Sponsors Link

Mengenal Karakteristik Sapi Simmental dan Pakannya

Sapi Simmental

Banyak sekali jenis sapi yang bisa anda ketahui, mulai dari sapi kampung biasa seperti yang anda kenal atau sebut saja brahman dan beberapa jenis yang lainnya akan disampaikan disini. Sebelumnya sudah dijelaskan mengenai artikel tentang mengenal karakteristik Sapi Limosin dan pakannya. Sehingga pada kesempatan kali ini yang masih sama membahas tentang hewan ternak sapi lebih mengarah pada jenis yang lainnya. Sebut saja Karakteristik Sapi Simmental dan Pakannya yang juga akan disampaikan disini.

Secara umum, anda tentu sudah mengetahui apa itu sapi? Ya, setidaknya sapi merupakan salah satu hewan ternak yang banyak dipelihara. Khususnya di area pedesaan, sapi banyak dijumpai akan tetapi lebih banyaknya pada jenis brahman. Lalu apa yang dimaksud dengan sapi simmental itu sendiri dan seperti apa karakteristik hingga pakannya?

Apapun jenis sapinya, hewan ini dimanfaatkan untuk diperoleh dagingnya yakni dikonsumsi kedalam berbagai olahan masakan atau diambil susunya saja untuk jenis sapi perah sampai dengan dijadikan alat membajak sawah. Begitupun simmental yang juga tergolong sapi, sehingga sama saja pemanfaatannya. Sama seperti yang lainnya bahwa sapi simmental juga bisa dan boleh untuk dijadikan hewan kurban di hari raya idul adha sampai dengan untuk aqiqah. Hanya saja nilai harga memang lebih mahal dibandingkan sapi biasa yang anda jumpai setiap harinya. Apapun jenis sapinya, anda tetap harus pandai memilihnya, entah untuk apapun itu. Misalnya yakni seperti tips memilih sapi untuk kurban.

Jika sapi limosin atau limousin merupakan sapi Eropa, ras asli sana dan tepatnya di Prancis maka untuk jenis simmental adalah salah satu ras sapi asal Swiss Fleckvieh. Ras ini mengambil nama Simmental, atau nama dari sebuah lembah Sungai Simme di Bernese Oberland, Kanton Bern, Swiss. Simmental sendiri memiliki warna bulu kemerahan dengan corak warna putih, dan diternakkan untuk diambil susu dan dagingnya yang mana ini termasuk pada karakteristik aslinya yang akan disampaikan dibawah berikut beserta pakannya.

Sama seperti ternak yang lainnya, sapi juga membutuhkan kandang. Cara memilih kandang kelinci yang bagus setidaknya bisa sedikit memberikan referensi anda seperti apa kandang yang bisa dibuatkan untuk limmosin. Atau mungkin cara beternak ayam petelur tanpa kandang ingin anda terapkan pada ternak sapi? Mengenal Karakteristik Sapi Simmental dan Pakannya dapat anda simak berikut ini:

Karakteristik Sapi Simmental

  • Jenis sapi ini mempunyai bulunya berwarna kuning hingga kecokelatan.
  • Sedangkan untuk bentuk badannya jenis sapi simmental ini sendiri sedikit lebih panjang dibandingkan dengan sapi lokal pada umumnya, tentunya juga kompak dan padat.
  • Kepala sapi simental pada umumnya bewarn putih pada bagian atasnya, namun tidak selalu juga.
  • Simmental mempunyai bobot cukup besar, yakni jantan dewasa mampu mencapai 1.400 kg.
  • Tergolong kedalam jenis sapi yang mempunyai ukuran besar, baki pada saat melahirkan, dan atau penyapihan hingga sapi dewasa.
  • Ukuran atau besar bobot pada sapi simmental betina sendiri adalah 600 sampai dengan 800 kg.
  • Mampu mempunyai banyak pertambahan bobotnya yakni hingga mencapai 1,5-2,1 kg / hari.

Mengenal Karakteristik Sapi Simmental dan Pakannya bukan hanya dari beberapa poin di atas, namun berikut ini dapat anda simak yaitu pakan dari sapi simmental. Pakan sapi simmental haruslah bergizi, bahkan untuk semua hewan ternak pun demikian. Hal itu karena untuk menjaga kesehatan tubuhnya dan memenuhi kebutuhan nutrisinya. Anda bisa menyimak juga manfaat kencur untuk Murai Batu, bila mungkin tips tersebut mampu memikat anda untuk dicoba pada sapi. Mengingat kencur sendiri sering digunakan sebagai jamu tradisional bagi ternakan seperti kambing ataupun sapi. Sedangkan untuk pakan sapi simmental paling direkomendasikan ada 2 jenis, diantaranya yakni:

Pakan Hijau-Hijauan

Pertama, jenis pakan sapi simmental adalah hehijauan, yang mana jenis pakan ini sangat baik bagi sapi terutama pada masa penggemukan. Pakan hijau yang dapat anda berikan adalah seperti jenis rumput, siratro, lamtoro, gamal, dan centro. Selain itu juga masih ada yang lainnya seperti daun lamtoro, limbah pertanian yaitu jerami.

Pakan hijau merupakan salah satu jenis pakan utama sapi, jadi pakan harus segar agar sapi mendapatkan gizi yang cukup untuk pertumbuhannya. Kalau memang sapi Anda sulit untuk makan, mungkin tips cara mengatasi sapi susah makan berikut bisa menjadi solusi terbaik bagi Anda.

Pakan Konsentrat

Kedua adalah jenis pakan konsentrat atau pakan penguat yang bisa berupa pakan olahan seperti dedak padi yang telah dicampurkan bungkil kelapa, tepung tulang dan garam dapur. Pakan konsentrat ini terdiri atas 70% dedak, 30% bungkil kelapa, 0,5% tepung tulang dan 1% adalah garam dapur.

Namun perlu diingat bahwa komposisi olahan tersebut harus sesuai jangan terlalu banyak salah satunya agar gizi seimbang untuk kebutuhan sapi tersebut. Pakan ini merupakan salah satu jenis pakan untuk penggmukan sapi yang paling baik dan terasa hasilnya. Cara penggemukan sapi limosin salah satunya ya menggunakan pakan konsentrat berikut.

Itulah beberapa rangkaian untuk mengenal karakteristik Sapi Simmental dan pakannya yang bisa Anda pahami agar lebih mengenal lebih dalam tentang jenis-jenis Sapi yang ada di Indonesia bahkan di beberapa Negara lainnya. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

, , , , , , , ,
Post Date: Monday 26th, August 2019 / 19:31 Oleh :
Kategori : Sapi