Sponsors Link

4 Penyebab Gigi Kucing Lepas Dan Cara Mengatasinya

Sampai sejauh ini, kucing masih menjadi salah satu hewan yang banyak dijadikan peliharaan untuk membantu menghilangkan stres dan menyalurkan keinginan atau minat. Dalam proses merawat kucing, setiap pemilik atau pecinta kucing perlu untuk memahami beberapa permasalahan yang dapat terjadi pada kucing sehingga jika keadaan tersebut benar terjadi maka proses pengatasannya bisa lebih cepat dan tepat. Dalam pembahasan kali ini. ada ada ulasan mengenai penyebab gigi kucing lepas dan cara mengatasinya melalui uraian di bawah.

  1. Mengigit benda terlalu keras

Penyebab gigi kucing lepas yang pertama adalah karena aktivitas dari kucing tersebut yang mengigit benda terlalu keras shingga giginya tidak kuat menahan berat yang harus dikeluarkan untuk mengigit benda keras tersebut dan menimbulkan kondisi gigi kucing lepas sebagian atau seluruhnya. Beberapa benda keras yang seringkali menjadi bahan yang dapat menyebabkan gigi kucing lepas diantaranya seperti tulang, balok mainan, dan besi, serta bahan lainnya. (Baca juga : penyakit kucing pada musim hujan)

Untuk dapat mengatasi kondisi gigi yang lepas akibat gigitan terhadap benda keras tersebut adalah dengan membersihkan area gigi yang terlepas dan memastikan tidak adanya infeksi dari sisa gigi tersebut. Untuk menghindari iritasi dan peradangan maka gunakan minyak tawon yang tidak bermasalah meskipun tertelan. Jika kondisi gigi bermasalah setelah terlepas maka langkah yang harus diambil pemilik kucing adalah membawanya ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan yang tepat. (Baca juga : jenis virus pada kucing)

  1. Kurangnya nutrisi pada kucing

Penyebab selanjutnya yang menjadikan kucing giginya mudah lepas adalah karena kurangnya nutrisi pada kucing. Kucing yang kekurangan asupan makanan bernutrisi dan hanya mengkonsumsi makanan kering saja terlalu sering dapat menyebabkan giginya kurang kokoh dan mudah sekali lepas terutama ketika dipakai untuk mengigit makanan yang keras. Gigi yang sudah lepas memang tidak dapat tumbuh kembali pada kucing dewasa namun dapat dicegah pelepasan gigi lainnya dengan cara memberikan konsumsi protein dan nutrisi yang baik bagi kucing untuk memperkokoh giginya. (Baca juga : penyakit pada kucing yang menular ke manusia)

  1. Infeksi bakteri

Infeksi bakteri menjadi penyebab gigi kucing lepas lainnya. Kondisi infeksi bakteri pada gigi dapat terjadi akibat tersangkutnya makanan pada sela sela gigi yang tidak dibersihkan dengan baik oleh pemiliki kucing sehingga menjadikan makanan tersebut sebagai sumber nutrisi untuk gigi dapat ditumbuhi oleh bakteri. Untuk dapat mengatasi kondisi tersebut maka pemilik kucing perlu untuk selalu memastikan bahwa kondisi kebersihan gigi terjaga dengan baik dan jika ada tanda tanda yang mengarah pada kondisi infeksi bakteri digigi dapat dengan segera mendapatkan perawatan yang tepat sebelum gigi menjadi lepas. (Baca juga : Penyakit kulit pada kucing)

  1. Proses pergantian gigi

Kondisi lainnya yang juga dapat terjadi pada kucing terutama kucing yang masih dalam tahap pertumbuhan atau anakan adalah lepasnya gigi karena adanya pergantian gigi susu pada bayi. Pergantian gigi ini sama halnya dengan proses pergantian gigi pada anak manusia sehingga gigi yang tanggal atau lepas akan dapat tumbuh kembali selama masih dalam usia perkembangan. (Baca juga : jenis penyakit mulut pada kucing)

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab gigi kucing lepas yang perlu diperhatikan dengan baik oleh setiap pemilik kucing karena bisa jadi merupakan pertanda adanya kondisi berbahaya bagi kucing.

, , ,
Post Date: Monday 20th, May 2019 / 02:36 Oleh :
Kategori : Kucing