Sponsors Link

8 Makanan Ikan Discus agar Cepat Besar

ikan discus

Ikan disus tergolong ke dalam kelompok Symphysodon spp. adalah salah satu ikan hias dari jenis-jenis ikan hias air tawar cichlid dan sangat popular di wilayah Asia. Kelompok ikan hias ini terdiri dari tiga jenis spesies, yaitu discus hijau, discus heckel, dan discus biasa. Ikan discus adalah ikan yang hidup dan berhabitat asli di beberapa anak sungai Amazon. Ketiga jenis spesies ini tersebar di wilayah yang berbeda, ada yang di Brazil, Peru, dan Kolombia. Selain itu, ada juga yang bisa ditemukan di sungai Abacaxis, Rio Negro, dan Trombetas.

Ikan discus kerap dijadikan ikan hias di akuarium karena bentuk tubuhnya yang unik serta gaya berenangnya yang juga anggun. Selain itu, ikan ini juga memiliki warna-warna yang indah sehingga menambah nilai jualnya. Sementara itu, di alam bebas ikan discus ini mengelabui predator dengan cara bersembunyi di ranting atau daun pepohonan.

Ciri khas lain ikan discus adalah perilakunya yang sangat menjaga larvanya. Masa kawin ikan discus ini berlangsung selama dua minggu, dan telur yang dihasilkan oleh betina akan menetas setelah tiga hari ikan discus jantan dan betina kawin. Pada masa persalinan larva akan melekat dan menggantung di kulit induk betina. Larva ini akan dijaga oleh induk jantan dan betina.

Cara Merawat ikan discus bagi pemula tergolong gampang-gampang susah lantaran ikan ini memiliki sifat sensitif serta sangat mudah terkena stress. Penyebab dari stress ini sedikit beragam, bisa disebabkan oleh kondisi lingkungan seperti akuarium yang kurang terawat atau ikan discus dibiarkan sendiri di dalam akuarium. Padahal, cara hidup ikan discus ini adalah berkelompok.

Selain hal-hal yang bisa menyebabkan stress di atas, ternyata ada juga faktor lain yang tak kalah pentingnya, ialah makanan. Dalam pemeliharaannya, pakan yang diberikan sebaiknya tidak sembarangan. Lantaran terdapat beberapa jenis pakan yang cocok dan tidak untuk discus ini. Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan memberikan informasi tentang makanan apa saja yang bisa diberikan kepada ikan discus pada saat pemeliharaan yang bertujuan untuk mempercepat proses pertumbuhannya. Selain itu, kami juga akan memberikan tips bagaimana memberikan makanan kepada ikan discus.

Makanan Ikan Discus agar Cepat Besar

Barangkali, Anda bisa mempraktekan cara membuat vitamin untuk ikan hias Anda, akan tetapi, beberapa ikan hias lebih menyukai makanan yang berasal dari alam langsung. oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa jenis makanan alami dan juga makanan buatan yang bisa diberikan kepada ikan discus agar mempercepat proses pertumbuhannya.

1. Kutu air

Kutu air adalah makanan yang tergolong alami yang bisa diberikan kepada ikan discus. Sebelum memberikannya kepada ikan, sebaiknya, kutu air ini dicuci terlebih dahulu agar menghilangkan segala kotoran yang menempel. Kutu air ini sangat mudah dicerna sehingga sangat cocok untuk dijadikan pakan.

2. Artemia

Jenis makanan ini masih tergolong makanan alami untuk ikan discus. Artemia merupakan makanan ikan discus yang sangat steril serta terbebas dari penyakit. Artemia ini mengandung nutrisi lemak sebasar 25% dan juga protein sebesar 50%.

3. Rotifera

Adalah suatu jenis mikro organisme yang memiliki ukuran sangat kecil, sehingga sangat mudah masuk ke mulut ikan discus. Selain itu, makanan ini juga cocok untuk anak ikan discus.

4. Cacing Sutera

Karena cacing sutera mengandung banyak protein, lemak, dan mineral maka tentu saja cacing jenis ini sangat bagus untuk masa pertumbuhan ikan discus. Yang perlu diperhatikan juga adalah kebersihan cacing sutera sebelum diberikan kepada ikan haruslah benar-benar bersih.

5. Telur Udang Galah

Kegunaan telur udang galah jika dijadikan pakan untuk ikan discus adalah sebagai cara agar warna ikan discus keluar lebih indah. Sebelum diberikan kepada ikan discus, telur ini terlebih dahulu dibekukan agar awet. Selain mampu memberikan warna yang cantik pada ikan, telur udang galah ini juga mampu mempercepat proses pertumbuhan ikan.

6. Cacing Darah

Cacing darah berasal dari proses pembusukan metamorfosis lalat Chironomus yang tidak berhasil. Proses pembusukan ini yang akhirnya menghasilkan cacing darah. Agar lebih awet dan bisa disimpan lama, biasanya cacing darah ini dibekukan kemudian secara bertahap diberikan kepada ikan discus.

7. Jentik Nyamuk

Jenis makanan ini tergolong sangat mudah didapatkan. Jentik nyamuk banyak terdapat pada tempat-tempat di mana air tergenang, seperti selokan. Jentik nyamuk sendiri memiliki kandungan protein yang lumayan tinggi sehingga akan sangat membantu masa pertumbuhan ikan discus.

8. Burger Ikan Discus

Jenis makanan ini tergolong makanan buatan yang dibuat khusus dan diperuntukkan agar kebutuhan nutrisi ikan discus bisa terpenuhi dengan maksimal. Burger ikan discus ini terbuat dari ikan tuna atau salmon, jantung sapi, udang, dan juga air. Berdasarkan hal tersebut, makanan ini mengandung protein, vitamin, mineral, serat, dan karbohidrat. Kelebihan dari makanan buatan ini adalah lebih tahan lama. Di samping itu, tentu ada juga kekurangannya, seperti memperlambat pertumbuhan ikan. Sebaiknya, tidak memberikan makanan ini secara berlebihan kepada ikan discus dan kombinasikan dengan makanan alami.

Tips Memberikan Makanan Ikan Discus

Setelah mengetahui makanan apa saja yang bisa mempercepat proses pertumbuhan ikan discus, maka berikut ini adalah tips bagaimana memberikan makanan kepada ikan tersebut.

  • Memberikan Makanan Secara Bertahap

Karena ukuran tubuh ikan discus sendiri tergolong lumayan kecil, maka dari itu pemberian makanan yang baik adalah tidak terlalu banyak. Maksud secara bertahap di sini adalah sedikit demi sedikit. Selain itu, jangan terlalu banyak dan jangan pula terlambat dari jadwal pemberian makan.

  • Mengombinasikan Jenis Makanan

Jika makanan yang diberikan merupakan makanan buatan maka sebaiknya makanan tersebut dicampur atau dikombinasikan dengan makanan yang alami. Hal ini bertujuan agar pertumbuhan ikan discus lebih sempurna.

Penjelasan di atas adalah beberapa informasi yang bisa kami berikan dalam merawat ikan discus, khususnya jenis makanan ikan discus agar cepat besar. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam hal menambah informasi pada saat memelihara ikan discus.

, , , , ,
Post Date: Friday 15th, November 2019 / 09:13 Oleh :
Kategori : Ikan