Sponsors Link

Penyebab Ikan Mati Setelah Hujan Dan Cara Mencegahnya

Proses budidaya ikan konsumsi di masyarakat tentu kebanyakan dilakukan ditempat yang terbuka tanpa menggunakan atap baik itu untuk jenis ikan air tawar maupun ikan air asin atau ikan laut. Budidaya ikan banyak dilakukan karena tingginya kebutuhan ikan dimasyarakat. Dalam proses budidayanya tentu ada beberapa permasalahan yang dapat menyebabkan ikan menjadi mati, salah satunya karena faktor lingkungan. Hujan menjadi faktor lingkungan yang dapat menyebabkan ikan menjadi mati. Berikut penjelasan mengenai penyebab ikan mati setelah hujan yang perlu diperhatikan dan beberapa cara mencegah agar ikan tidak menjadi mati meskipun kehujanan dalam ulasan dibawah ini.

Penyebab Ikan Mati Setelah Hujan

Ikan yang mati dalam proses budidaya tentu menjadi hal yang pastinya dihindari karena dapat menjadikan hasil panen berkurang. Ikan yang mati karena hujan tentu harus dipahami penyebabnya sebelum menentukan cara pengatasan yang tepat. Berikut ini beberapa hal yang menjadi pemicu ikan mati setelah kehujanan diantaranya seperti :

  • Munculnya banyak hama dan penyakit, musim penghujan yang datang memang dapat mengancam keberlangsungan hidup ikan budidaya karena dapat memicu tingginya jumlah hama dan mikrorganisme penyebab penyakit pada ikan. (Baca juga : cara merawat ikan hias dalam toples)
  • Perubahan kualitas air kolam, air hujan biasanya memiliki tingkat keasaman yang tinggi sehingga dapat memberikan pengaruh pada kondisi air kolam yang kehujanan terlalu lama. Kondisi keasaman pada air kolam akibat banyaknya air hujan yang masuk tersebut dapat menjadi penyebab ikan mati setelah hujan.
  • Kurangnya sinar matahari, penyebab lainnya yang menjadikan ikan dapat mati setelah hujan adalah karena frekuensi dalam waktu hujan berlangsung sangat lama sehingga menyebabkan sinar matahari yang masuk ke dalam kolam dapat berkurang. Kondisi kurannya sinar matahari yang masuk dapat memicu oksigen di dalam kolam menjadi berkurang yang menyebabkan banyak ikan menjadi mati. (Baca juga : cara memelihara ikan hias dalam toples)

Cara Mengatasi Dan Mencegah Ikan Mati Setelah Hujan

Untuk menghindari terjadinya kondisi ikan yang mati setelah kehujanan, tentu ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Berikut ini beberapa cara mengatasi dan mencegah ikan mati setelah hujan sesuai dengan penyebab yang disebutkan diatas diantaranya seperti :

  • Membuat atap, pembuatan atas bongkar pasang merupakan langkah awal yang dapat dilakukan untuk mengatasi ikan mati setelah hujan. Dengan adanya atas tersebut maka air hujan tidak akan mencemari kualitas dari air kolam dan mampu mencegah munculnya hama maupun mikororganisme penyebab penyakit. (Baca juga : cara agar ikan mas koki tidak cepat mati)
  • Pengaraman, garam ikan merupakan solusi lebih murah dibandingkan harus membuat atap untuk kolam terutama yang ukurannya sangat besar. Garam yang diberikan dalam kolam dapat membantu mempertahankan pH agar tidak asam saat hujan datang. (Baca juga : penyebab ikan bawal mati mendadak)
  • Meningkatkan oksigen di dalam kolam. cara lainnya yang juga dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kematian pada ikan setelah hujan adalah dengan meningkatkan oksigen di dalam kolam. Peningkatan oksigen dapat dilakukan dengan cara membuat kolam karantina dan menggunakan filter pompa pada kolam. (Baca juga : penyebab bibit ikan cepat mati)

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab ikan mati setelah hujan dan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kondisi merugikan bagi para pembudidaya ikan tersebut sehingga hasil panen tetap maksimal.

, ,
Post Date: Thursday 13th, June 2019 / 00:23 Oleh :
Kategori : Ikan