Sponsors Link

12 Jenis Makanan yang Tidak Boleh untuk Anjing

makanan anjing

Anjing adalah hewan peliharaan yang tergolong lucu sekaligus mampu menjaga lantaran memiliki sifat melindungi dan setia. Dalam tips memelihara anjing untuk pemula, sebaiknya kita memerhatikan makanannya dan juga hal-hal apa saja yang cocok untuk anjing. Dalam hal ini adalah mengetahui makanan yang tidak boleh untuk anjing. Lantaran bisa saja, kita memberikan secara tidak sengaja makanan-makanan yang bisa menyebabkan hal buruk, seperti keracunan pada anjing. Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan memberikan informasi tentang makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi oleh anjing. Berikut ini adalah 12 jenis dari makanan yang harus dihindari.

1. Susu Sapi

Susu tidak selamanya sehat dikonsumsi oleh makhluk hidup. Salah satu contohnya adalah susu sapi yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anjing. Hal ini disebabkan karena anjing tidak memiliki enzim yang bisa mengurai gula yang berasal dari susu sapi. Meskipun tidak menimbulkan kematian pada anjing akan tetapi berdampak pada kesehatannya, seperti timbulnya gangguan pencernaan dan juga muntah. Hal ini juga menyebabkan timbulnya bakteri dari susu yang bisa menjadi awal mula penyakit berkembang.

2. Cokelat

Cokelat yang terkenal lezat juga tidak cocok dikonsumsi oleh anjing. Lantaran cokelat masuk dalam kategori methylxanthines. Di mana kategori ini tergolong mangandung racun. Mungkin jika manusia yang mengonsumsi cokelat akan aman-aman saja, tetapi lain halnya dengan anjing. Jika anjing mengonsumsi cokelat maka akan menimbulkan dehidrasi, tremor, sakit perut, detak jantung yang tidak teratur, kejang, dan peningkatan suhu tubuh. Bahkan tidak sedikit anjing mengalami kematian. Oleh karena itu, hindari memberikan cokelat pada anjing peliharaan Anda.

3. Bawang

Bawang merupakan jenis makanan yang membahayakan anjing. Anjing yang telah mengonsumsi bawang bisa saja akan membutuhkan transfusi darah, hal ini disebabkan lantaran bawang mengandung senyawa yang lumayan berbahaya. Senyawa ini bisa menyebabkan kerusakan pada sel darah merah sehingga menimbulkan risiko lemas, lemah, dan tidak bersemangat untuk bergerak.

4. Keju

Sama halnya dengan susu sapi yang telah dibahas di atas, ternyata keju juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anjing. Hal ini jelas bahwa keju juga mengandung gula serta lemak yang tidak bisa diurai tidak adanya enzim pada anjing. Risiko yang bisa ditimbulkan pada anjing jika mengonsumsi keju adalah muntah dan diare.

5. Kacang Macadamia

Jika melihat anjing peliharaan menunjukkan gejala depresi, muntah, dan juga hipotermia, maka bisa jadi mereka mengalami keracunan yang bisa saja disebabkan oleh makanan yang tanpa sengaja dikonsumsi. Gejala ini bisa disebabkan oleh kacang macadamia, sehingga sebaiknya Anda lebih berhati-hati dalam pemberian jenis makanan ini. Meskipun kandungan kacang jenis ini berupa asam lemak yang bagus untuk kesehatan jantung manusia, namun lain halnya terhadap hewan, khususnya anjing.

6. Avokad

Tahukah, Anda, kandungan dari buah avokad? Ternyata buah, biji, kulit, dan juga daun dari avokad mengandung persin yang masuk dalam kategori racun. Racun ini bisa menimbulkan dampak pada anjing, tetapi tergantung varietas anjing tersebut. Jika dikonsumsi oleh anjing maka akan menimbulkan masalah pada kesehatannya, berupa gangguan pernapasan, gangguan pada perut yang bisa menyebabkan sakit, dan juga adanya pemumpukan cairan pada dada anjing.

7. Anggur

Buah anggur juga merupakan salah satu buah yang tidak dianjurkan untuk anjing. Meskipun anggur lagi-lagi mengandung banyak vitamin dan mineral, serta kadar air yang tinggi tetapi hal tersebut tidak menjamin bahwa buah tersebut aman dikonsumsi oleh hewan. Kabarnya anggur yang dikonsumsi oleh anjing akan menyebabkan gagal ginjal. Selain itu juga dapat menyebabkan penyakit lain, seperti penurunan nafsu makan dan juga dehidrasi. Jika tidak segera ditangani maka akan menyebabkan kematian pada anjing.

8. Kafein

Untuk tetap memacu kerja sistem syaraf, biasanya kita mengonsumi kopi yang mengandung kafein yang bisa membuat kita tetap fokus dalam bekerja. Namun, lain halnya jika yang mengonsumsinya adalah anjing. Nyatanya, methylated xanthine yang berupa stimulan yang bisa ditemukan di kopi mampu menyebabkan kegelisahan, muntah, dan detak jantung yang tidak stabil pada anjing, sehingga akan menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan segera.

9. Apel

Siapa sangka bahwa bagian tengah apel yang setiap hari dikonsumsi mengandung sianida. Terkadang kita tidak sadar bahwa ketika selesai mengonsumsi apel biasanya bagian tengah yang merupakan sisa kerap diberikan kepada anjing kita untuk digigit. Padahal jika dipahami bahwa bagian tengah apel tersebutlah yang mengandung racun. Gejala yang bisa diderita oleh anjing adalah gangguan pernafasan, pingsan, pusing, bahkan kejang. Oleh karena itu lebih berhati-hatilah terhadap sisa bagian tengah apel.

10. Ragi

Ragi yang mentah juga berbahaya bagi anjing. Hal ini bisa menimbulkan proses fermentasi di dalam perut anjing jika tanpa sengaja dikonsumsi. Nyatanya, ragi mengandung alkohol sehingga bisa menimbulkan gas di dalam perut dan tentu saja akan merusak pencernaan bagi anjing. Selain saluran pencernaan yang terganggu, ragi yang mentah juga dapat merusak usus sehingga menimbulkan gejala lemas, peredaran darah terganggu, dan muntah-muntah. Meski mengonsumsi ragi yang mentah memiliki kemungkinan yang sangat kecil, akan tetapi lebih berhati-hati tidak ada salahnya.

11. Bacon

Untuk menjaga proses penyerapan nutrisi pada anjing lebih bagus maka sebaiknya memerhatikan asupan makanannya. Akan tetapi kita sering berpikir bahwa bacon adalah makanan yang cocok dikonsumsi oleh anjing lantaran tergolong daging dan kaya lemak. Tetapi, faktanya bahwa bacon yang jika dikonsumsi oleh anjing bisa menimbulkan penyakit yang serius, berupa penkreatitis. Penyakit ini merupakan peradangan pankreas sehingga fungsinya tidak berjalan, sehingga timbul gangguan proses pencernaan dan juga gangguan pada proses penyerapan nutrisi.

12. Xylitol

Xylitol bisa ditemukan pada berbagai produk olahan makanan hingga yang bukan makanan. Untuk produk makanan, xylitol terdapat pada beberapa jenis permen. Sementara untuk produk yang bukan makanan, bahan ini bisa ditemukan pada produk pasta gigi. Bagaimana jika bahan ini masuk ke dalam perut anjing? Maka tentu saja akan menimbulkan gejala yang serius, seperti kejang, lesu yang disebabkan oleh gula darah yang menjadi rendah, dan juga bisa menimbulkan kerusakan hati. Sehingga lebih disarankan untuk tidak memberikan kepada anjing Anda produk makanan atau non makanan apa saja yang mengandung xylitol.

Itulah beberapa jenis makanan yang tidak boleh untuk anjing. Diharapkan agar Anda lebih berhati-hati memilih makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Hal ini bertujuan agar anjing peliharaan Anda bisa tetap sehat dan hidup lama. Anda juga bisa memberikan vitamin untuk anak anjing dan induknya sesuai saran dokter hewan, agar anjing Anda tetap sehat

, , , ,
Post Date: Friday 15th, November 2019 / 09:50 Oleh :
Kategori : Anjing