Sponsors Link

6 Cara Membuat Kambing Doyan Makan Pakan Fermentasi

kambing fermentasi

Kambing merupakan salah satu hewan ternak yang tak jarang ditemui, khususnya di wilayah pedesaan atau kampung. Jadi kambing ternak adalah subspesies kambing yang dipelihara atau dijinakkan dari kambing liar Asia Barat Daya dan Eropa Timur yang sekarang ini sudah familiar. Kambing merupakan anggota dari keluarga Bovidae dan bersaudara dengan dengan biri-biri lantaran keduanya tergolong dalam sub famili Caprinae, alias masih satu keluarga. Sedangkan secara umum, kambing merupakan binatang memamah biak yang berukuran sedang. Baik kambing liar jantan maupun betina, keduanya sama-sama memiliki tanduk sepasang, akan tetapi tanduk pada kambing jantan lebih besar.

Pada umumnya kambing mempunyai janggut, dahi cembung, ekor agak ke atas, dan kebanyakan berrambut lurus dan juga kasar. Panjang tubuh kambing liar yakni yang tidak termasuk ekor 1,3 meter – 1,4 meter. Sedangkan untuk ekornya yakni mempunyai panjang 12 sentimeter – 15 sentimeter. Sementara itu untuk bobot pada kambing betina 50 kilogram – 55 kilogram, sedangkan yang jantan bisa mencapai hingga berat 120 kilogram. Bingung dengan kambing jantan dan betina? Simak beberapa cara untuk mengenali perbedaan daging kambing Jantan dan Betina.

Sekarang ini sudah banyak di perkampungan yang memelihara atau ternak kambing, nantinya hal ini mendatangkan untung jika dijual. Tentunya beternak tidak sekedar mempunyai, namun juga tlaten dalam hal perawatan yakni seperti memberikan pakan pada kambing gizi seimbang sampai dengan menjaganya agar tidak mudah sakit. Pada kesempatan kali ini, akan disampaikan Cara Membuat Kambing Doyan Makan Pakan Fermentasi. Mungkin untuk sebagian orang bertanya, apakah kambing tidak menyukai pakan hasil fermentasi?

Tidak semua dan tidak selalu, namun adakalanya kambing memang benar-benar tidak mau memakan pakan fermentasi. Nah, mungkin saja ternakan kambing anda adalah yang termasuknya, sehingga perlu untuk menyimak Cara Membuat Kambing Doyan Makan Pakan Fermentasi. Kambing bukan saja untuk kebutuhan dijual hanya sekedar diternak saja, namun banyak yang butuh untuk kurban atau aqiqah. Tips memilih kambing untuk Kurban sebelumnya sudah disampaikan, bisa anda simak kembali.

Bicara mengenai hewan ternak, selain kambing juga masih banyak yang lainnya seperti ayam ataupun sapi. Selain dibagikan mengenai tips pemilihan kambing untuk kurban juga sudah dijelaskan mengenai tips memilih Sapi untuk Kurban yang bermanfaat tentunya. Cara untuk membuat kambing anda mau makan pakan fermentasi dapat disimak dari beberapa hal berikut ini:

1. Sering Menaruh Kambing di Bawah Pohon

Mungkin setiap harinya anda menaruh kambing dikandang yang mana ada penutup kandang sehingga tidak membuatnya panas. Salah satu alasan mengapa kambing tidak mau makan pakan fermentasi yakni disebabkan oleh karena sakit, jenis fermentasi yang anda berikan sampai dengan ketidak terbiasaannya.

Oleh karena itu untuk membuat kambing suka dan mulai terbiasa, cobalah ketika pukul 11 siang sampai pukul dua siang letakkan kambing dibawah pohon atau di area yang terlihat panas namun bukan membiarkan kambing kepanasan. Tepatnya dibawah pohon, setidaknya ia tetap mendapat pengaruh panas. Sediakan air minum sebanyak-banyaknya disana untuk kala kambing haus. Namun jangan memberikan pakan, karena tujuan ini untuk membuat kambing gerah dan minum terus yang berujung lapar. Sehingga setelah itu anda bisa memberikan pakan fermentasi.

2. Berikan Temulawak

Temulawak merupakan jamu tradisional yang aman dan alami serta mudah dibuat sendiri. Anda bisa memberikannya pada kambing supaya nafsu makannya baik dan mau memakan pakan fermentasi.

3. Berikan Suplemen

Selain temulawak, Cara Membuat Kambing Doyan Makan Pakan Fermentasi lain adalah dengan memberikan suplemen yang dapat dibeli dari toko pakan hewan. Harganya terjangkau, dan sampaikan kebutuhan anda membelinya yakni supaya kambing mempunyai nafsu makan banyak.

4. Pelepah Sawit

Kebanyakan peternak mencoba memberikan pelepah sawit yang difermentasikan untuk pakan ternak, seperti yang sudah disampaikan sebelumnya yakni manfaat fermentasi pelepah sawit untuk pakan Ternak. Anda bisa mencobanya untuk memberikan kepada kambing, mungkin saja kelapa sawit bisa menarik nafsu makan kambing ternak anda.

5. Perlu Vaksinasi

Mungkin saja kambing anda sedang sakit, sehingga tidak mau memakan pakan hasil fermentasi. Jadi anda bisa memberikan suntikan atau vaksinasi agar kesehatannya benar-benar bisa dipastikan dan mau memakan pakan fermentasi.

6. Kurangi Jatah Makan Selama Satu Minggu

Cobalah anda untuk mengurangi jatah makannya selama satu minggu. Tidak perlu khawatir, karena ini hanya sebuahy siasat yang tidak akan berlangsung lama. Jika biasanya anda memberikan rumput atau pakan yang lainnya dua kali dalam sehari maka bisa mencoba memberikan sekali saja selama seminggu.

Jika minggu pertama sudah anda lakukan, maka keesokan harinya berikan pakan fermentasi dan seminggu berikutnya lagi anda bisa kembali memberikan jatah dua kali sehari tetapi kombinasi. Misalnya jika pagi diberikan rumput maka sore pakan fermentasi atau sebaliknya.

Itulah beberapa cara untuk membuat ternak kambing anda mau memakan pakan hasil fermentasi. Manfaat budidaya kambing dengan pakan fermentasi ini cukup banyak terutama dalam masalah keuntungan, sehingga perlu untuk Anda coba terapkan pada hewan ternak Anda. Semoga bermanfaat.

, , , , , ,
Post Date: Friday 23rd, August 2019 / 22:28 Oleh :
Kategori : Kambing