Sponsors Link

6 Ramuan Cara Menggemukkan Kambing

Kambing Gemuk

Kambing menjadi salah satu jenis hewan ternak yang umum dimiliki masyarakat kampung. Hewan ini menjadi alternatif pilihan dengan ukuran standart yang ringan untuk diternak, harganya pun tentu sangat lebih murah jika dibandingkan dengan sapi. Meskipun akan sedikit mahal jika dibandingkan dengan satu ekor ayam. Kambing anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari, dan bahkan hampir setiap hari juga. Beternak hewan apa saja, anda harus pandai-pandai memberikan perawatan tepat agar cepat besar dan gemuk. Ramuan Cara Menggemukkan Kambing menjadi tips yang bisa anda terapkan jika mempunyai masalah pada berat badan si kambing.

Bukan saja soal kambing saja, banyak tips-tips yang lainnya mengenai hewan ternak yang sebelumnya telah disampaikan. Diantaranya seperti tips cara meminimalisir kematian Ayam dan masih banyak yang lainnya. Selain itu, juga sempat disebutkan mengenai cara memilih bibit ayam petelur yang mana sebagai pengingat bahwa dalam beternak harus bisa memilih hewan ternak berkualitas, karena hal ini mempengaruhi pemanenan nantinya. Sehingga sama halnya kambing, anda harus pandai untuk memilih jenis-jenis yang terbaik sebagai bibitan.

Pada kenyataannya, banyak berbagai masalah yang terjadi melanda para peternak mulai dari kondisi hewan yang memprihatinkan sampai dengan kambing yang mati lantaran sekarat atau keracunan. Hal ini tentu tidak diketahui awal para peternak, dan selain itu juga tidak di sengaja. Mungkin jika anda mempunyai masalah seperti kambing yang kurus atau sulit makan, tips mengenai Ramuan Cara Menggemukkan Kambing berikut dapat disimak.

Sebuah ramuan untuk cara menggemukkan kambing bisa anda lakukan dengan memberikan jamu. Tingkat nafsu makan pada kambing relatif berbeda – beda, yakni ada saatnya kambing sakit atau kurang sehat makannya akan berbeda dari kambing yang sehat atau normal. Tingkat pola makan kambing juga bisa di sebabkan oleh tingkat palatabilitas pakan dan juga bisa dari kondisi ternak sendiri. Jenis kambing normal satu dengan kambing yang lainnya bisa mengalami perbedaan, mulai dari pakan hehijauan yang bisa anda berikan meliputi rumput gajah, daun singkong ada yang makannya lahap tapi belum tentu yang lain juga seperti itu.

Banyak sekali jenis jamu sebagai ramuan yang sudah dijual dan anda temui dipasaran, bisa anda beli dan  berikan pada ternak. Namun apabila masih ragu produk mana yang cocok agar tenak anda supaya dapat sehat, mempunyai nafsu makan tinggi anda bisa datang kedokter atau mantri hewan terdekat. Namun pemberian obat dalam jangka waktu panjang akan merepotkan peternak dan jika berangsur lama tidak bagus juga. Selain repot untuk masalah waktu, anda tentu juga akan repot di kantong. Salah satu tips yang tepat adalah dengan membuatkannya sendiri. Berikut pembuatan Ramuan Cara Menggemukkan Kambing yang bisa dibuat sendiri dirumah:

1. Beras Kencur

Cara membuat beras kencur tidak sangat sulit, yakni pertama cuci bersih beras dan kemudian rendam dalam air selama 1 jam. Setelah itu sisihkan beras tersebut, dan rebuslah asam jawa, gula pasir, gula merah dan jahe dengan air sampai mendidih. Tunggu sampai dingin dan saring airnya, sisihkan. Lanjutkan dengan mencuci kencur segar, kupas kulitnya dan potong-potong. Tiriskan air rendaman beras, lalu blender beras, kencur, dan air rebusan gula tadi hingga halus. Saring jamu beras kencur. Lalu  peras ampas blenderan tadi sampai benar-benar kering dan berikan pada kambing.

2. Daun Talas

Jika anda mendengar daun talas, berfikri bahwa hal ini cukup tidak akan dimakan manusia. Tentu saja, namun bisa menjadi tips ramuan yang bisa diberikan pada kambing. Diperlukan daun talas 3 lembar dan garam dapur 3 sendok makan direbus selama 15 menit. Daun yang sudah matang dijadikan untuk tiap ekor kambing, yakni diminumkannya ketika sudah dingin ataupun diberikan daunnya saja. Atau mungkin manfaat ampas mengkudu untuk Ayam Petelur dapat anda coba berikan pada kambing.

3. Kencur

Selain ampuh dan cocok sebagai ramuan ternak seperti kambing ini, tanaman herbal yang satu ini juga sering dimanfaatkan dan diberikan pada burung. Hal itu seperti yang sudah disampaikan dalam manfaat kencur untuk Murai Batu. Caranya dengan memarut kencur segar 1 ons, dan dicampur kuning telur ayam 1 butir. Ramuan jamu ini diberikan setiap 3 hari sekali sampai kondisi makan kambing normal.

4. Mentimun

Caranya dengan memarut 2 buah mentimun, campurkan dengan garam dapur, asam jawa, terasi serta air secukupnya. Bisa diberikan pada kambing dengan dosis sekali saja dalam tiga hari, demi mendapatkan efek yang optimal.

5. Daun Buni

Diperlukan daun buni 5 lembar, lengkuas sebesar ibu jari, terasi serta juga garam dapur secukupnya ditumbuk hingga halus lalu ditambahkan air secukupnya. Ramuan ini nantinya dilakukan dengan cara diperas dan airnya disaring dan diberikan pada 2 ekor kambing.

6. Pucuk Daun Durian

Diperlukan 5 lembar pucuk daun durian, daun dadap serep 5 lembar, terasi dan garam dapur secukupnya yang kemudian semua bahan ini dihaluskan. Tambahkan sedikit air dan diperas, kemudian air perasan ini diberikan pada 2 ekor kambing.

Jika keenam tips ini kurang mendukung, anda bisa mencoba memberikan pakan fermentasi. Untuk lebih jelasnya anda dapat menyimak kembali cara membuat kambing doyan makan pakan Fermentasi.

, , , , , , ,
Post Date: Saturday 24th, August 2019 / 15:18 Oleh :
Kategori : Kambing