Sponsors Link

9 Penyebab Anjing Menggigit dan Menyerang

Anjing masuk ke dalam kategori hewan buas, akan tetapi anjing kerap dijadikan peliharaan. Hal ini berdasarkan fakta bahwa anjing memiliki beberapa jenis yang bisa dipilih untuk dijadikan peliharaan. Mulai dari anjing yang bertubuh kecil sehingga terlihat lucu, maupun yang bertubuh besar dan kerap dijadikan anjing penjaga. Di samping itu, anjing juga terkenal sebagai hewan yang sangat setia dan bersahabat. Tanda anjing setia terlihat seperti pada film Hachiko yang diangkat dari kisah nyata.

anjing menggigit

Akan tetapi, terdapat beberapa kasus yang menyangkut hewan peliharaan anjing yang pada akhirnya menggigit manusia. Menurut ahli yang bekerja sebagai konsultan dalam mengamati perilaku anjing, maka disebutkan bahwa anjing menggigit bisa disebabkan oleh beberapa alasan. Bisa saja, si anjing merasa terancam, gelisah, maupun merasakan sakit, sehingga membuatnya tidak nyaman dan pada akhirnya menggigit adalah salah satu cara pertahanan diri. Ada pula pendapat bahwa penyebab anjing menggigit lantaran adanya perlawanan dan juga naluri ingin melindungi suatu wilayah teritorinya.

Dulu, ketika kita masih kecil, kita kerap diperingatkan bahwa jangan lari ketika melihat anjing di jalan. Hal ini lantaran timbul perasaan ingin menggigit dari anjing, jika melihat kita ketakutan maupun gelisah. Terlebih sebuah penelitian mengemukakan bahwa banyak kasus manusia digigit oleh anjing liar maupun anjing yang mereka tidak kenal. Cara terbaik adalah kita sebaiknya mengenali bahasa tubuh anjing, seperti timbulnya sifat agresif dan menggeram, sehingga kita mengetahui tindakan seperti apa yang harus dilakukan.

Ada pula sebuah fakta bahwa sebelum menggigit, anjing biasanya berusaha memberi sinyal terhadap sesuatu yang tidak disukainya. Sinyal ini bisa berbeda-beda, seperti menjilat bibir, menundukkan kepala, gelisah, menggelengkan kepala, mengibas ekor dengan gerakan cepat, maupun diam. Oleh karena itu, pahamilah sifat anjing peliharaan Anda agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pada artikel ini, kami akan memberikan informasi apa saja yang menjadi penyebab anjing sehingga menggigit. Semoga artikel ini bisa membantu Anda mengurangi kemungkinan tergigit anjing. Berikut ini adalah sembilan penyebab yang harus Anda pahami.

1. Takut

Anjing akan menggigit jika mereka merasa gelisah dan ketakutan. Oleh karena itu, pahami perilaku anjing peliharaan Anda. Terlebih pahami sifat dan sikapnya terhadap timbulnya perasaan-perasaan maupun suasana hati yang bisa membuatnya menggigit. Penyebab anjing menggonggong malam hari juga bisa dikarenakan takut akan suatu hal.

2. Sakit

Untuk menghindari digigit anjing, maka pahamilah sikap mereka ketika sedang tidak sehat, dan juga kenali jenis sakit pada anjing. Hal ini dikarenakan, anjing memiliki perasaan yang tidak ingin diganggu pada saat mereka tidak sehat. Ini juga merupakan bentuk perlawanan diri sehingga jika ada yang mengganggunya, mereka akan menggigit.

3. Melindungi

Tidak bisa dipungkiri bahwa anjing juga memiliki barang kesayangan, bisa berupa mainan maupun benda yang melekat di tubuhnya, seperti kalung tanda pengenal. Oleh karena itu, jika barang-barang tersebut diganggu atau Anda berniat mengambilnya, maka anjing bisa saja menggigit Anda. Selain itu, anjing juga akan menggigit ketika wilayah yang dilindunginya terganggu.

4. Kaget

Jika bermain dengan anjing peliharaan Anda maupun anjing liar, maka sebaiknya bermainlah dengan batas wajar. Dalam hal ini tidak berteriak maupun berlaku kasar. Misal, jika Anda berteriak bisa saja anjing akan merasa kaget, dan dengan gerakan refleks mereka akan menggigit. Oleh karena itu, lebih menghindari hal-hal yang bisa membuat anjing merasa kaget.

5. Perubahan Lingkungan

Perubahan lingkungan yang dimaksud pada poin adalah adanya anggota baru yang belum pernah dilihat oleh si anjing. Anggota baru ini bisa berasal dari keluarga si anjing maupun keluarga yang memelihara. Jika terdapat anggota baru, maka sebaiknya mereka diperkenalkan untuk menghindari sifat agresif yang ditimbulkan dan juga untuk memulai penyesuaian diri pada anjing. Karena biasanya sifat agresif ini akan membuat mereka menggigit.

6. Melihat Orang Berlari

Pada bagian awal artikel ini telah dibahas bahwa jika melihat atau berada di dekat anjing, baik itu di jalan atau di manapun, sebaiknya Anda jangan berlari menjauh dari anjing tersebut. Hal ini dikarenakan anjing memiliki kebiasaan akan mengejar orang yang dilihatnya berlari. Jika hal ini terjadi, maka sebaiknya Anda berhenti dan berdirilah menghadap anjing, tetapi hindari juga kontak mata dengan mereka.

7. Melindungi anak

Sebagai seorang induk, anjing juga memiliki insting untuk melindung anaknya. Induk anjing terkenal lebih posesif terhadap memberikan perlindungan kepada anak, sehingga jika ada yang mengganggu maupun menimbulkan kondisi terancam dan tidak nyaman terhadap anaknya, maka sang induk akan menggigit.

8. Stres

Sama seperti manusia yang memiliki hormon-hormon yang akan aktif pada saat-saat tertentu, seperti pada saat hamil maupun sehabis melahirkan. Seekor anjing juga akan seperti itu. Biasanya anjing akan mengalami stress pada saat sehabis melahirkan. Timbulnya stress ini bisa menjadi penyebab anjing menggigit apabila mereka merasa terganggu dengan lingkungan sekitar.

9. Trauma

Siapa bilang anjing tidak bisa memiliki trauma. Semua makhluk hidup pernah merasakan ini, tanpa terkecuali seekor anjing. Sama seperti manusia yang apabila pernah mengalami hal buruk hingga menyebabkan trauma maka mereka akan beraksi jika diingatkan kembali. Seekor anjing juga akan berlaku demikian. Mereka akan bereaksi jika kembali mengalami atau mengingat hal-hal yang tidak menyenangkan. Hal ini disebut trauma, dan tanda anjing trauma terkadang dengan menggigit sebagai bentuk perlindungannya.

Itulah beberapa penyebab anjing menggigit sehingga menyebabkan kerugian dan risiko yang tidak sedikit jika hal tersebut terjadi. Akan tetapi, karakteristik setiap anjing berbeda-beda, hal ini tergantung dari jenisnya. Sebut saja contoh seekor anjing jenis Pit Bull petarung yang jika dilihat dari segi fisik memiliki tubuh yang lumayan besar dan terlihat kuat. Ciri fisik ini sangat berbeda dengan jenis anjing yang lain. Namun, jika dilihat berdasarkan karakteristiknya, anjing jenis ini sama saja dengan anjing yang lain.

Hal tersebut bisa dirasakan bahwa anjing Pit Bull tergolong lebih jinak, tetapi bisa timbul sifat agresif apabila mereka bertemu dengan hewan lain. Kelebihan lainnya adalah anjing jenis ini sangat gampang berinteraksi dengan manusia sehingga menjadikannya anjing yang mudah dipelihara maupun dilatih agar pintar.

Sekian artikel tentang penyebab anjing menggigit yang telah kami bahas. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam hal menambah informasi yang berkualitas demi menghindari segala hal yang merugikan di kemudian hari.

, , , ,
Post Date: Friday 15th, November 2019 / 09:33 Oleh :
Kategori : Anjing