Sponsors Link

Bolehkah Anak Kucing Dimandikan Dan Apa Alasannya ?

Sponsors Link

Sebagai salah satu hewan peliharaan paling populer di masyarakat, pembahasan mengenai kucing dan hal terkait lainnya tentu masih tetap menjadi hal yang menarik untuk diungkap pada para pecinta kucing agar proses perawatan yang diberikan kepada hewan peliharaannya tersebut tepat. Memandikan kucing merupakan salah satu aktivitas yang seringkali dipertanyakan apakah boleh atau tidak dan apa manfaatnya atau dampak yang dapat terjadi jika hal tersebut dilakukan. Kondisi ini sama halnya dengan penjelasan di bawah ini terkait bolehkah anak kucing dimandikan.

ads

Bolehkah Anak Kucing Dimandikan

Pertanyaan ini seringkali muncul bagi pemilik kucing yang baru saja kucingnya melahirkan anakan. Perihal memandikan anak kucing ini muncul karena memang anakan kucing selepas lahir memiliki tubuh yang cukup kotor dan terkadan berbau. Namun ternyata, banyak ahli dan dokter hewan yang tidak menyarankan pemiliki kucing untuk memandikan anak kucing tersebut kecuali ada kondisi tertentu yang menjadikan aktivitas mandi bagi anakan kucing tersebut memang harus untuk dilakukan, itupun harus dengan ke hati hatian. (Baca juga : jenis virus pada kucing)

Alasan Anakan Kucing Tidak Boleh Dimandikan

Seperti dalam penjelasan diatas, memandikan anakan kucing merupakan hal yang tidak disarankan mengingat ada alasan dan dampak yang dapat terjadi pada kondisi kesehatan kucing. Alasan kenapa anakan kucing sebaiknya tidak dimandikan diantaranya seperti :

  1. Kondisinya yang masih rapuh, keadaan anakan kucing selepas lahir tentu masih memiliki kondisi yang sangat rapuh termasuk bagian kulit dan bulunya sehingga sangat riskan ketika akan dimandikan.
  2. Resiko kulit melepuh, kondisi kulit yang masih sangat sensitif juga dapat menjadi melepuh ketika dimandikan menggunakan air hangat. melepuhnya kulit anakan kucing akan menyebabkan kondisi berbahaya. (Baca juga : penyakit kucing pada musim hujan)
  3. Resiko terjadinya hipotermia, kondisi tubuh yang masih lemah dan belum memiliki daya tahan tubuh yang kuat serta kulitnya yang tipis menjadikan anakan kucing yang dimandikan menggunakan air dingin dapat memiliki resiko mengalami hipotermia atau kondisi dimana suhu tubuhnya sangat rendah.
  4. Reaksi alergi, resiko lain atau dampak yang dapat muncul ketika anakan kucing dimandikan menggunakan shampo atau sabun adalah munculnya reaksi alergi yang akan menganggu kesehatan kondisi anakan kucing tersebut. (Baca juga : Penyakit kulit pada kucing)

Usia Kucing Dapat Dimandikan

Melihat penjelasan mengenai dampak yang dapat muncul ketika anakan kucing dimandikan pada saat usia yang masih belum cukup maka tentu ada usia yang pas anakan kucing tersebut boleh dan tidak bermasalah ketika dimandikan. Kondisi ini mengingat bahwa memandikan hewan peliharaan menjadi salah satu proses pemeliharaan kebersihannya untuk menghindari penyakit yang dapat menyerang hewan itu sendiri maupun pemiliknya. Usia yang cocok dari kucing untuk dapat dimandikan adalah dua bulan atau delapan minggu dimana pada usia tersebut kucing sudah memiliki kondisi yang baik. (Baca juga : penyakit pada kucing yang menular ke manusia)

Itulah beberapa penjelasan mengenai bolehkah anak kucing dimandikan yang perlu diperhatikan dengan baik. Melalui penjelasan diatas diketahui bahwa anakan kucing yang belum memiliki usia cukup sebaiknya tidak dimandikan karena kondisi kulit dan tubuhnya yang masih rapuh. Cara memandikan kucing yang sudah berumur cukuppun juga harus diperhatikan agar tidak menimbulkan kondisi yang berbahaya bagi anakan kucing. (Baca juga : jenis penyakit mulut pada kucing)

Sponsors Link
Post Date: Monday 20th, May 2019 / 02:39 Oleh :
Kategori : Kucing