Sponsors Link

7 Manfaat Fermentasi Pelepah Sawit untuk Pakan Ternak

Kelapa sawit merupakan salah satu tumbuhan berbuah yang buahnya banyak digunakan sebagai minyak. Sering anda mendengar bahwa kelapa sawit memang banyak di kawasan seperti Kalimantan, Sumatra. Namun anda perlu mengetahui bahwa tanaman kelapa sawit bukan saja bermanfaat pada buahnya, tetapi baik pelepahnya juga banyak di butuhkan. Oleh karena itu anda dapat membaca beberapa poin tentang manfaat Fermentasi Pelepah Sawit untuk pakan ternak berikut.

Akan tetapi tidak banyak yang mengira bahwa pelepah sawit yang ternyata bisa di manfaatkan sebagai salah satu pakan ternak. Lebihnya lagi kandungan di dalamnya sangat beragam, sehingga dijamin sangat menjamin kebutuhan nutrisi sang ternakan anda. Namun bagaimana cara membuat fermentasi dari pelepah sawit tersebut bisa anda simak berikut, sebelum memahami akan beberapa manfaatnya. (Baca Juga: Manfaat Keong Mas Untuk Pakan Ternak)

Cara Pembuatan Fermentasi Pelepah Sawit:

1. Langkah yang pertama adalah dengan memotong-potong pelepah sawit dengan Mesin Choper.

2. Kedua, anda harus melarutkan probiotik atau starter yang dilakukan dengan mencampurkan Molases dengan bakteri starter dan Air (1 liter Molases ditambahkan air sebanyak 10 liter) dan untuk starter sesuai kebutuhan lalu diamkan selama 15 menit.

3. Tahap yang ketiga adalah dengan mencampurkan bahan-bahan pakan tersebut yang telah di siapkan seperti pelepah sawit, bungkil sawit sampai dengan dedaknya.

4. Kemudian, siramlah campuran bahan-bahan tersebut dengan menggunakan larutan Probiotikyang telah anda sediakan sampai rata bisa menggunakan Gembor Air kemudian Aduk lagi sampai rata. Apabila bahan-bahan tersebut dalam jumlah besar, maka proses pencampurannya bisa menggunakan teknik lapisan-lapisan yaitu buat campuran Pelepah, Bungkil dan Dedak setinggi 10-15 cm dan siram dengan larutan Probiotik dan kemudian buat lapisan lagi diatasnya dengan proses yang sama sampai bahan habis kemudian baru diaduk secara merata.

5. Tahap kelima yakni masukkan campuran tersebut kedalam Drum Palstik/ Silo dengan memadatkannya agar tidak ada udara yang kemudian tutup dengan Plastik.

6. Fermentasi secara Anaerob dilakukan selama kurang lebih 7-14 hari dan pakan siap diberikan kepada ternakan anda.

Lalu untuk mengetahui apa saja manfaat Fermentasi Pelepah Sawit ini yang akan didapatkan oleh hewan ternak, berikut poin-poinnya.

Manfaat Fermentasi Pelepah Sawit untuk Pakan Ternak

1. Bagus untuk Pencernaan

Salah satu manfaat dari fermentasi ini adalah untuk kesehatan pencernaan. Karena pencernaan yang baik adalah yang mampu mencerna makanan dengan baik dan tidak keberatan. Inilah yang menjadi manfaat dari fermentasi pelepah sawit tersebut, yaitu sangat bagus untuk pencernaan ternakan anda. Jadi bukan hal yang buruk jika pelepah sawit di berikan, lagipula telah melalui proses dan tahap di atas sehingga menjadi fermentasi yang layak di berikan. (Baca Juga: Manfaat Daun Talas Untuk Obat Luka Hewan Ternak)

2. Nutrisi Cukup Tinggi

Tahukah anda mengapa saran pemberian fermentasi pelepah sawit di lakukan, yakni karena mempunyai kandungan nutrisi yang tidak jauh berbeda dengan rumput segar. Bahkan dengan anda memberikan makanan ini maka bisa mengurangi pasokan limbah sawit dan mengurangi pencarian rumput agar bisa tetap tumbuh baik.

3. Menambah Nafsu Makan

Manfaat lain yakni sangat bagus untuk meningkatkan nafsu makan si ternak. Jadi dengan memberikan fermentasi pelepah sawit ini maka bisa semakin mendorong nafsu makan ternakan anda lantaran menyukai rasanya. (Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Peternakan)

4. Membantu Penggemukan

Bukan sampai disitu saja, tetapi fermentasi yang dibuat dari pelepah sawit sangat mendukung sekali bagi proses penggemukan hewan ternakan anda. Jadi jika anda menginginkan hewan ternakan anda cepat gemuk maka bisa memberikan pakan ini, namun jangan setiap hari anda memberikannya karena kasihan jika tidak di dukung jenis pakan lain untuk mengimbangi. Sama halnya manusia jika terlalu sering akan merasa bosan yang ujung-ujungnya malah tidak mau makan.

5. Sebagai Makanan Pengganti

Manfaat lain masih banyak dari fermentasi pelepah sawit ini, yakni termasuk sebagai pengganti pakan utama hewan ternakan. Jadi dengan membuat sendiri makanan dari pelepah sawit anda lebih bisa menghemat biaya yang biasanya membeli untuk pakan ternak. (Baca Juga: Tips Ternak Ayam Buras)

6. Memberikan Mineral Tambahan

Kandungan air di dalam fermentasi pelepah sawit cukup banyak, sehingga manfaat yang di peroleh juga tidak sedikit. Salah satunya yakni memberikan asupan air tambahan untuk hewan ternak pada tubuhnya. Sehingga hal itu tanpa sadar menghambat terjadinya dehidrasi.

7. Membantu Tumbuh Kembang

Lantaran banyak nutrisi yang ada di dalam pakan tersebut, jadi rasanya tidak heran apabila bisa membantu perkembangan hewan ternakan anda. Pakan ini membantu tumbuh kembang semua hewan ternak anda, khususnya sapi atau kambing (hewan-hewan besar). (Baca Juga: Cara Beternak Ayam Petelur Tanpa Kandang)

Nah, apakah 7 manfaat Fermentasi Pelepah Sawit untuk pakan ternak ini cukup membantu?

Mungkin artikel ini memang harus di sampaikan untuk anda agar lebih mengerti manfaat dari pelepah sawit yang kebanyakan di spelekan karena hanya mencari buahnya saja. Bahkan dengan inilah anda bisa sedikit hemat karena tidak setiap hari memberi pakan pabrikan. Semoga informasi ini membantu dan selamat mencoba.

, , , , , , ,
Post Date: Sunday 05th, May 2019 / 21:05 Oleh :
Kategori : Hewan Ternak