonik Liver, vitamin A,B,C dan minyak ikan.

  1. Perhatikan kebersihan kandang

Merpati merupakan salah satu burung yang memilliki tingkat kebersihan buruk namun sebagai salah satu cara merawat burung merpati aduan yang benar adalah dengan tetap membersihkan kandang minimal 2 hari sekali agar kondisinya selalu dalam keadaan bersih yang dapat membantu meningkatkan mental serta psikis burung menjadi lebih kuat terutama ketika nanti dilombakan. Membersihkan kandang juga perlu dilakukan dalam upaya atau cara memelihara burung puyuh.

  1. Latih burung dengan benar

Salah satu bentuk perawatan penting yang perlu diperhatikan dengan benar pada bayi adalah dengan melatih burung tersebut karena untuk dapat memenangkan suatu perlombaan aduan maka burung harus terbiasa untuk berlatih.

Untuk mengetahui cara melatih burung aduan yang tepat maka cobalah meminta saran dan meniru gaya latihan atau cara melatih merpati balap yang dilakukan oleh para pelatih burung merpati profesional yang sudah terbiasa memenangkan lomba.

  1. Jemur dan mandikan burung dengan cara yang tepat

Memandikan burung dengan cara yang tepat harus dilakukan untuk menjaga kebersihan pada burung dan menghindarkannya dari kondisi atau permasalahan penyakit akibat tidak terjaganya kebersihan burung. Sedangkan menjemur burung merupakan langkah untuk menghilangkan air bekas mandi dan juga menjadikan tubuh burung memiliki daya tahan yang kuat.

  1. Buat jadwal angkrem bagi burung merpati

Beberapa pelatih burung merpati aduan yang sudah profesional memiliki cara mengankremkan burung yang tepat dengan jadwal penjemuran, jadwal mandi, pemberian makan dan jenisnya serta jumlah maupun varian yang tepat selalu dilakukan secara konsisiten.

Mengenai jadwal angkrem tersebut maka pelatih burung dapat membuatnya sesuai dengan kondisi dari burung tersebut. Cara menggiringkan merpati dengan cepat juga perlu dilakukan agar mudah dalam melatihnya untuk balap.

  1. Berikan ramuan jamu tradisional pada burung

Selain vitamin, ternyata beberapa ramuan jamu traditional dapat digunakan untuk meningkatkan stamina dan menjaga kesehatan burung merpati. Beberapa jenis jamu traditional yang dapat digunakan diantaranya seperti telur kampung, telur bebek, madu, dan beberapa ramuan rempah lainnya. Penggunaan jamu traditional sebaiknya dihindari jika ingin melakukan cara ternak merpati di kandang.

Itulah beberapa tips merawat burung merpati aduaan yang dapat dilakukan bagi para pencinta burung merpati tersebut agar dapat diadu dengan benar dan mampu terbang cepat.

Beberapa tips yang disebutkan diatas perlu digali lebih dalam dan usahakan untuk selalu mencari ilmu baru bagi para pemilik burung merpati aduan professional dan berpengalaman yang sudah berhasil memenangkan suatu lomba.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 25th, July 2018 / 03:34 Oleh :
Kategori : Burung