Sponsors Link

8 Cara Mengatasi Stress Pada Unggas

Unggas adalah salah satu jenis hewan dari beberapa kelompok macamnya. Adapun hewan-hewan yang tergolong unggas adalah burung, ayam dan beberapa macam lain yang bersayap dan bisa juga bebek. Kini ternak unggas sudah menjadi inisiatif orang-orang, khususnya mereka yang mempunyai jiwa pebisnis. Di katakan demikian lantaran ternak selalu identik dengan bisnis disamping sebagai tambahan aktivitas.

Bahkan anda pun juga bisa melakukan ternak unggas, asalkan menerapkan langkah atau cara yang benar maka hasilnya juga memuaskan. Sayangnya belakangan banyak yang melakukan ternak tanpa memahami kaidah dalam beternak. Sehingga hal itu akan menjadi resiko di kemudian waktu, seperti ternakan yang mudah sakit dan mati mendadak sampai dengan mengalami kerugian besar.

Dalam usaha ternak bukan saja tentang pemberian makan dan minum saja, melainkan bahwa anda juga harus bisa mengenali situasi dan kondisi hewan anda. Adapun yang di maksudkan yakni masalah seperti stres, mungkin anda pernah mengalami pada unggas yang di ternak. Nah, jika masalah seperti stres terjadi pada unggas ternakan anda, maka bukan diam saja dan menunggu kematian merenggut hewan anda. (Baca Juga: Pola Pembibitan Unggas Petelur)

Satu hal yang harus anda pahami adalah mengenai cara mengatasi stress pada Unggas. Hewan yang telah mengalami stres akan sulit untuk menjalani hidup sehat dan normal kembali, oleh karena itu anda sebagai pemilik atau peternak tentu harus memahami cara untuk mengatasinya. Hal itu akan di sampaikan pada beberapa poin berikut:

Cara Mengatasi Stress Pada Unggas

1. Sediakan Tempat Sejuk

Ketika unggas mengalami stres, langkah yang pertama harus anda lakukan adalah dengan menyediakan tempat atau lokasi yang sejuk. Hal ini akan membuat sang unggas merasa nyaman mengingat bahwa stres membuat hewan gelisah dan tidak tenang. Minimal adalah lingkungan tempat yang bersih, dan pastinya bebas dari kotoran atau tidak panas. (Baca Juga: Cara Meminimalisir Kematian Ayam)

2. Jauhkan dari Kebisingan

Unggas yang stres akan bertambah stres jika mendengar suara-suara keras. Sehingga sebisa mungkin anda menempatkan hewan-hewan ternakan anda tersebut pada tempat yang nyaman, kondusif. Jangan letakkan atau menempatkan pada lingkungan yang ramai, karena akan semakin membuat kacau pikiran hewan tersebut. Namun berikan atau tempatkan pada posisi yang tenang, misalnya yakni terjauh dari suara motor, diesel atau ramainya suara orang.

3. Tambah Vitamin Pada Ransum

Vitamin adalah salah satu nutrisi yang di butuhkan oleh unggas guna kelangsungan hidupnya. Sedangkan salah satu jenis vitamin untuk menghilangkan stres yakni vitamin C. Hal ini karena vitamin C mempunyai peranan penting dalam metabolisme glukenogenesis sebagai penyedia energi selama stres. Nah, untuk mekanismenya yakni melalui pengkorversian protein serta lemak menjadi energi untuk bertahan dan memproduktivitas dalam sintesis sel darah putih. (Baca Juga: Cara Memilih Bibit Ayam Petelur)

4. Tambah Betain Pada Ransum

Betain membantu untuk mempertahankan osmolaritas sel, bahkan hal itu mampu serta memperbaiki performa unggas selama terpapar cekaman panas. Penambahan betain pada ransum secara siknifikan mampu meningkatkan persentase karkas bagian dada. Diketahui berdasarkan kajian dari Nutreco R&D yang dilakukan pada tahun 2006 bahwa hal ini telah menunjukkan peningkatan pertumbuhan dengan angka persentase 2.9%.

Penurunan FCR hingga 4.4%, dan hal ini juga meningkatkan produksi karkas sampai dengan 6.8%. Bahkan di samping itu juga dapat memperbaiki kemampuan dalam bertahan hidup hingga 49.8%.

5. Pemberian Pakan Tambahan

Berikan pakan tambahan untuk unggas demi mengurangi tingkat stresnya. Pemberian pakan pokok itu dan itu saja akan dirasa monoton, dan hasilnya hewan ternak merasa bosan. Belum lagi di tengah masa stresnya tersebut banyak hewan ternak melupakan makan minum alias nafsu makan menurun. Sehingga pakan yang anda berikan akan semakin di abaikan. Tetapi jika anda memberikan pakan tambahan yang lainnya maka membuat unggas menciumi aromanya dan menggugah nafsu makannya. (Baca Juga: Tips Memilih Sangkar Lovebird)

6. Jauhkan dengan yang Lain

Sementara waktu, cara pengatasan masalah stress pada Unggas adalah dengan menghindarkan dengan yang normal. Terlebih lagi jika yang stress adalah unggas betina maka jauhkan dengan unggas jantan, selang beberapa hari saja sampai masa pemulihan stres usai.

7. Lakukan Vaksinasi

Kemudian untuk cara mengatasi lainnya yang bisa Anda lakukan yakni dengan melakukan vaksinasi. Adapun langkah yang tepat yakni dengan menggunakan jasa dokter hewan atau mantri hewan. Vaksin di lakukan untuk memberikan ketenangkan dan obat sembuh bagi unggas yang stres. (Baca Juga: Jenis Inovasi Ternak yang Harus Dicoba Peternak)

8. Pemberian Probiotik

Apakah anda teratur memberikan probiotik pada unggas? Kebanyakan kasus yang terjadi tidak banyak yang mengerti apa itu probiotik. Nah, probiotik adalah bentuk nutrisi alami dan mempunyai banyak manfaat. Jika unggas anda stres maka berikan probiotik setidaknya tiga kali dalam seminggu.

Demikianlah cara mengatasi stress pada Unggas yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan dari ternak unggas, sehingga untuk tingkat hasil yang didapatkan bisa lebih optimal. Semoga artikel ini cukup membantu dan selamat mencoba, semoga berhasil.

, , , , , , ,
Post Date: Tuesday 07th, May 2019 / 20:56 Oleh :
Kategori : Hewan Ternak