Sponsors Link

13 Cara Budidaya Udang Windu Secara Organik

Sponsors Link

Sebagai pembudidaya udang windu, tentunya menginginkan keberhasilan dan kesuksesan dalam panen, yang akan berpengaruh pada pundi pundi rupiah dan keberlangsungan usaha yang dilakukan. Berbagai cara bisa dilakukan untuk mencapai hal tersebut, diantaranya ialah mempelajari secara mendalam baik teori maupun praktiknya serta melakukan budidaya dengan kesungguhan dan ketekunan.

ads

salah satu cara yang bisa dilakukan ialah melakukan budidaya secara organik yang dapat menghemat pengeluaran serta lebih sedikit menggunakan bahan bahan kimia sehingga ongkos untuk biaya perawatan bisa ditekan dan hasil panen lebih sehat, berikut 13 cara budidaya udang windu secara organik.

1. Pengolahan Dasar Tanah

Dilakukan dengan cara membuang air di dalam tambak, genangan air yang tersisa dikeluarkan dengan cara dipompa, selanjutnya lahan dikeringkan hingga tanah retak retak dan dibalik dengan menggunakan ditraktor sehingga bahan bahan beracun hilang dan bakteri patogen mati, lakukan pengeringan tambak selama minimal 15 hari. (Baca juga mengenai cara budidaya udang vaname modern).

2. Pemberantasan Hama

Dilakukan setelah pengolahan lahan, caranya ialah lahan dibasahi terlebih dahulu dengan cairan khusus pada tanah secara merata dan didiamkan minimal sehari penuh atau selama 24 jam, lakukan di waktu sore hari di atas jam 4 sore, cairan bisa dibeli di toko yang menjua keperluan untuk memberantas hama atau keperluan ternak. (Baca juga mengenai cara budidaya udang vaname supra intensif).

3. Pengapungan

Cara budidaya udang windu secara organik selanjutnya dilakukan pengapungan agar kualitas tanah dan air mengalami perbaikan dan siap untuk dijadikan lokasi tambak, lakukan dengan cara memberi kapur bakar dan kapur pertanian sebanyak 1000 kg per hektar dan 320 kg per hektar dan masukkan air ke dalam tambak kemudian lakukan pemupukan dengan pupuk kandang atau pupuk organik. (Baca juga mengenai cara membuat probiotik untuk udang vaname).

4. Penumbuhan Makanan Alami

Tumbuhkan plankton atau makanan alami dengan cara memasukkan air dengan kedalaman tidak lebih dari 30 cm kemudian taburkan obat khusus untuk penyubur tanah dengan takaran 1 tutup botol untuk 3 meter kubig air, setelahnya biarkan selama 15 hari agar tanah secara alami mengalami perbaikan dan tumbuh makanan makanan alami yang bermanfaat. (Baca juga mengenai cara budidaya udang galah di kolam beton).

5. Pengisian Air

Cara budidaya udang windu secara organik selanjutnya ialah dilakukan pengisian air dalam tambak dan air dimasukkan ke dalam secara bertahap. ketinggian air dibiarkan dalam tambak selama kurang lebih 2 sd 3 minggu sampai kondisi air benar benar siap untuk ditaburi benih udang windu, lakukan hingga air telah siap dan perhatikan kondisi tanah serta kebersihan air yang masuk. (Baca juga mengenai cara ternak udang hias dalam aquarium).

6. Penebaran Benih Udang Windu

Penebaran benih dilakukan setelah plankton atau makanan alami di dalam air tumbuh dengan baik yakni sekitar 7 sd 15 hari sesudah pemupukan dilakukan, benih yang digunakan tentunya benih yang berkualitas dan bebas patogen serta memenuhi syarat untuk proses budiddaya yakni memiliki keaktifan dan anggota tubuh yang sehat.

Sponsors Link

Benih udang windu yang digunakan untuk budidaya harus memiliki insang yang sempurna, memiliki ukuran yang hampir seragam atau rata, tubuh benih dan ususnya terlihat jelas, serta benih udang windu bisa berenang dengan baik ketika melawan arus.

7. Penyesuaian Suhu

Cara budidaya udang windu secara organik selanjutnya ialah dengan memastikan suhu dalam tambak sudah sesuai serta sudah tepat untuk proses budidaya udang windu, lakukan dengan cara mengapungkan kantong yang berisi benih udang windu di tambak dan menyiramnya dengan air secara perlahan, selanutnya buka kantong dengan cara dimiringkan secara perlahan agar benih udang windu keluar dan berenang dengan sendirinya, lakukan hal ni pada sore hari di atas jam 4 sore.

ads

8. Pemeliharaan

Selama masa pemeliharaan, lakukan monitoring pada kualitas air yang ditempati udang windu yakni meliputi suhu, salinitas, kedalaman air dan kadar oksigen, dan kebersihan lingkungan, pastikan air dalam kondisi stabil sehingga mampu menjadi tempat terbaik untuk budidaya dan tidak menyebabkan stres pada udang windu sehingga udang windu mampu tumbuh dan berkembang dengan baik.

9. Pakan Organik

Cara budidaya udang windu secara organik selanjutnya yang juga berkaitan dengan masa pemeliharaan dan perkembangbiakan ialah dengan memberinya makanan organik yang sehat yang terbuat dari bahan alami yakni memebrikan pakan yang juga telah mendapat tambahan dari plankton atau makanan alami yang telah berkembang, berikan dengan frekuensi 3 kali sehari setiap pagi sore dan malam.

10. Panen Udang

Panen yang dilakukan tentunya harus memperhatikan aspek harga, pertumbuhan, dan kesehatan udang, panen dilakukan setelah masa pemeliharaan sekitar 100 hari, pertahankan ketinggian air dengan baik sebelum panen agar udang windu tidak mengalami ganti kulit, siapkan juga peralatan panen seperti keranjang panen, jaring yang telah dipasang di pintu air, jala lempar, ember, baskom, dan lampu penerangan yang dapat menjangkau secara menyeluruh dan turunkan volume air dengan bantuan pompa.

Lakukan penangkapan udang windu dengan jala dan sebaiknya panen dilakukan di malam hari untuk mengurangi resiko kerusakan pada mutu udang windu karena udang windu yang baru saja dipanen amat peka terhadap sinar matahari. udang windu yang ditangkap selanjutya cuci dan rendam dalam es untuk persiapan penjualan dan pengemasan.

11. Perlindungan dari Predator

Cara budidaya udang windu secara organik selama masa pemeliharaan tentunya juga harus menjaga keselamatan udang windu, yakni melindunginya dari ppredator dan hewan hewan yang mengganggu sehingga udang windu tidak stres dan dapat tumbuh berkembang dengan baik, pastikan lokasi aman dari hewan hewan berbahaya.

12. Budidaya Lanjutan

Ketik telah berhasil, budidaya lanjutan bisa dilakukan dengan cara yang sama yakni menggunakan benih udang windu yang berkualitas dan meastikan tambak serta kondisi air masih dalam kondisi baik dan layak untuk proses budidaya, lakukan terus menerus dan jika dirasa terdapat perubaahan dapat dilakukan pengolahan tanah kembali.

13. Kualitas Pakan

Jaga selalu kualitas pakan organik yang diberikan sebab pakan organik cenderung memiliki masa ketahanan yang kurang sebab itu ketika menyediakan atau membeli harus segera diberikan kepada udang windu agar makanan tidak basi dan tidak membuat pertumbuhan udang windu terganggu, pakan yang sehat akan memberikan hasil panen terbaik.

Sekian semoga bermanfaat untuk anda.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Friday 29th, June 2018 / 02:58 Oleh :
Kategori : Udang