Sponsors Link

8 Cara Melepas Ring di Kaki Burung Agar Tidak Luka

Ring pada kaki burung piaraan banyak dan sering anda jumpai, dan mungkin hal itu menimbulkan tanda tanya besar untuk sebagian orang awam. Baiklah, jadi ring tersebut digunakan untuk tujuan identifikasi dan mengenali asal-usulnya, termasuk nama bird farm atau penangkarnya.

Akan tetapi penggunaan ring terkadang dapat memunculkan masalah tersendiri, seperti alergi, infeksi jamur, dan kaki bengkak hingga kesakitan dari masalah yang lainnya. Jika hal itu sampai terjadi, maka pencopotan ring harus segera dilakukan agar tidak menimbulkan masalah tambah berat lagi bagi si burung. Oleh karena itu pembahasan kali ini mengenai cara melepas ring di kaki burung agar tidak luka.

Adapun ring yang digunakan peternak umumnya terbuat dari bahan alumunium dan juga plastik, serta terdiri atas beberapa model sesuai dengan keinginan. Peternak mulai memasang ring ini ketika burung masih berumur 8 – 10 hari, jadi ya cukup awal sejak peternak memeliharanya. Mengapa harus pada usia yang masih muda tersebut?

Karena pada saat itu sendi-sendi anakan burung masih cukup elastis sehingga tidak akan menyakiti kaki. Apabila diameter ring yang di gunakan kurang atau bahkan tidak tepat sama sekali, bukan saja akan menjadi penyiksaan untuk si burung tetapi juga menimbulkan masalah baru kedepannya. Apalagi seiring dengan bertambahnya usia si burung maka menambahkan pula besar kondisi fisik seperti tubuhnya. Sehingga semakin kedepan ring pasti akan semakin rapat. (Baca Juga: Cara Mengetahui Umur Burung Pleci)

Tentunya dengan begitu anda harus melepas ring dari kaki si burung agar tidak semakin menjepit. Sayangnya di butuhkan cara yang baik dan benar sebagaimana bisa anda temukan pada laman kali ini. Jika tidak segera di lepas, maka bukan tidak mungkin lagi jika pembengkakan akan terjadi. Berikut langkah-langkahnya:

Cara Melepas Ring di Kaki Burung Agar Tidak Luka

1. Memperhatikan Peralatan yang Digunakan

Penting sekali bagi anda yang ingin melepas ring pada burung tanpa harus melukai kakinya dengan memperhatikan penggunaan peralatannya. Dalam hal ini, ada peralatan khusus yang digunakan untuk memotong ring di kaki burung yang bemasalah, yakni ring cutter. Cutter adalah alat potong berbentuk seperti gunting / tang potong yang banyak dijual secara online dan banyak di temukan di toko-toko. Sedang untuk peralatan alternatifnya adalah kikir berbentuk segitiga yang bisa dibeli di toko material bangunan, atau dapat juga menggunakan gunting kuku yang masih tajam. (Baca Juga: Cara Mengobati Kaki Burung yang Patah)

2. Cara Melepas Ring yang Benar

Sebelum melakukan pemotongan, cobalah anda untuk menggeser-geser ring di kaki burung. Jika ring tersebut bisa digeser naik-turun, artinya proses pemotongan akan berjalan lebih mudah. Selanjutnya, jangan lupa untuk siapkan plester kulit (misalnya Tensoplast) yang sudah dipotong dua lembar, dengan panjang 1-1,5 cm dan lebar 5 – 8 mm. Untuk langkahnya, ertama-tama geserkan ring ke arah atas, lalu segera tempelkan plester pada area kulit tempat ring berada. Kemudian, geserkan ring kembali ke arah bawah dan pasang plester di kulit bagian atasnya.

3. Pemberian Oil

Minyak sangat penting disini, karena cukup bisa menjadi komponen dalam cara pelepasan ring pada kaki burung agar tidak terluka. Bagaimana bisa? Tahukah anda dari beberapa orang yang tidak bisa membuka rensleting atau cincin akan menggunakan bantuan dari air atau zat yang licin-licin (zat aman). Gunakanya untuk menggesek barang yang hendak di lepas pada suatu tempat.

Begitu juga dengan ring yang telah melingkar pada kaki burung bsia di coba dengan menggunakan minyak goreng, dijamin tidak akan sakit pada saat penggesekan. Catatan, anda tetap menggesek secara halus dan perlahan. Hindari penggunaan pelicin seperti sabun atau aneka sabun karena jika ada yang lecet pada kaki burung hal itu akan membuat perih. (Baca Juga: Dampak Negatif Burung Walet Untuk Lingkungan)

4. Pemberian Minyak Zaitun

Meskipun sama-sama minyak, tetapi kandungan di dalam minyak zaitun lebih banyak untuk persoalan seperti ini. Apalagi jika di kaki yang telah melingkar ring tersebut sudah luka, tujuan pemberian minyak zaitun bukan saja sebagai pelicin namun juga sebagai obat untuk meringankan luka jika sudah ada. Demikian tidak akan menimbulkan luka baru dan di jamin aman.

5. Suntik Bius

Apalagi anda tidak tega, berikan suntikan bius untuk membuat si burung terlelap. Setelah itu anda bisa melanjutkan aktivitas kembali dalam pencopotan ring. Jika tidak sabar, pada saat si burung tidur, gunakan berbagai macam cara terbaik untuk melepasnya namun dengan catatan tetap perlahan.

6. Pemasangan Plester

Plester di pasang pada area dekat ring yang tujuanya untuk melindungi area kulit yang lainnya jika kemungkinan tidak sengaja mengenai tangan anda dan terluka. Begini juga menjadi bagian dari cara yang aman.

7. Pemberian Madu

Madu berkhasiat untuk luka ataupun kecantikan. Pentingnya di dalam cara berikut ini adalah untuk memberikan nutrisi kulit agar pada saat pelepasan ring tidak akan ada rasa sakit yang di timbulkan. (Baca Juga: Kelebihan Sangkar Besi Untuk Burung Peliharaan)

8. Pemberian Cream

Belilah cream khusus untuk luka luar burung di tempat terdekat, harganya cukup terjangkau. Biasanya cream akan memberikan efek dan sensasi dingin, sehingga sangat aman. Demikian cara melepas ring di kaki burung agar tidak luka yang telah di sampaikan, semoga bermanfaat!

, , , ,
Post Date: Thursday 13th, June 2019 / 10:24 Oleh :
Kategori : Burung