Sponsors Link

8 Manfaat Daun Saga untuk Pleci Sehat dan Gacor

Sponsors Link

Burung pleci adalah salah satu dari sekian ragam burung yang ada di dunia, dan jenis ini cukup banyak di pelihara dengan istilah lain sebagai burung kacamata. Perawatan burung pleci dengan daun saga menjadi kata kunci yang mungkin jarang sekali di dengar, namun hal itu menjadi topik kali ini. Bicara tentang tanaman ini, daun saga sendiri merupakan tanaman yang tumbuh liar dan banyak di jumpai, khususnya di area perhutanan atau semak-semak dan ladang yang banyak tumbuhan liarnya.

ads

Manfaat daun saga untuk pleci sangat banyak sekali, disini anda harus mengetahuinya apalagi jika memelihara burung dirumah. Bahkan daun saga ini memang di percaya sangat berkhasiat untuk kesehatan. Tanaman ini mempunyai buah yang tumbuh dan menyerupai kacang polong, namun uniknya daun saga mempunyai rasa yang manis. Tentunya ini menjadi sesuatu hal yang berbeda dengan daun-daun yang lainnya.

Beberapa manfaat baik dari Daun Saga yang bisa diberikan kepada burung Pleci akan diulas dalam pembahasan berikut, dan Anda sebagai salah satu pemelihara burung juga penting untuk mengetahuinya. (Baca Juga: Cara Mengetahui Umur Burung Pleci)

Manfaat Daun Saga untuk Pleci

1. Pengobat Amandel Pleci

Salah satu manfaat dari daun saga untuk burung pleci yakni sebagai pengobat penyakit amandel. Jadi bukan saja manusia yang mengalami sakit amandel, akan tetapi burung pun bisa. Cara penggunaannya adalah dengan merebus akar daub saga, kemudian tambahkan satu potong kayu manis beserta gula secukupnya dan lima gelas air secara bersamaan. Rebus semuanya sampai dengan mendidih, dan minumkan pada pleci dua kali dalam sehari.

2. Pengobat Radang Mata

Bayangkan saja jika seekor pleci anda mengalami radang pada mata, apa yang terjadi? Kemungkinan besar jika di abaikan maka tidak bisa melihat, dan hal ini sangat di sayangkan karena cukup kasian terhadap sang burung serta disisi lain mengalami penurunan performa.

Gilinglah daun saga, kemudian rebus dengan air secukupnya atau sesuai lembaran daun saganya. Jika sudah mendidih, biarkan diam dan minumkan pada burung pleci. (Baca Juga: Cara Melepas Ring di Kaki Burung Agar Tidak Luka)

3. Penyubur Bulu

Masalah yang di khawatirkan oleh peternak semua adalah rontoknya bulu pleci akibat pengaruh dari proses mabung atau masalah yang lainnya. Nah, Jika anda tidak menginginkan hal itu terjadi tentunya kemungkinan kecil tidak bisa mengingat bahwa setiap budidaya burung selalu berkaitan dengan resiko-resiko yang timbul.

Namun anda tidak perlu khawatir karena daun saga ini bermanfaat untuk menyuburkan bulu pleci yang telah rontok. Buatlah adonan dari daun dan buah saga, bisa dengan cara di blender hingga kental. Kemudian oleskan pada tubuh pleci secara bertahap, minimal dua hari sekali.

4. Pengobat Radang Tenggorokan

Salah satu yang di idamkan dari burung pleci ini adalah suaranya, jika sudah memasuki usia yang matang maka gacornya tiada henti. Belum lagi jika di tambah dengan usaha anda untuk melatih setiap hari, pastinya akan menjadi burung berkualitas. Sayangnya jika sang pleci mengalami masalah pada tenggorokan, bukankah hal itu menghambat suaranya? Tentunya, dan untuk mengatasi hal itu adalah dengan daun saga.

Manfaat Daun Saga untuk Pleci yang lainnya juga sebagai pengobat radang tenggorokan. Ambillah 5 helai daun saga yang masih sangat segar untuk di rebus tanpa tambahan apapun, biarkan diam terlebih dahulu untuk di minumkan pada pleci. (Baca Juga: Cara Ternak Pleci Menggunakan Sarang Gantung)

Sponsors Link

5. Pengobat Batuk

Burung bisa mengalami batuk sebagai suatu tanda bahwa kondisi kekebalan tubuhnya menurun. Guna meningkatkan kekebalan tubuhnya tersebut, anda perlu melakukan perawatan intensif. Tidak perlu serba mahal, cukup dengan menggunakan daun saga ini.Tumbuk daun saga bersamaan dengan jahe, kemudian rebuslah hingga mendidih. Saring dan biarkan dingin untuk kemudian di minumkan pada burung pleci.

6. Pengobat Penyakit Jantung

Layaknya manusia, pleci yang mengalami sakit jantung akan mendadak mati jika tidak segera di tangani. Gunakan rebusan daun saga ini, caranya dengan di tambah kencur di dalamnya dan sedikit gula merah. Jika semuanya sudah mendidih, ambilah airnya untuk di minumkan pada pleci setelah dingin. Daun saga bermanfaat untuk mengobati penyakit jantung. (Baca Juga: Penyebab Pleci Tidak Bisa Diam)

7. Penambah Nafsu Makan

Sulitnya burung untuk makan bisa di sulap dengan daun saga ini, rebus daunnya kemudian potong kecil / tipis dan campurkan dengan pakan pokoknya. Lakukan hal ini selama lima hari berturut-turut. Manfaatnya adalah untuk membuat nafsu makan pleci membaik.

8. Supaya Cepat Gacor

Manfaat daun saga lainnya untuk burung pleci adalah agar supaya mudah dan cepat gacor. Kebanyakan pemelihara burung semua tidak sabar menanti sang peliharaan celoteh. Hal itu ternyata bisa anda siasati dengan merawatnya dan rajin memberikan daun saga.

Rebusan daun saga nantinya di ambil airnya saja, kemudian di campur dengan madu. Jika sudah sedikit dingin berikan pada burung pleci anda. (Baca Juga: Manfaat Pakan Ikan Takari Untuk Burung Pleci)

Demikian yang dapat di sampaikan mengenai beberapa manfaat daun saga untuk burung pleci, selamat mencoba.

Sponsors Link
, , , , , ,
Post Date: Sunday 16th, June 2019 / 15:25 Oleh :
Kategori : Burung