Sponsors Link

4 Penyebab Suara Kucing Hilang Dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang sekarang ini tetap populer di kalangan masyarakat pecinta hewan. Kucing di sukai untuk menjadi peliharaan karena bentuk fisik tubuhnya yang lucu, perilaku kucing yang mengemaskan, serta didukung dengan suaranya yang khas.  Dalam kondisi tertentu, pasti ada beberapa permasalahan pada kondisi tubuh kucing yang dapat terjadi salah satunya ketika suara yang khas dari kucing tiba tiba menghilang. Berikut penjelasan mengenai penyebab suara kucing hilang dan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

ads
  1. Infeksi

Penyebab pertama yang menjadikan suara kucing menghilang adalah karena infeksi. Kondisi infeksi pada saluran pernafasan ini sama halnya dengan keadaan infeksi yang terjadi pada manusia. Infeksi dapat disebabkan oleh virus herpes dan veline calcivirus. Kondisi infeksi pada saluran pernafasan tersebut tidak hanya menyebabkan kucing menjadi kehilangan suara namun juga dapat menimbulkan gejala lainnya seperti munculnya lendir dari hidung, mata berair, batuk, terlihat radang pada tenggorokan. (Baca juga : jenis penyakit mulut pada kucing)

Untuk mengatasi infeksi pada kucing dalam dilakukan dengan memperhatikan kondisi kucing jika tidak terjadinya penurunan nafsu makan dan keadaannya cukup kuat maka kucing dapat sembuh dengan sendirinya. Namun ketika kondisi kucing sudah sangat lemah dan nafsu makananya hilang maka perlu dibawa ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat.

  1. Pertumbuhan kucing

Kehilangan suara sering kali terjadi pada kucing yang masih kecil sebagai keadaan normal akibat adanya pertumbuhan pada pita suaranya. Proses pertumbuhan pada pita suara tersebut akan menjadikan kucing kehilangan suara untuk sementara waktu. Pertumbuhan pita suara tersebut akan ditandai dengan kondisi batuk, bersin, dan terkadang infeksi pada telingga. Jika kondisi kucing tidak menunjukan tanda bermasalah maka cara pengatasannya cukup dengna menjaga kucing dan memberikannya kenyamanan lebih. (Baca juga : Penyakit kulit pada kucing)

  1. Laryngeal paralysis

Penyebab suara kucing hilang lainnya adalah karena adanya kondisi laryngeal paralysis yakni kerusakan saraf yang menjadikan pita suara tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Kondisi gejala yang menunjukan kucing mengalami laryngeal paralyis tersebut seperti batuk berlebihan, suara kucing yang serak, sesak nafas, dan gangguan pada nafsu makannya. Jika kondisi laryngeal paralysis yang menyebabkan hilangnya suara kucing maka akan dilakukan prosedur operasi untuk mengatasinya. (Baca juga : penyakit pada kucing yang menular ke manusia)

  1. Adanya benda asing ditenggorokan kucing

Penyebab suara kucing hilang lainnya adalah karena adanya benda asing yang masuk ke dalam tenggorokan kucing dan menghalanginya untuk dapat bersuara. Kondisi masuknya benda asing tersebut banyak terjadi pada kucing yang masih kecil dengan kebiasaan memasukan benda benda asing ke dalam mulutnya. Tanda adanya benda asing pada tenggorokan kucing tersebut biasanya adalah munculnya kondisi kucing mau muntah. Untuk dapat mengatasi permasalahan suara akibat adanya benda asing tersebut tentu diatasi dengan mengeluarkan benda asing yang terdapat di dalam tenggorokan. Selain benda asing, luka yang muncul pada tenggorokan kucing juga menyebabkan hilangnya suara. (Baca juga : jenis virus pada kucing)

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab suara kucing hilang dan cara cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut. Jika ada pertanda suara kucing hilang disertai dengan gejala lainnya maka mengkonsultasikan dengan dokter merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan. (Baca juga : penyakit kucing pada musim hujan)

Sponsors Link
,
Post Date: Monday 20th, May 2019 / 02:31 Oleh :
Kategori : Kucing