Sponsors Link

7 Jenis Sayuran yang Tidak Boleh untuk Anjing

7 Jenis Sayuran yang Berbahaya untuk Anjing

Ketika memelihara hewan peliharaan, sebaiknya kita mengetahui jenis makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh mereka. Hal ini berdasarkan fakta bahwa banyak hewan peliharaan yang mengalami keracunan dan tidak sedikit yang menemui kematian karena disebabkan oleh makanan yang dikonsumsinya. Oleh karena itu, sebagai pemelihara hewan, sebaiknya kita memahami kandungan dari jenis-jenis makanan tersebut dan mengetahui apakah makanan tersebut cocok dikonsumsi atau tidak oleh hewan.

Tanpa terkecuali, hewan peliharaan anjing. Tentu saja sebagai pecinta anjing, sebaiknya Anda pun harus lebih waspada dan juga secermat mungkin mengenai makanan untuk anjing Anda. Anjing termasuk ke dalam hewan karnivora tetapi tidak melulu anjing harus makan daging. Nyatanya, anjing bisa mencerna semua jenis makanan, termasuk sayuran. Sayuran untuk anjing bisa memenuhi kebutuhan asam aminonya.

Meskipun bahan makanan yang berasal dari alam sangat bagus untuk tubuh, tetapi lain halnya untuk anjing. Berikut ini adalah jenis makanan, berupa sayuran yang tidak boleh untuk anjing. Semoga info pada artikel ini bisa menambah wawasan Anda dalam mengenali dan juga memahami dampak yang bisa ditimbulkan.

1. Bawang

Jenis bawang-bawangan, seperti bawang merah dan bawang putih ternyata bisa menyebabkan keracunan pada anjing. Dampaknya bisa terlihat jika Anda memberikan bawang putih untuk dikonsumsi maka bisa menyebabkan keracunan. Hal ini terjadi jika jumlah bawang putih tersebut lumayan banyak. Akan tetapi jika jumlah yang dikonsumsi sedikit, maka akan memberikan dampak positif seperti mencegah anjing dari serangan kutu.

Selain itu, bawang merah juga akan menyebabkan keracunan. Hal ini bisa terlihat dari dampak berupa peningkatan kinerja jantung anjing, sehingga akan memengaruhi pernafasannya. Selain itu, anjing juga akan terlihat lesu, dan jika diperhatikan lebih detail lagi, maka gusi anjing akan telihat pucat. Jika hal ini berlangsung lama tanpa penanganan maka anjing bisa menemui kematian.

2. Kentang Hijau

Jenis makanan yang tidak boleh untuk anjing selanjutnya adalah kentang. Kentang dikenal banyak terkandung pada makanan hewan peliharaan, tak terkecuali anjing. Akan tetapi tidak semua jenis kentang bisa dikonsumsi. Misalnya, jenis kentang hijau. Terlebih jika diberikan ke anjing dalam keadaan mentah.

Ini akan sangat berbahaya bagi mereka, lantaran bisa menyebabkan beberapa gejala serius yang mampu memengaruhi sistem vital anjing itu sendiri. Kentang hijau yang masih mentah bisa menyebabkan keracunan. Yang diikuti oleh gejala kejang, kelainan jantung, muntah dan mual. Oleh karena itu, antisipasi segala kemungkinan jika tanpa sengaja anjing Anda mengonsumsi jenis sayuran ini. Kunjungilah dokter hewan dengan segera jika anjing Anda mengalaminya.

3. Jamur

Jamur memiliki banyak jenis dan terdiri dari beragam bentuk. Ada yang bentuknya kecil dan pula yang bentuknya besar. Selain itu, terdapat pula jamur yang beracun dan tidak beracun. Jamur yang tidak beracun terkadang dijadikan bahan utama dalam pembuatan bahan makanan maupun obat-obatan.

Untuk makanan, bahan dasar jamur biasanya dijual bebas. Ada yang untuk konsumsi manusia maupun untuk ternak. Akan tetapi, untuk hewan peliharaan seperti anjing, jamur ternyata jenis makanan yang membahayakan anjing dan sangat tidak dianjurkan. Hal ini lantaran jamur bisa menyebabkan keracunan. Apabila anjing Anda mengalami keracunan yang disebabkan oleh jamur, maka akan timbul gejala termor, dan kejang, serta diikuti oleh kegagalan fungsi organ. Anda harus berhati-hati bisa saja anjing Anda mengalami kematian.

4. Rhubarb

Untuk manusia, jenis sayuran rhubarb ini bisa menyembuhkan diare. Meskipun ini tergolong sayuran, akan tetapi lain rhubarb tidak cocok untuk dikonsumsi oleh anjing. Rhubarb merupakan tanaman yang berwarna merah dan tergolong tanaman budidaya, serta masuk ke dalam keluarga Polygonaceae. Untuk dikonsumsi oleh manusia, tangkai daun dari tanaman ini bisa dijadikan makanan. Tetapi, bagian daunnya mengandung asam oksalat yang berbahaya untuk dikonsumsi. Kenapa sayuran ini tidak boleh dikonsumsi oleh anjing? Lantaran daun dan batangnya mampu menyerap kalsium yang berada dalam tubuh anjing. Jika hal ini terjadi maka akan menyebabkan masalah pada ginjal anjing Anda.

5. Bayam

Nyatanya bayam jika dikonsumsi oleh manusia bisa meningkatkan produksi sel darah merah. Akan tetapi, apa yang akan terjadi jika bayam dikonsumsi oleh anjing? Bayam mengandung asam oksalat yang jika dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak maka akan menyebabkan terhambatnya kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium. Jika hal ini terjadi akan maka akan menyebabkan kerusakan pada ginjal. Sebanarnya, anjing bisa saja mengonsumsi sayuran ini, tetapi hanya dalam jumlah yang sedikit. Selain itu, dianjurkan hanya untuk anjing yang sudah dewasa.

6. Tongkol Jagung

Tongkol jagung merupakan sisa makanan dan akan menjadi limbah. Dan sebelum dibuang biasanya tongkol jagung ini diletakkan di area yang mudah dijangkau oleh anjing peliharaan dan bisa saja mereka memakanannya.

Tahukah Anda, bahwa tongkol jagung ini merupakan makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh anjing? Meskipun bagi sebagian orang tongkol jagung bisa dijadikan makanan untuk ternak. Hal ini lantaran kandungan dari tongkol jagung terdiri dari zat yang berbahaya, seperti karbon, nitrogen, dan hemiselulosa yang bisa menyebabkan penyakit serius pada anjing, berupa obstruksi usus.

Obstruksi usus merupakan penyumbatan pada usus halus, maupun usus besar. Jika penyumbatan ini terjadi maka penyerapan makanan pada usus anjing akan terganggu, sehingga berdampak pada sistem pencernaannya. Berdasarkan hal tersebut, maka sebaiknya Anda lebih berhati-hati dan tetap memerhatikan makanan apa saja yang dikonsumsi oleh anjing Anda.

7. Kentang

Nyatanya, kentang yang merupakan karbohidrat ini juga tidak boleh dikonsumsi oleh anjing. Apalagi jika kentang tersebut masih mentah. Kentang yang masih mentah memiliki tekstur yang keras dan juga kasar, sehingga akan sulit dicerna oleh anjing.

Jika Anda tetap ingin memberikan kentang kepada anjing Anda, maka sebaiknya rebuslah terlebih dahulu. Tetapi, sesuaikanlah porsinya. Jangan terlalu banyak maupun terlalu sedikit. Selain itu, hindari juga penambahan bahan makanan lain, seperti mentega dan susu, atau bahan lainnya.

Itulah bahan makanan yang berupa sayuran yang tidak boleh untuk anjing. Untuk Anda yang memiliki anjing peliharaan di rumah, sebaiknya lebih berhati-hati dan juga lebih cermat dalam menyediakan makanan untuk anjing Anda. Hal ini dilakukan agar menghindari dari berbagai kemungkinan buruk dan jenis sakit pada anjing. Karena lebih baik menghindar daripada mengobati, bukan?

, , , ,
Post Date: Saturday 16th, November 2019 / 03:33 Oleh :
Kategori : Anjing