Sponsors Link

6 Cara Memberi Minum Burung Hantu Paling Tepat

Burung Hantu Peliharaan

Burung hantu merupakan sekelompok burung yang tergolong ke dalam anggota ordo Strigiformes. Burung ini juga  termasuk golongan burung buas (karnivora, pemakan daging) dan menjadi spesies hewan malam (nokturnal). Namun tenang saja, ada cara menjinakkan burung hantu dengan mudah dan cepat yang sudah disampaikan sebelumnya. Seluruhnya, kurang lebih terdapat sekitar 222 spesies yang telah diketahui, yang menyebar di seluruh dunia kecuali Antartika, dan sebagian besar Greenland serta beberapa pulau-pulau terpencil.

Sedangkan untuk di dunia barat, hewan ini justru dianggap simbol kebijaksanaan, akan tetapi di beberapa tempat di Indonesia dianggap pembawa pertanda maut, maka namanya dikenal Burung Hantu. Banyak artikel serupa mengenai burung hantu yang sudah disampaikan sebelumnya yakni tentang cara mencegah tetelo pada burung hantu, cara merawat burung hantu celepuk dan masih banyak lagi.

Kendati demikian, tidak di semua tempat yang ada di Nusantara burung ini disebut sebagai burung hantu. Di Jawa misalnya, nama burung ini adalah darès atau manuk darès yang tidak ada konotasinya dengan maut atau tentang keberadaan hantu. Di Sulawesi Utara, burung hantu dikenal dengan nama lain yakni Manguni. Jadi, jika anda ingin memeliharanya jangan terus menggenggam keraguan atau ketakutan, karena ada alasan lain mengapa disebut dengan burung hantu.

Bisa anda lihat sendiri, bahwa burung ini dikenal sebagai burung hantu karena matanya besar dan menghadap ke depan, tak seperti umumnya jenis burung lain yang matanya menghadap ke samping. Selain itu, lehernya bisa memutar 180 sampai dengan 360 derajat, yang mungkin itulah yang membawa kesan menyeramkan juga. Selain itu, paruhnya yang bengkok tajam mirip seperti elang dan susunan bulu pada kepala yang membentuk lingkaran wajah yang cukup mengesankan menjadi ciri khas burung hantu.

Mungkin anda salah satunya yang penasaran akan burung satu ini dan terkesan ingin memeliharanya namun takut? Buang pikiran buruk anda mengenai bahwa burung ini pendatang maut atau hantu. Hanya saja burung hantu memang pemakan daging, tergolong buas. Sehingga siapapun tetap harus berhati-hati, karena bisa menggigit jari-jari anda ketika merasa terancam bahaya. Lalu bagaimana untuk memberikan makan dan tentang cara memberi minum burung hantu?

Beberapa orang mungkin sudah memelihara burung hantu sebagai pemula, akan tetapi masih kebingungan akan tengang bagaimanakah caranya untuk memberi minum terhadap burung hantu tersebut. Karena meskipun pada dasarnya burung hantu mampu memakan dan minum sendiri, tetapi pertama kali mereka dipelihara maka butuh adaptasi yang tidak cepat, begitupun untuk makan dan minumnya yang harus dibantu. Cara selengkapnya dapat anda simak berikut ini:

1. Kenali Karakternya

Pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mengenali karakternya si burung hantu. Karena banyak sekali jenis burung hantu, maka tidak semua mempunyai karakter yang sama. Ada yang sangat agresif dan ada yang cenderung tenang sampai dengan menyerang.

2. Buatkan Kandang Sedikit Lebih Besar

Pembuatan kandang juga menjadi bagian dari salah satu cara dalam memberikan minum burung hantu. Mengapa? Karena tidak mudah memberikan minum padanya untuk karakter yang masih buas, sehingga harus ada pendekatan dan hal-hal yang membuatnya nyaman salah satunya adalah sangkar.

Mengingat bahwa sangkar merupakan tempat tinggalnya, maka buatlah singgahan untuk bernafas lebih lega yakni dengan ukuran kandang lebih besar. Hal ini juga menjadi salah satu cara menghilangkan stres pada burung hantu.

3. Pastikan Kondisi Kandang Bersih

Memastikan bahwa kondisi kandang dalam keadaan yang bersih, jadi anda harus rajin membersihkan setiap kali kotor. Tempat yang bersih akan membuat burung hantu nyaman dan akhirnya takluk pada anda.

4. Ajak Bermain atau Bercanda

Setiap paginya, cobalah untuk mengajaknya bermain atau bercanda. Tidak seperti anda bercanda dengan anak kecil, namun cukup dengan bersiul di depannya. Siulan adalah cara untuk dekat dengan semua burung. Ketika masih terasa galak, berikut ini cara menjinakkan burung hantu bagi pemula yang bisa diterapkan.

5. Berikan Makanan Kesukaan

Makanan favorite burung hantu adalah tikus, dan setidaknya anda berikan dua kali dalam satu minggu untuk tahap pendekatan. Namun ketika sudah akrab, hilangkan memberikan tikus secara perlahan. Karena tikus dan semua jenis daging dari hewan yang masih hidup akan selalu membuatnya buas. Oleh karena itu jangan keterusan memberikan tikus, cukup sebagai tahap perkenalan saja.

6. Sodorkan Minuman Pada Paruhnya

Dalam sebuah sangkar, pastilah anda membuatkan pintu. Dari pintu sinilah anda bisa memberikan minum untuk burung hantu dengan cara menyodorkan dekat di paruhnya. Sembari ajaklah bercanda, anda harus telaten memberikan minum seperti itu untuknya.

Merawat atau memelihara burung hantu memang tidak mudah, pasti akan banyak kendala di selama memelihara awalan. Tetapi perlahan si buas burung hantu akan luluh juga jika anda memberikan perhatian dan kasih sayang, serta melakukan cara memberi minum burung hantu yang tepat. Mungkin anda ingin menyimak artikel serupa yakni tentang jenis burung hantu yang sulit dipelihara, atau makanan burung hantu liar apa saja. Demikian yang bisa disampaikan, semoga bermanfaat.

, , ,
Post Date: Friday 15th, November 2019 / 13:39 Oleh :
Kategori : Burung