Sponsors Link

10 Cara Mengobati Kaki Burung yang Patah

Memelihara hewan burung kicauan maupun hewan burung yang memliki bentuk indah merupakan salah satu hobi yang belakangan ini sudah mulai banyak digemari dan populer dimasyarakat baik pedesaan maupun perkotaan. Dalam proses memelihara hewan burung tentu setiap pemiliknya tidak menginginkan kondisi hewan burung mengalami keadaan yang mengganggu atau berbahaya bagi kesehatannya.

Tak menutup kemungkinan meskipun hewan burung peliharaan lebih banyak berada di dalam kandang dapat mengalami kondisi kaki yang patah. Untuk mengatasi kaki patah pada hewan burung peliharaan maupun hewan burung liar yang ditemukan secara tidak sengaja, ada beberapa cara mengobati patah kaki pada hewan burung tersebut dalam penjelasan di bawah ini. 10 Cara Mengobati Kaki Burung yang Patah.

1. Segera ketahui kondisi kaki hewan burung yang patah

Kaki hewan burung yang patah biasanya dapat diawali dengan kondisi terkilirnya kaki pada hewan burung tersebut. Kondisi terkilir tersebut harus cepat diketahui agar tidak menyebabkan terjadinya patah kaki atau mencegah patah kaki semakin parah. Permasalahan pada kaki dapat dideteksi dengan cara meraba secara lembut kaki hewan burung. Melalui rabaan tersebut maka adanya masalah kaki yang terlihat dapat segera diketahui. (Baca juga : cara mengobati patah tulang pada anjing)

2. Mengatasi kaki hewan burung patah berdasarkan jenisnya

Kondisi kaki yang patah pada hewan burung ternyata memiliki jenis yang berbeda satu sama lain sehingga akan menentukan cara pengatasan atau pengobatan yang berbeda pula. Berikut ini beberapa cara mengobati patah kaki pada hewan burung sesuai dengan jenisnya seperti :

  • Tibiotarsus

Tibiotarsus merupakan jenis patah kaki yang banyak dialami oleh hewan burung anakan. Untuk mengobati patah kaki tibiotrasus dapat dengan menggunakan cetakan kaki yang menggantikan kaki yang patah pada hewan burung sehingga dapat membantunya tetap bisa bergerak dengan bebas. Cetakan kaki tersebut dapat dibuat sendiri dengan memanfaatkan box bekas, kertas karton bekas, dan bahan bekas lainnya. (Baca juga : cara mengatasi patah tulang pada kucing)

  • Tarsometatarsus

Merupakan bagian yang berada di bawah tibotarsus yang sudah dijelaskan diatas. Patah kaki pada bagian ini akan lebih parah dan membutuhkan alat cetakan kaki yang lebih kuat. Untuk mengatasi dan mengobati bagian tarsometatarsus adalah dengan menggunakan pipa atau bahan yang lebih kuat untuk mengantikan beban pada bagian tersebut selama proses penyembuhan alami. (Baca juga : cara merawat kucing yang patah kaki)

  • Jari belakang yang bengkok

Kondisi umum selanjutnya yang juga bagian dari kondisi patah kaki adalah munculnya keadaan dimana jari belakang hewan burung menjadi bengkok. Muncnulnya kondisi tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya seperti jeruji kandang yang tidak beraturan, alas sangkar yang tidak merata. (Baca juga : cara mengobati sapi patah tulang)

4. Memberikan nutrisi terbaik bagi hewan burung

Sama halnya dengan manusia, kondisi patah tulah pada kaki dapat dibantu dengan cara memberikan nutrisi terbaik bagi hewan burung sehingga tubuhnya akan dapat mengatasi atau mengobati kaki patah secara bertahap.

Selain memberikan nutrisi terbaik bagi hewan burung, pemilik hewan burung juga harus mencoba dan berusaha untuk menjadikan hewan burung tidak banyak bergerak atau lebih mengusahakannya tidak menyentuh bagian kaki yang patah atau melakukan gerakan yang berlebihan. (Baca juga : gejala turun urat ayam bangkok)

5. Bersiap untuk menghadapi operasi
Jika Hewan burung mengalami patah tulang terbuka, maka dokter hewan akan menyarankan kaki hamster yang patah untuk disambungkan kembali. Prosedur ini harus dilakukan dalam kondisi operasi yang steril untuk mencegah infeksi.

Hewan burung nantinya akan dibius untuk meredakan rasa sakit. Hal yang harus diperhatikan adalah tidak memberikan obat pereda sakit di rumah karena bisa meningkatkan risiko overdosis dan bisa berbahaya bahkan bisa menyebabkan kematian.

6. Berikan makanan bergiziKonsultasikan juga dengan dokter tentang diet sehat yang bisa diberikan pada Hewan burung seperti yang juga harus dilakukan untuk cara mengobati bengkak pada kaki Hewan burung. Umumnya, dokter akan merekomendasikan beberapa jenis makanan untuk menyembuhkan patah tulang lebih cepat seperti pakan yang mengandung kalsium, kolagen dan berbagai nutrisi lain yang dibutuhkan untuk penyembuhan Hewan burung .

7. Hindari membungkus memakai perbanMembungkus kaki Hewan burung yang patah dengan perban tidak akan membantu proses pemulihan kaki Hewan burung bahkan bisa memperburuk kondisi patah kaki yang dialami Hewan burung .

Untuk itu, pastikan anda tidak membelat tulang Hewan burung yang patah karena harus dilakukan oleh tenaga profesional agar tidak memperparah kondisi patah tulang pada Hewan burung .

8. Periksa ke dokter hewanPatah tulang pada Hewan burung aduan merupakan cedera serius sehingga butuh pengobatan secepatnya berbeda dengan cara mengatasi Hewan burung keseleo. Patah tulang harus segera dioperasi untuk memperbaiki sendi yang patah tersebut. Selain itu, trauma yang kuat juga bisa mengakibatkan cedera lain yang mungkin tidak langsung terlihat sehingga secepat mungkin memang harus diperiksakan ke dokter hewan.

Patah terbuka harus segera dioperasi dalam waktu 8 jam dan jika ada tulang yang keluar dari bulu, maka ini menandakan Hewan burung aduan mengalami patah compound atau terbuka.
Sebagian besar patah tertutup harus segera diobati dalam waktu 2 sampai 4 hari. Akan tetapi karena patah tulang bisa menimbulkan trauma yang berhubungan, maka harus secepat mungkin diperiksa ke dokter hewan. Jika membawa Hewan burung aduan tidak memungkinkan, maka anda bisa menghubungi dokter hewan untuk dipanggil ke rumah atau mendapatkan instruksi lebih lanjut.
9. Jangan balut dengan rapatJika terpaksa untuk menutup patah tulang terbuka pada Hewan burung aduan , maka sebaiknya gunakan perban yang bersih namun tidak perlu terlalu kencang dan tidak terlalu sempurna termasuk untuk cara mengobati Hewan burung terkilir.

Hal yang harus dipastikan adalah membuat luka terbuka tersebut bisa tertutup agar tidak terinfeksi. Tulang bisa dibalut memakai kain kasa steril secara longgar atau hanya ditutup saja dengan kain kasa atau kain yang bersih dan usahakan agar tidak mengganggu tulang yang patah tersebut. Hindari mencoba untuk mendorong tulang ke bawa kulit dan sesudah menutup luka, maka segera bawa ke dokter hewan sebab luka harus segera disterilisasikan, dioperasi dan juga dijahit.

10. Pastikan luka sembuh totalInfeksi luka sesudah operasi bisa lebih berbahaya dibandingkan cedera patah tulang yang terjadi. Untuk itu, hubungi dokter hewan jika Hewan burung aduan terlihat kelelahan, gelisah dan tidak bisa makan atau minum dan segera hubungi dokter hewan dalam waktu 4 hingga 6 jam jika terlihat gejala yang tidak normal seperti:

  • Pembengkakan terlihat di kaki atau bekas luka operasi.
  • Terdapat ruam di dekat luka bekas operasi.
  • Keluar cairan atau aroma tidak sedap dari luka bekas operasi.
  • Perban pada luka bekas operasi terlihat basah atau lembab.
  • Perban terlepas dari lokasi patah tulang.
  • Berikan Obat Pereda Sakit

Obat untuk mengurangi rasa sakit bisa diberikan pada Hewan burung aduan sesuai dengan yang sudah diinstruksikan dokter hewan seperti cara merawat Hewan burung yang patah kaki. Dokter hewan kemungkinan akan memberikan obat non steroid anti inflamasi seperti meloxicam dan kemungkinan juga diberikan opioid sesudah operasi selesai dilakukan.

Obat tersebut bisa diberikan sesuai dengan instruksi dari dokter hewan. Namun yang harus diperhatikan adalah untuk tidak memberikan obat manusia seperti tylenol pada Hewan burung karena bisa membuat Hewan burung keracunan dan bahkan mungkin bisa berbahaya untuk nyawa Hewan burung .

Semoga bermanfaat.. sampai jumpa di artikel berikutnya

, , , , ,
Post Date: Monday 03rd, June 2019 / 07:46 Oleh :
Kategori : Burung