Sponsors Link

Mengenal Karakteristik Sapi Limosin dan Pakannya

Sapi Limosin

Banyak sekali jenis sapi yang bisa anda ketahui, salah satunya adalah Limosin. Mungkin anda akan merasa aneh mendengarnya, karena sapi jenis ini jarang sekali disebutkan atau dipelihara. Banyaknya nama sapi yang sering disebutkan sehari-hari adalah brahman, anda tentu sudah tidak asing lagi untuk yang satu ini. Untuk diketahui, anda berada pada halaman yang tepat dimana pada topik ini akan diuraikan pengenalan Karakteristik Sapi Limosin dan Pakannya.

Secara umum sapi merupakan hewan ternak dari anggota suku Bovidae dan anak suku Bovinae. Hewan ini diternak untuk dimanfaatkan dagingnya sebagaimana yang manusia konsumsi. Selain itu sapi banyak digunakan sebagai media untuk membajak sawah dan masih banyak lagi, termasuk dijadikan sebagai hewan kurban di hari raya idul adha.

Bicara soal kurban, penting sekali anda membaca beberapa tips memilih Sapi untuk kurban, agar tepat dan sesuai syariat. Begitupun dalam hal beternak, salah satu tujuannya tentu untuk menghasilkan ternakan lebih dari yang dimiliki awalnya dan menentukan kualitas terbaik. Sehingga juga penting untuk anda menyimak cara memperpendek jarak kehamilan Sapi.

Bicara kembali mengenai jenis sapi limosin, jenis ini mempunyai bentuk tubuh lebih besar dibandingkan sapi kampung biasa pada umumnya. Sekilas saja terlihat dempal, baik jantan – betina, besar – kecil semuanya terlihat mempunyai tubuh sama karena ini menjadi ciri fisik sang limosin itu sendiri. Limosin atau Limousin merupakan ras asli Perancis dengan bobot yang dimiliki hingga berton-ton. Adapun bahwa besarnya sapi ini ditentukan dari pakan yang berkualitas. Bahkan jenis pakannya tidak sembarangan seperti beli di pabrik. Penempatan di kandang khusus memang lebih rekomendasi, namun kalau ada tempat cukup luas di rumah maka bisa terapkan cara ternak sapi skala rumahan berikut.

Berbeda dengan hewan ternak yang biasa anda jumpai bisa diberikan pakan yang dibuat sendiri seperti yang disampaikan sebelumnya yakni ramuan cara menggemukkan Kambing. Namun sapi ini mempunyai jenis pakan tersendiri, mengingat jika sapi limousin ini termasuk sebagai jenis import. Oleh karena inilah anda harus mengenal karakateristik Sapi Limosin dan Pakannya.

Karakteristik Sapi Limosin

  • Mempunyai warna bulu emas kemerahan, dan warna lebih terang di bawah perut, paha dalam, sekitar mata dan moncong, dan di sekitar anus sampai dengan ujung ekor. Kulitnya bebas dari pigmentasi, lalu pada bagian betis dapat berwarna cokelat kuning muda atau cokelat melalui berbagai usia ke hitam pekat pada usia sepenuhnya matang. Sapi limosin dengan genetika hitam menunjukkan variasi warna. Limousin hitam dewasa sering menampilkan kulit hitam lengkap bercampur dengan rambut cokelat yang terkesan menarik.
  • Memiliki bulu tebal serta kompak dalam menutupi seluruh tubuhnya.
  • Untuk konformasi kepalanya menyerupai persegi, yakni perbandingan antara ukuran panjang dan lebarnya hampir sama dan lehernya cukup pendek.
  • Tanduknya berwarna kuning yang berada di dasar dan gelap menuju tipis, berada di horizontal pertama, lalu ke depan melengkung dan ke atas.
  • Tinggi sapi limosin mencapai 1,5 meter dan panjang badannya sendiri 1,75 – 1,95 meter.
  • Bobot lahir sapi ini tergolong kecil sampai medium. Untuk yang betina dewasa dapat mencapai 575 kg, sedangkan pejantan dewasa bisa mencapai berat 1.100 kg.
  • Fertilitasnya cukup tinggi yakni hingga persentase (98%), dan mudah melahirkan (99%), mampu menyusui dan mengasuh anak dengan baik, serta pertumbuhannya cepat. Karena kelahiran yang mudah, anak yang dimilikinya pun kuat.
  • Karakteristik yang lainnya dari sapi limosin ini adalah pertambahan badannya yang cukup cepat yakni untuk perharinya sekitar 1,1 kg, dan tinggi mencapai 1,5 m.

Pakan Sapi Limosin

Selain karakteristik dari sapi limosin yang harus anda ketahui di atas, selanjutnya adalah tentang pakan dari jenis sapi ini. Bahwa pakan dari limousin ini dapat anda buatkan sendiri, atau mungkin manfaat daun saga untuk pleci bisa anda coba berikan sebagai pakannya sapi limosin. Untuk membuatkan jenis pakan sapi limousin ini anda bisa menanam berbagai jenis rumput di sekitar kandang. Adapun jenisnya mulai dari rumput legum (sejenis kacang-kacangan), rumput gajah, bahkan sampai rumput gembala yang biasanya dicari-cari petani.

Jenis-jenis pakan, anda dapat menyimak manfaat fermentasi pelepah sawit untuk pakan ternak yang sebelumnya sudah di paparkan. Apapun jenis pakannya, perawatan anda tetap yang diperlukan seperti memberikan perlakuan baik dengan membuatkan kandang yang nyaman dan menyuplai dengan vitamin atau suplemen. Karena sapi limosin ini adalah jenis sapi Eropa, alias import yang mempunyai harga cukup mahal sehingga akan amat sayang bila tidak terawat dengan baik. Jangan lupa juga untuk melakukan vaksin, meskipun hanya sekali dalam satu bulan karena langkah ini untuk melawan virus yang mungkin menyerang tubuhnya, sama seperti budidaya sapi potong lainnya agar menghasilkan kualitas daging yang tinggi dan hewan sehat.

Demikianlah yang dapat disampaikan, mengenai pengenalan karakteristik Sapi Limosin dan pakannya, dimana ini merupakan salah satu hewan ternak yang cukup mewah dan perlu biaya yang sedikit lebih tinggi untuk perawatannya dibanding cara ternak sapi sukses dan cepat lainnya. Semoga artikel ini membantu dan selamat membaca.

, , , , , ,
Post Date: Sunday 25th, August 2019 / 19:18 Oleh :
Kategori : Sapi