Sponsors Link

5 Alasan Jenis Pakan Pengaruhi Warna Daging Ayam Yang Perlu Diperhatikan

Sponsors Link

Ayam merupakan salah satu jenis hewan konsumsi yang paling banyak kebutuhannya di masyarakat. Kualitas ayam pedaging yang baik dapat ditentukan oleh beberapa hal yang salah satunya adalah dari warna dagingnya. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan perubahan pada warna daging ayam yang salah satunya adalah pemberian jenis pakan tertentu. Berikut beberapa penjelasan mengenai alasan jenis pakan pengaruhi warna daging ayam dalam ulasan di bawah ini.

ads
  1. Jenis bahan utama dari pakan ayam

Pakan ayam memang akan dapat memberikan pengaruh pada warna dari daging ayam itu sendiri yang salah satu sebabnya adalah kandungan bahan utama dari pakan ayam tersebut. Pakan ayam yang terbuat dari gandum dapat menyebabkan warna daging ayam menjadi pucat dan bahkan warna telur ayamnya pun juga ikut pucat. Sedangkan pakan yang dibuat dari bahan utama jagung akan menghasilkan daging yang merah segar dan telur kuning cerah. Oleh karena hal tersebut, hampir sebagian besar produsen pakan ayam akan membuat pakan dari bahan dasar jagung. (Baca juga : jenis penyakit pada ayam pedaging)

  1. Campuran gandum yang berlebihan

Seperti dalam penjelasan diatas, pakan yang memiliki kandungan gandum dapat menyebabkan daging ayam menjadi pucat dan warnanya tidak merah segar lagi. Kondisi tersebut disebabkan oleh campuran dari gandum yang terlalu berlebihan dalam pakan ayam akibat adanya kelangkaan jagung sehingga menyebabkan peternak harus menganti pakan ayam dengan tambahan gandum di dalamnya. (Baca juga : ternak ayam negeri pedaging)

  1. Pakan yang kotor dan tidak berkualitas

Hal lainnya yang juga dapat menjadi alasan jenis pakan pengaruhi warna daging ayam adalah karena kondisi pakan yang kotor dan tidak berkualitas. Jenis pakan yang kotor dan kurang berkualitas tentu dapat menyebabkan kondisi kesehatan dan perkembangan ayam menjadi kurang baik yang membuatnya memiliki daging dengan warna yang tidak segar serta cenderung pucat. Untuk menghindari warna daging ayam yang kurang baik tersebut maka pastikan bahwa pakan yang diberikan selalu berkualitas dan tidak memiliki campuran berbahaya. (Baca juga : ternak ayam negeri rumahan)

  1. Gandum tidak mengandung banyak karbohidrat

Meskipun tidak diketahui dengan pasti kenapa pakan dengan kandungan gandum yan tinggi dapat menyebabkan kondisi daging ayam menjadi pucat dibandingkan diberi pakan jagung. Perbedaan kandungan nutrisi yang dimiliki oleh gandum dibandingkan dengan jagung bisa jadi merupakan penyebab kenapa gandum dapat memberikan dampak atau efek warna daging ayam menjadi pucat dan kurang menarik tentunya. (Baca juga : cara merawat ayam potong dengan baik dan benar)

  1. Jenis pakan yang terlalu banyak kandungan bahan kimia

Beberapa jenis pakan diberikan kepada ayam memiliki kandungan bahan kimia yang cukup tinggi guna menjadikan ayam pedaging memliki daging yang besar dan cepat mengalami proses pertumbuhan maupun perkembangan dibandingkan ayam yang lain untuk mendapatkan keuntungan ternak yang lebih tinggi. Ayam dengan pakan yang banyak mengandung bahan kimia dapat menyebabkannya warna dari daging ayam menjadi tidak menarik atau pucat. (Baca juga : budidaya ayam pedaging)

Itulah beberapa penjelasan mengenai alasan jenis pakan pengaruhi warna daging ayam dalam ulasan diatas. Bisa dikatakan bahwa pakan yang memiliki kandungan gandum tinggi atau berbahan dasar gandum dipercaya menjadi salah satu jenis pakan ayam yang dapat menyebabkan kondisi warna dagingnya menjadi pucat dan kurang menarik.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Thursday 04th, April 2019 / 04:18 Oleh :
Kategori : Ayam