Sponsors Link

Penyebab Lovebird Buang Pakan Dan Cara Mengatasinya

Lovebird merupakan salah satu jenis burung yang sangat populer sekarang ini sebagai burung peliharaan yang memiliki bentuk corak dan warna bulu menarik. Lovebird bahkan masih memiliki nilai harga yang cukup tinggi tergantung dari varian yang sudah sangat banyak. Dalam prosesnya memelihara burung lovebird, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar burung dapat hidup dengan sehat dan tanpa adanya kondisi yang menyebabkannya menjadi bermasalah. Salah satu keadaan yang dapat terjadi pada burung lovebird peliharaan adalah kondisi burung yang membuang pakan. Berikut beberapa penjelasan mengenai penyebab lovebird buang pakan dan cara yang dapat dilakukan agar mencegahnya dalam ulasan di bawah ini. (Baca juga : cara memelihara lovebird di rumah)

Penyebab Lovebird Buang Pakan

Burung yang membuang buang pakannya dapat menjadikan biaya untuk pakan burung menjadi cukup tinggi yang bisa jadi memberatkan bagi para pemiliki burung serta bisa juga menyebabkan burung kekurangan pakan sehingga harus diatasi. Sebelum mengatasi atau mencegahnya maka pengetahuan mengenai penyebab lovebird buang pakan harus diperhatikan dengan baik diantaranya seperti :

  • Karakter burung, penyebab lovebird buang pakan dan sering mengacak acak tempat pakannya adalah karena karakter yang dimiliki oleh burung. Karakter burung yang memang nakal seringkali memberikan perilaku kurang baik termasuk mengacak acak pakan yang terdapat di tempatnya. (Baca juga : manfaat kacang hijau untuk lovebird)
  • Tidak suka dengan jenis pakannya, penyebab selanjutnya yang juga dapat menjadikan burung lovebird mengacak dan membuang makanannya adalah karena jenis makanan yang diberikan tidak disukai oleh burung tersebut.
  • Jumlah pakan terlalu banyak, selain dari segi jenis pakan yang tidak disukai, terlalu banyak memberikan makanan pada burung lovebird juga dapat memicu perilaku burung yang membuang buang pakannya. (Baca juga : pakan untuk lovebird agar cepat bertelur)
  • Kebiasaan yang salah dari pemilik burung, beberapa pemilik burung menambahkan serangga sebagai ekstra food yang membantu menjadikan burung lovebird lebih gacor. Kebiasaan yang terlalu sering tersebut malah dapat memicu burung untuk sering membuang buang pakannya.

Cara Mencegah Burung Lovebird Buang Pakan

Ada beberapa dampak burung ketika burung peliharaan sering buang pakan seperti yang dijelaskan diatas sehingga harus dilakukan beberapa upaya untuk mengatasinya. Berikut beberapa upaya untuk mencegah dan mengatasi burung yang buang pakan diantaranya seperti :

  • Ganti wadah pakan, untuk menghindari burung sering membuang pakannya maka langkah awal adalah menganti tempat pakan ke jenis yang tertutup dan menempatkannya lebih tinggi. (Baca juga : manfaat pakan perkutut untuk lovebird)
  • Batasi jumlah pakannya, selain wadah yang tertutup, membatasi jumlah pakan dalam wadah juga harus diperhatikan agar tidak berlebih meskipun harus lebih sering menambahkan makanan nantinya.
  • Wadah kotoran yang lebih besar, burung yang sering membuang buang makanannya dapat menyebabkan kotoran lebih banyak sehingga untuk mencegah dampak tersebut dapat dengan menggunakan sangkar yang memiliki wadah kotoran lebih besar. (Baca juga : cara memelihara burung lovebird)
  • Wadah pakan anti tumpah, belakangan ini banyak tersedia jenis wadah pakan anti tumpah yang dapat digunakan sebagai salah satu cara alternatif yang membantu dalam mencegah agar burung lovebird tidak sering membuang pakannya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab lovebird buang pakan dan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah maupun mengatasi kondisi yang kurang baik tersebut.

, , ,
Post Date: Thursday 13th, June 2019 / 00:12 Oleh :
Kategori : Burung